Share

Bangga! Ini 9 Alasan Turis Asing Berwisata ke Indonesia

Najwa Avifah Octavia, Jurnalis · Selasa 13 September 2022 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 12 406 2665885 bangga-ini-9-alasan-turis-asing-berwisata-ke-indonesia-gpQERP2D97.jpg Piaynemo di Raja Ampat, Papua Barat (Instagram @goatsontheroad)

INDONESIA memiliki alam yang sangat indah dan ragam tradisi budaya yang unik. Tak heran jika setiap tahun jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Tanah Air terus meningkat.

Situs perbandingan harga berbasis di Inggris, Moneey dalam studynya menempatkan Indonesia sebagai nomor satu negara terindah di dunia, mengalahkan Swiss dan Jepang.

Beberapa destinasi wisata terkenal di Indonesia yang sering dikunjungi turis asing adalah Bali, Raja Ampat, Lombok, Sumba, Candi Borobudur, Labuan Bajo, Bintan, dan banyak lagi.

Berikut adalah alasan turis asing berkunjung ke Indonesia dirangkum dari beberapa sumber :

Alam yang Indah

Turis luar negeri sangat menikmati pemandangan yang indah di Indonesia, seperti pantai, pegunungan bahkan tempat-tempat bersejarah lainnya. Dahulu turis luar hanya mengenal Bali sebagai tempat wisata yang indah.

Setelah di eksplor, Indonesia memiliki berbagai macam destinasi yang dapat dikunjungi selain Bali seperti Gunung Bromo, Danau Toba, Candi Borobudur, Labuan Bajo, Raja Ampat, dan masih banyak lagi yang tak kalah indah dari Bali.

Ilustrasi

Nihi Sumba di NTT

Keanekaragaman Budaya

Keanekaragaman budaya membuat turis luar negeri terpikat akan keberagaman budaya di setiap daerahnya yang berbeda-beda. Banyak pula dari mereka yang belajar budaya Indonesia ini mulai dari bahasa daerah, menari tarian adat, dan mencicipi berbagai macam makanan daerah.

Punya Aneka Biota Laut

Indonesia memiliki sekitar 17.500 pulau, bergaris pantai sepanjang 81.000 km. Sekitar 62% luas wilayah Indonesia adalah laut dan perairan. Dari data tersebut, bisa kita bayangkan berapa banyak ragam keindahan biota laut yang berada di perairan Indonesia.

Seperti Raja Ampat, salah satu destinasi laut yang memiliki keindahan bawah laut yang menakjubkan dan spot diving terbaik di dunia. Berkat kehangatan air yang jernih yang berasal dari arus tropis dan mata air panas membuat pemandangan dibawah laut dapat dengan mudah untuk di lihat.

Terumbu karang dan ikan-ikan kecil, paus, hiu dan biota laut yang lainnya dapat dengan mudah ditemukan di laut lepas Indonesia. Banyak pula biota laut yang dilindungi di Indonesia seperti, penyu, paus, lumba-lumba, kimia dan ikan pari manta yang harus kita jaga.

Menikmati Kehangatan Matahari

Banyak turis asing yang berkunjung ke negara Indonesia untuk menikmati hangatnya matahari. Destinasi yang sering dikunjungi para turis yaitu pantai dan gunung. Jika masyarakat Indonesia dominan malas untuk berjemur, berbeda dengan turis luar yang ingin berjemur menikmati kehangatan matahari.

Di musim panas adalah salah satu alasan yang aman dalam melakukan sebuah perjalanan, jika melakukan perjalanan saat musim hujan resiko yang kecelakaan akan lebih besar.

Transportasi yang Mudah Diakses

Banyaknya jasa agrowisata di Indonesia membuat turis dengan mudah melakukan perjalanan dari satu destinasi ke destinasi lainnya. Tidak hanya itu pihak jasa transportasi online sudah dapat diakses dan melakukan pemesanan dengan sangat mudah.

Transportasi umum kini sudah lebih maju, dapat kita jumpai di berbagai daerah tak hanya itu transportasi umum dikenal lebih praktis dan murah. Jika anda sebagai turis ingin menikmati waktu hanya dengan keluarga, di Indonesia banyak tempat penyewaan mobil dan sepeda motor.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Rempah yang Berlimpah

Rempah di Indonesia memiliki rasa yang khas, rempah maluku dan tidore menjadi salah satu tempat penghasil rempah terbanyak peringkat ke-9 di dunia.

Rempah banyak diolah menjadi minuman herbal untuk menjaga metabolisme pada tubuh, bisa pula sebagai metode pengobatan dan bahan untuk membuat makanan. dengan rasa yang khas dan menyehatkan tubuh, tidak jarang rempah Indonesia banyak disukai turis asing.

Banyak Makanan Tradisional

Menjadi salah satu negara penghasil rempah-rempah terbanyak membuat Indonesia yang memiliki cipta rasa khas rempah-rempah. Rempah-rempah selalu menjadi bahan penyedap rasa di berbagai macam daerah.

Ilustrasi

Rendang adalah makanan yang kaya akan rempah yang sudah mendunia. Proses pengolahan pada rendang dengan cara pengawetan daging yang dilakukan oleh masyarakat Minangkabau, tentunya proses pengawetan tidak menggunakan bahan kimia akan tetapi dengan menggunakan berbagai macam rempah-rempah.

Keramahan Masyarakat

Indonesia memiliki masyarakat yang saling menghargai satu sama lain. faktor utama yang membuat warga Indonesia ramah yaitu perwujudan dari nilai kebudayaan yang ada di masyarakat.

Budaya yang ada di Indonesia hampir semua menanamkan tentang sopan santun dan bersikap baik. Jadi tak jarang turis asing senang berkunjung ke Indonesia mereka merasa seperti keluarga karena keramahan warga Indonesia.

Biaya Murah

Turis asing senang berkunjung ke Indonesia, karena faktor perjalanan yang tidak memakan biaya yang besar dibandingkan berkunjung ke negara lain. Pembiayaan seperti penginapan, transportasi, serta makanan dapat dinikmati di Indonesia dengan harga terjangkau.

Perbedaan pada kurs mata uang Indonesia dengan negara lain yang membuat harga tersebut berbeda dengan negara lainnya. Tentu siapa yang tidak tergiur dengan Indonesia, selain alam yang indah harga untuk mengunjungi dan berlibur ke Indonesia cukup terjangkau.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini