Share

15 Oleh-Oleh Khas Madura Paling Populer dan Wajib Dicoba, Kuliner hingga Batik

Novie Fauziah, Jurnalis · Minggu 11 September 2022 15:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 10 301 2664786 15-oleh-oleh-khas-madura-paling-populer-dan-wajib-dicoba-kuliner-hingga-batik-uiNxu6ngUc.jpg Jubada, salah satu oleh-oleh khas Madura (Foto: tokopedia.com)

PULAU Madura di Jawa Timur punya banyak tempat wisata menarik terutama pantai. Namun, saat berkunjung ke Madura, jangan lupa membawa pulang buah tangan. Sedikitnya ada 15 oleh-oleh khas Madura paling populer dan wajib dicoba.

Ada empat kabupaten di Pulau Madura yakni; Sumenep, Bangkalan, Sampang, dan Pamekasan. Masing-masing punya keunikan tersendiri, terutama dalam hal kuliner.

Nerikut rekomendasi 15 oleh-oleh khas Madura paling populer.

BACA JUGA: 6 Fakta Menarik Pulau Madura, Ternyata Pernah Jadi Negara Sendiri

1. Macho

Macho bentuknya mirip dengan rengginang, tapi untuk rasanya jelas berbeda. Berbahan dasar beras ketan dan gula merah, sehingga teksturnya renyah serta rasanya manis.

Macho jadi camilan yang cukup digemari oleh anak-anak, karena rasanya yang manis dan juga ringan.

2. Teri Krispi

Teri krispi jadi salah satu oleh-oleh khas Madura yang wajib Anda bawa. Terbuat dari ikan teri, kemudian diolah menggunakan bumbu atau rempah-rempah, sehingga jadilah camilan lezat.

Oleh-oleh khas Madura satu ini cocok dijadikan buah tangan untuk saudara atau teman-teman terdekat. Bisa jadi pendamping lauk pauk lho.

 

3. Buah Siwalan

Mungkin Anda akan sedikit asing dengan buah satu ini, buah siwalan namanya. Jadi salah satu oleh-oleh khas Madura yang banyak dicari oleh wisatawan.

Jenis buah ini cukup banyak tumbuh di sekitar pantai, di mana Madura sendiri terkenal dengan wisata laut dan pantainya.Sekilas mirip kelapa, begitu juga rasa dari dagingnya.

4. Sewel

Selanjutnya adalah sewel, yakni jenis makanan mirip cireng yang biasanya disantap dengan sambal petis. Terbuat dari tepung sagu atau aci, lalu ditambahkan bumbu pilihan dan udang segar.

 BACA JUGA:15 Tempat Wisata di Sumenep, dari Pulau Mini hingga Air Terjun Cantik

Tekstur sewel ini renyah di luar, namun lembut di dalam. Lalu rasanya juga gurih, benar-benar mirip cireng.

5. Man Reman

Berbahan dasar tepung ketan dan gula aren, man reman jadi camilan khas Madura yang wajib dibawa untuk dijadikan oleh-oleh. Bentuknya bulat dan agak pipih, teksturnya juga cukup lembut.

Rasanya cukup unik, perpaduan gurih dari beras ketan dan manisnya gula aren menjadi satu.

 Ilustrasi

6. Rung Terung

Kemudian ada rung terung, oleh-oleh khas Madura yang bisa jadi rekomendasi Anda. Makanan ini sebenarnya sejenis kerupuk, terbuat dari bahan dasar berupa teripang.

Teksturnya renyah, rasanya gurih namun agak sedikit pahit. Namun demikian, rung terung cukup direkomendasikan sebagai oleh-oleh khas Madura.

7. Kacang Otok

Oleh-oleh satu ini juga tidak boleh terlewatkan ketika Anda berkunjung ke Madura, kacang otok namanya. Olahan yang terbuat dari bahan dasar berupa kacang tunjang atau kacang panjang.

Makanan satu ini cocok dijadikan camilan ketika Anda sedang bersantai, dan mudah dibawa kemana saja.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

8. Los Elos

Los elos adalah olahan yang berbahan baku dari singkong dan gula merah. Makanan satu ini dibungkus menggunakan daun pisang, kemudian dimasak dengan cara dikukus.

Namun makanan ini tidak bisa bertahan terlalu lama, atau membawa los elos dalam perjalanan panjang. Akan tetapi bisa menjadi camilan saat perjalanan menuju pulang.

9. Keripik Tette

Keripik tette adalah camilan khas Madura, terbuat dari bahan dasar singkong. Rasanya gurih, makanan ini cocok dijadikan sebagai buah tangan untuk sanak famili atau teman tercinta Anda.

Jenis keripik satu ini juga cocok disajikan bersama petis khas yang terbuat dari kaldu ikan.

10. Terasi Madura

Tak hanya makanan atau camilannya saja, Madura juga punya terasi yang bisa dijadikan oleh-oleh.

Memiliki cita rasa serta aroma yang berbeda dari terasi-terasi lainnya, karena terbuat dari udang rebon pilihan dan diproses dengan cara terbaik.

 Ilustrasi

Sambal terasi

11. Jubada

Makanan ini adalah kudapan bercita manis, merupakan kuliner khas dari Madura. Jubede atau jubada terbuat dari bahan dasar berupa tepung, dengan campuran gula merah dan air nira.

Jubada termasuk dalam makanan legendaris di Madura. Resep jubada diwariskan terus menerus dari nenek moyang, hingga saat ini menjadi olahan populer.

12. Kerupuk Ikan

Kerupuk ikan khas Madura ini memiliki rasa sangat gurih. Anda dapat membeli dua jenis sebagai pilihannya, yaitu masih mentah atau sudah digoreng atau matang.

Makanan ini cukup ringan dibawa, apalagi masih dalam keadaan mentah tidak akan terlalu merepotkan Anda.

13. Rengginang

Hampir di setiap daerah memiliki rengginang yang jadi makanan, serta oleh-olehnya. Begitu juga dengan Madura, juga punya jenis camilan yang sama lho.

Namun rengginang dari Madura ini cukup berbeda dengan daerah lainnya. Keunikannya terlihat dari bentuknya, menyerupai mangkuk kecil.

14. Sambal Petis Madura

Sambal petis Madura ini juga cukup terkenal lho. Bisa jadi rekomendasi oleh-oleh ketika Anda datang ke daerah yang dijuluki sebagai Pulau Garam ini.

Jika pada umumnya sambal petis memiliki tekstur yang kental, sambal petis khas Madura ini agak encer karena terbuat dari kaldu udang atau ikan.

15. Batik Sumenep

Bukan hanya makanan, Madura juga punya batik khasnya lho yang bisa dijadikan oleh-oleh. Batik Sumenep namanya, memiliki keunikan dari guratan di kainnya.

Memiliki dua hingga tiga warna dalam satu kain. Meskipun nampak ramai, namun inilah yang jadi ciri khas dari batik Sumenep.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini