Share

Dear Traveler, Bandara Pekanbaru Mulai Buka Penerbangan ke Malaysia Nih!

Antara, Jurnalis · Rabu 14 September 2022 00:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 13 406 2666254 dear-traveler-bandara-pekanbaru-mulai-buka-penerbangan-ke-malaysia-nih-stkaEtkwQP.JPG Ilustrasi (Foto: Reuters)

BANDARA Sultan Syarif Kasim II (SSK II) Pekanbaru, Riau kembali melayani penerbangan internasional reguler yang ditandai dengan beroperasinya kembali rute internasional Batik Air Malaysia yang melayani rute Melaka (Malaysia)-Pekanbaru-Melaka.

Executive General Manager Bandara SSK II Pekanbaru, M Hendra Irawan menjelaskan, penerbangan internasional tersebut merupakan yang pertama dilayani oleh Bandara SSK II Pekanbaru usai ditetapkan menjadi salah satu entry point internasional berdasarkan Surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 25 Tahun 2022 dan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor SE 88 Tahun 2022 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Luar Negeri dengan Transportasi Udara pada Masa Pandemi Covid-19.

"Penerbangan Internasional Batik Air dengan nomor penerbangan OD 310 ini mendarat di Bandara SSK II Pekanbaru dari Melaka pada Senin pukul 12.20 WIB dengan membawa 46 penumpang dan disambut oleh prosesi water salute yang berasal dari kendaraan pemadam kebakaran Bandara SSK II Pekanbaru," jelas Hendra, mengutip Antara.

Proses penyambutan penumpang sendiri secara simbolis dilakukan dengan kegiatan pengalungan bunga, oleh Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Provinsi Riau, Savitri Handayani dan EGM Bandara SSK II Pekanbaru kepada wisatawan mancanegara yang diwakili oleh Menteri Pelancongan, Warisan, dan Kebudayaan Negeri Malaka yang kebetulan ikut dalam penerbangan tersebut.

PT Angkasa Pura II menyambut baik beroperasinya kembali penerbangan rute Internasional reguler dari Batik Air yang menghubungkan Pekanbaru dengan Melaka.

"Kami berharap rute penerbangan internasional lainnya dapat beroperasi kembali mengingat sejak ditetapkannya sebagai salah satu entry point internasional, Bandara SSK II Pekanbaru baru melayani penerbangan charter," ujar Irawan.

Irawan juga menyampaikan, apresiasi dan terima kasih atas terjalinnya komunikasi, koordinasi dan kolaborasi yang baik dengan seluruh stake holder meliputi Airnav Indonesia, maskapai, Kantor Imigrasi, Bea Cukai, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pekanbaru, Karantina Pertanian, Karantina Ikan, Dinas Kesehatan Provinsi Riau dan Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru sehingga standar keamanan, keselamatan dan pelayanan serta penerapan protokol kesehatan selama pandemi sesuai ketentuan PPLN terbaru dapat terpenuhi dan operasional di lapangan dapat berjalan dengan lancar.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Dinas Pariwisata Provinsi Riau sendiri berharap dengan dibukanya kembali jalur penerbangan internasional, memberi peluang kedatangan wisman yang berkunjung ke Riau melalui transportasi udara.

"Memberikan spirit untuk kemajuan pariwisata Riau, yang akan berimbas kepada peningkatan ekonomi kerakyatan, ujar Savitri.

Senada dengan Irawan, Station Manager Lion Manager Pekanbaru, Dendra Ramadhan mengucapkan, terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh stake holder yang telah mendukung sehingga rute internasional MKZ-PKU-MKZ dapat kembali beroperasi.

"Alhamdulillah antusias dari masyarakat kita di Pekanbaru dan sekitarnya sangat baik, atas dibukanya penerbangan ini yang ditandai dengan jumlah penumpang yang cukup banyak yaitu dari Melaka sebanyak 46 orang dan dari Pekanbaru sebanyak 63 orang," ujar Dendra.

"Dengan mulai terbang perdananya Batik Malaysia hari ini, kami juga berharap semoga penerbangan internasional bisa terus berkelanjutan dan bisa bertambah lagi destinasi internasional lainnya," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini