Share

Fantastis! Segini Biaya Pemakaman Ratu Elizabeth II

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 10 September 2022 16:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 10 406 2664832 fantastis-segini-biaya-pemakaman-ratu-elizabeth-ii-PVHvWec0st.jpg Ratu Elizabeth II (Foto: Huffingtonpost)

JENAZAH Ratu Elizabeth II rencananya dimakamkan di Westminster Abbey, gereja bersejarah di London, tempat raja dan ratu Inggris dimahkotai. Biaya pemakaman mendiang Sang Ratu sekaligus penobatan Raja Charles III sebagai penerusnya diperkirakan mencapai 6 miliar poundsterling atau sekira Rp103 triliun.

Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada Kamis 8 September 2022 waktu Inggris di Kastil Balmoral, Skotlandia. Dia sudah memimpin Kerajaan Inggris selama 70 tahun.

Mangkat dalam usia 96 tahun, Elizabeth II akan dimakamkan di Westminster Abbey, tempat dirinya menikah dengan Pangeran Philip pada 1947 dan dinobatkan jadi Ratu Inggris pada 1953.

Tapi, Istana Buckingham belum mengonfirmasi tanggal resmi pemakaman.

Melansir dari laman Out Kick, Sabtu (10/9/2022), Inggris memasuki masa berkabung nasional selama 10 hari sejak meninggalnya hari pertama Ratu Elizabeth II.

 

Selama masa berkabung, terdapat sejumlah acara peringatan yang akan datang. Jenazah Ratu akan disemayamkan di Westminster Hall selama empat hari, agar masyarakat bisa memberikan penghormatan.

Kemudian peti matinya dapat diakses publik selama 23 jam per hari, sebelum pemakaman berlangsung di Westminster Abbey. Sebanyak 2.000 tamu undangan khusus akan menghadiri pemakaman secara langsung, sementara jutaan orang akan menonton prosesi di televisi.

 BACA JUGA:Foto-Foto Megahnya Kastil Balmoral, Tempat Favorit Liburan Mendiang Ratu Elizabeth II

Biaya Pemakaman Ratu Elizabeth II

Istana Buckingham akan menggelar dua peraturan proses pemakaman Ratu Elizabeth II dan sudah dipersiapkan jauh sebelumnya. Pertama pada lokasi kematian Ratu di Kastil Balmoral akan berlangsung 'Operasi Unicorn', kemudian saat jenazah melewati di Istana Buckingham, maka berlangsung prosesi 'Jembatan London'.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Biaya proses pemakaman Ratu Elizabeth II tidak dilaporkan resmi, tetapi diperkirakan angkanya tak sedikit.

Pemakaman Putri Diana tahun 1997 lalu menelan biaya sekitar USD11,8 juta atau Rp173 miliar. Kemudian pemakaman Ibu Suri Elizabeth menelan biaya lebih dari 5 juta pound atau Rp86 miliar pada 2002.

 Ilustrasi

Mengingat Ratu Elizabeth II adalah pemimpin terlama Kerajaan Inggris dan sangat dicintai rakyatnya, tentu saja upacara pemakaman bakal lebih besar.

Menurut laporan, biaya proses pemakaman Elizabeth tembus 6 miliar pound atau sekira Rp103 triliun. Ini sekaligus biaya penobatan Raja baru Inggris pengganti Elizabeth II yakni Charles III yang merupakan anak sulung Sang Ratu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini