Share

10 Kuliner Madura Paling Menggoda Lidah, Wajib Dicoba!

Nurul Amanah, Jurnalis · Selasa 13 September 2022 08:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 12 301 2665610 10-kuliner-madura-paling-menggoda-lidah-wajib-dicoba-ZKpUA8Yg1D.JPG Bebek Songkem, kuliner khas Madura (Foto: fajarsatriatama)

INDONESIA dikenal dengan keragaman budaya di setiap daerahnya. Salah satunya adalah kuliner yang menjadi ciri khas di masing-masing daerah.

Salah satu daerah yang memiliki makanan khas yang terkenal adalah Madura. Pasti Anda sudah sering mendengar atau bahkan mencicipi Sate Madura,bukan? Makanan yang satu ini memang sering dijumpai bahkan di luar Madura sekalipun.

Tapi Madura tidak hanya memiliki sate lho. Masih banyak santapan lainnya yang unik dan dapat Anda cicipi

Berikut ulasan kuliner khas Madura yang menggugah selera dan menggoda lidah Anda, dirangkum dari beberapa sumber

Nasi Serpang

Sajian yang satu ini berupa campuran dari Nasi putih yang dilengkapi lauk pauk seperti cumi hitam, suwiran daging ayam, krecek, bihun, tempe tahu goreng, dan yang cukup menarik, sambal pencit. Lauk pauk yang beraneka ragam ini dijamin membuat Anda tak bosan mencicipinya

Topak Ladeh Khas Lebaran

Pertama kali meiihat Tapak Ladeh pasti Anda langsung teringat opor ayam saat lebaran. Namun, isian Tapak Ladeh ini bukan lah ayam melainkan daging sapi.

Nasi Serpang Khas Madura
(Foto: Instagram/@nasiserpang)

Aroma kaldu dari daging sapi serta rempah-rempah dan tambahan bumbu pedas membuat sajian ini akan menggoda lidah Anda. Warna kuah yang merah pekat semakin membuat tampilannya ciamik.

Bebek Songkem

Bebek memang menjadi salah satu andalan dalam kuliner khas Madura. Bebek yang satu ini diolah dengan cara dibungkus daun pisang. Mirip seperti membuat sajian pepes. Cara memasaknya pun dikukus sehingga hidangan yang satu ini rendah kolestrol.

Kaldu Kokot

Dalam bahas Jawa, kokot berarti tulang sapi. Sesuai namanya, hidangan ini dimasak dengan daging dan sumsum atau kikil sapi beserta tulangnya. Penyajian makanan ini memperlihatkan tulang sapi beserta sumsumnya. Dengan kuah kaldu berlemak, kental dan nikmat, ditambah daging dengan tekstur lembut, membuat hidangan ini tak boleh terlewatkan.

Bebek Sinjay

Masih berkutat dengan bebek, kali ini datang dari Bebek Sinjay. Bebek ini begitu populer sehingga wisatawan yang sengaja datang ke Madura untuk menikmati kuliner bebek Sinjay.

Tekstur bebek yang disajikan lembut meski digoreng kering. Ditambah sambal mangga muda yang tak hanya memberikan sensasi pedas melainkan rasa asam yang menggugah selera.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Soto Mata Sapi

Kuliner ini kedengarannya cukup mengerikan. Namun, patut dicoba. Bahannya menggunakan mata sapi yang masih terbalut tulang disajikan dengan bumbu khas soto Madura. Rasa gurih dan hangat bercampur menjadi satu ketika anda mencicipinya.

Soto Sabrang

Sabrang berarti singkong. Hidangan ini mencampurkan singkong, kuah soto, dan kacang hijau.

Nasi Petis

Sajian ini juga berupa nasi putih hangat yang dicampur dengan aneka lauk pauk serta yang paling wajib, tentunya petis. Petis berupa kuah kental kehitaman dengan rasa yang khas lauknya dapat berupa daging sapi dan jeroan, telur rebus ayam dan yang lainnya.

Es Kobbu

Sudah puas mencicipi hidangan yang gurih, pedas, dan hangat, Anda harus menutupnya dengan hidangan yang manis. Es Kobbu bisa menjadi pilihan yang tepat karena terbuat dari campuran gula aren, yang direbus bersama rempah cengkeh, jahe dan pala serta air pandan, yang disajikan dengan dicampur kelapa muda atau cincau dan es batu yang memberikan sensasi menyegarkan.

Tajin Sobih

Makanan manis ini sekilas terlihat seperti bubur sumsum. Kuliner dari campuran tepung ketan dan tepung terigu, yang diguyur gula merah cair dan disajikan di atas pincuk pisang menawarkan sensasi rasa manis dan legit.

Itulah 10 makanan khas Madura yang pastinya menggoda lidah Anda untuk mencicipinya. Selamat mencoba ya!

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini