Share

Inilah Ciri Pemilik Ilmu Kuyang, Waspada Orang di Sekitarmu!

Nurul Amanah, Jurnalis · Senin 12 September 2022 20:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 12 406 2665433 inilah-ciri-pemilik-ilmu-kuyang-waspada-orang-di-sekitarmu-mwVtG5mjct.JPG Ilustrasi (Foto: Freepik)

PERNAHKAH Anda mendengar tentang hantu kuyang? Kuyang merupakan makhluk jadi-jadian asli Kalimantan yang berwujud kepala wanita berambut panjang dengan organ dalam tubuhnya terburai dan tubuhnya tanpa kulit.

Kuyang merupakan sosok gaib yang dapat terbang dan melayang-layang di udara. Masyarakat Kalimantan meyakini bahwa asal-usul kuyang bermula dari seseorang yang menganut ilmu hitam untuk keabadian atau ilmu awet muda dan pesugihan.

Salah satu syarat menjelma sebagai kuyang adalah dengan menghisap darah bayi yang baru lahir atau darah wanita yang keluar saat proses persalinan.

Pada waktu tertentu orang tersebut akan menjelma sebagai hantu kuyang untuk mencari mangsa. Ada pula yang mengatakan jika Hantu Kuyang tidak bisa mendapatkan bayi atau wanita yang sedang melahirkan maka dia akan terbang dan berkeliaran di sekitar rumah-rumah penduduk untuk mencari bekas pembalut wanita yang sedang menstruasi.

Anda perlu waspada kepada terhadap orang-orang yang memilliki ilmu kuyang ini jangan sampai Anda justru menjadi korbannya. Berikut Okezone rangkumkan ciri-ciri orang pemilik ilmu kuyang yang perlu diketahahui;

1. Pada bagian lehernya terdapat tanda berwarna merah atau hitam melingkar bekas kepala yang lepas. Ketika menjadi kuyang dan biasanya mereka akan menggunakan selendang atau kain untuk menutupi tanda tersebut.

2. Sifat alamiah Kuyang ialah sangat suka dengan darah bayi, sehingga saat mendekati bayi orang si pemilik ilmu kuyang akan bertingkah aneh dan biasanya akan membuat bayi menjadi menangis ketakutan.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

3. Orang yang memiliki ilmu kuyang akan menghindar ketika ada paku yang dibakar, kuyang juga takut dengan bulu landak dan sapu lidi atau jarum yang ditancapkan. Selain itu ada pula yang mengatakan kuyang takut pada bawang putih dan bawang merah tunggal atau jantan. Kok bisa ya?

4. Orang yang memiliki ilmu kuyang akan merasa gelisah dan merasa panas ketika mendengar lantunan ayat-ayat suci Alquran karena orang tersebut telah bersekutu dengan iblis.

Kuyang sangat berbahaya terutama bagi wanita yang sedang mengandung dan bayi yang baru dilahirkan oleh karena itu kehadiran kuyang harus diwaspadai bahkan wajib ditangkap.

Cerita kuyang berkeliaran sudah bukan isapan jempol belaka bagi orang Kalimantan. Bagi masyarakat setempat, hantu kuyang masih dipercaya dan diyakini keberadaannya secara turun temurun, sehingga menjadi salah satu urban legend paling terkenal di tanah borneo.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini