Share

3 Danau Cantik Menawan di Atas Gunung Indonesia Incaran Para Pendaki

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 10 September 2022 14:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 09 408 2664234 3-danau-cantik-menawan-di-atas-gunung-indonesia-incaran-para-pendaki-6PgcZGOheM.JPG Danau Ranu Kumbolo di Gunung Semeru (Foto: Instagram/@cowboyrimba)

INDONESIA memiliki berbagai jenis danau terindah, bahkan tempatnya berada di ketinggian gunung lho. Salah satunya adalah Danau Toba, di Sumatera Utara yang saat ini menjadi bagian destinasi super prioritas.

Selain Toba, Indonesia juga memiliki danau lainnya yang berada di ketinggian pegunungan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini tiga danau terindah yang berada di atas ketinggian di antara danau lainnya. Jadi incaran para pendaki.

1. Danau Segara Anak, Gunung Rinjani

Danau Segara Anak berlokasi di kawasan Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Berada di ketinggian 2.010 mdpl.

Pemandangan di sekitar Segara Anak sangatlah indah. Bagi para pendaki yang menyaksikannya, maka rasa lelahnya akan hilang karena perjuangannya mencapai danau ini.

Danau Segara Anak luasnya mencapai 1.100 ha dengan kedalaman 230 meter. Selain itu, keberadaan kolam air panas alami di sekitar danau juga membuat para pendaki semakin betah berlama lama di danau ini.

Terdapat dua sumber air panas di Segara Anak, yaitu Aik Kalak dan Goa Susu. Di Goa Susu biasanya para pendaki yang turun melalui jalur Hutan Torean, kebanyakan akan bermalam di sana.

Infografis Gunung Tertinggi di Indonesia

Goa Susu merupakan sauna alami tempat para pendaki berendam pada malam hari. Di sana juga diletakkan banyak sesajen oleh umat Hindu.

2. Danau Habema, Pegunungan Jayawijaya

Jayawijaya merupakan gunung tertinggi di Indonesia, dan satu-satunya wilayah bersalju di Nusantara. Gunung ini juga memiliki danau indah, Danau Habema namanya.

Danau Habema dengan nama asli Yuginopa, jadi danau tertinggi di Indonesia. Lokasinya bertepatan di kawasan Taman Nasional Lorentz Papua Barat.

Terletak di ketinggian lebih dari 3.300 meter di atas permukaan laut (mdpl), oleh Masyarakat Dani, penduduk asli Jayawijaya, danau itu dianggap sebagai tempat keramat yang jadi sumber kesuburan dan kehidupan.

Pemandangan di sekitarnya sungguh epik, nuansa alam yang masih sangat alami akan terasa. Cocok bagi Anda yang menginginkan ketenangan.

Rute menuju danau ini memang cukup sulit, yakni sekitar 48 kilometer dari Kota Wamena atau kurang lebih 3 jam dalam menempuh perjalanan.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

3. Danau Ranu Kumbolo, Gunung Semeru

Bagi para pendaki tentunya sudah tak asing lagi jika mendengar nama Gunung Semeru. Serta dikenal sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa, memiliki ciri khas dengan keberadaan Ranu Kumbolo di atasnya.

Danau Ranu Kumbolo jadi salah satu tujuan para pendaki selain Puncak Mahameru, karena keindahannya. Danau ini berada di ketinggian 2.389 mdpl.

Danau ini diapit oleh bukit-bukit kecil, pepohonan, airnya pun sangatlah jernih. Anda juga bisa mendirikan tenda untuk bermalam, sebelum menuju puncak Mahameru.

Selain Danau Ranu Kumbi, ada juga danau lain yang tak kalah cantik dan bisa Anda saksikan saat melakukan pendakian ke Puncak Mahameru . Yakni di antaranya Ranu Pani dan Ranu Regulo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini