Share

Wow! Masjid Berusia 1 Abad Muncul Kembali Setelah 37 Tahun Tenggelam di Dasar Danau

Najwa Avifah Octavia, Jurnalis · Kamis 15 September 2022 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 13 406 2666896 wow-masjid-berusia-1-abad-muncul-kembali-setelah-37-tahun-tenggelam-di-dasar-danau-BnNYujUF8V.jpg Masjid Noori di Nawada, India yang muncul lagi setelah lama tenggelam (Screengrab/Express Tribune)

SEBUAH masjid yang tenggelam selama tiga dekade lebih, kini muncul kembali ke permukaan setelah mengeringnya air di Danau Phulwaria negara bagian distrik Nawada, India. Kejadian ini sangat menghebohkan warga.

Masjid Noori yang berusia lebih satu abad itu terletak di Desa Chiraila blok Rajauli. Masjid ini sekarang terlihat kembali setelah mengeringnya air di ujung selatan Danau Phulwaria.

Melansir dari The Express Tribune, Kamis (15/9/2022), Masjid Noori tenggelam setelah dibangunnya Bendungan Phulwaria pada 1985 atau 37 tahun lalu. Ketinggian masjid dari tanah hingga kubah atas sekitar 10 meter.

Menurut laporan, kemunculan masjid tersebut menimbulkan rasa penasaran di kalangan masyarakat setempat. Mereka terbiasa melihat area Danau dipenuhi air, kini cukup kaget melihat area Danau mongering dan terdapat masjid di dalamnya.

Banyak pemuda terlihat bergegas menuju masjid melewati lumpur dan lumpur tersebut mencapai tembok pembatas dari struktur lama.

Banyak warga yang masuk ke dalam masjid, terkejut menemukan bangunan itu benar-benar utuh. Ini adalah bagian paling menarik dari masjid setelah terendam selama beberapa dekade bahkan tidak ada kerusakan sedikitpun pada strukturnya.

Sebelumnya, ketika ketinggian air surut, hanya sebagian kubah masjid yang terlihat dan orang-orang tidak dapat melihat apa yang sebenarnya terjadi. Sekarang mereka melihat masjid di tempat terbuka ketika waduk benar-benar kering, rasa penasaran mereka kini telah hilang.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Masjid yang terendam air ini sudah ada sebelum pekerjaan pembangunan Danau Phulwaria yang dimulai tahun 1979. Masjid dibiarkan tak tersentuh bahkan setelah pembangunan Danau selesai.

Penampungan air bendungan benar-benar menenggelamkan seluruh tempat termasuk masjid.

Ilustrasi

Banyak yang mengatakan bahwa masjid ini dibangun sekitar awal abad ke-20, dan berusia sekitar 120 tahun.

Kesimpulan tersebut diambil setelah melihat arsitektur kubah masjid yang jauh lebih tajam dalam penampilan dan perbaikan pada kubah yang dibangun pada masa Mughal terakhir. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini