Share

10 Wisata Pantai Cantik di Padang, Pesonanya Bikin Jatuh Cinta

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Rabu 14 September 2022 20:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 13 408 2666735 10-wisata-pantai-cantik-di-padang-pesonanya-bikin-jatuh-cinta-KsUSeHL3WX.jpg Pantai Padang di Kota Padang, Sumatera Barat (ANTARA/Iggoy el Fitra)

MENGULIK 10 wisata pantai di Padang, Sumatera Barat yang menarik dikunjungi untuk liburan. Sebagai kota terbesar di pesisir barat Pulau Sumatera dan pintu gerbang barat Indonesia dari Samudera Hindia, Padang punya di kelilingi banyak pantai cantik dan perbukitan.

Tak heran jika Padang termasuk salah satu daerah tujuan wisata di Sumatera. Keindahan pantai-pantai di Padang sangat memanjakan mata. Pasir putih dengan hamparan biru laut adalah pemandangan yang menyenangkan.

Selain indah, ada juga pantai yang menyimpan cerita legenda yang unik, seperti kisah Malin Kundang, legenda si anak durhaka yang dikutuk jadi batu. Cerita rakyat ini tentu saja makin menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

 BACA JUGA:5 Pantai Tersembunyi di Singapura Wajib Dikunjungi, Nomor 1 Bekas Tempat Karantina Tahanan Politik

Nah, berikut 10 wisata pantai cantik di Padang.

1. Pantai Air Manis

Pantai Air Manis identic dengan kisah Malin Kundang. Konon di pantai inilah Malin Kundang dikutuk menjadi batu oleh sang ibu.

 Ilustrasi

Pantai Air Manis di Padang (Okezone.com/Rus Akbar)

Pantai Air Manis atau warga lokal menyebutnya Pantai Aia Manih ini berada di Kecamatan Padang Selatan, Padang. Selain patung Malin Kundang yang sedang bersujud, di pantai Anda juga akan disuguhkan pemandangan yang indah.

Jika bosan duduk di tepian pantai, Anda bisa menyewa kapal nelayan untuk merasakan sensasi berlayar.

2. Pantai Carocok

Terletak kurang lebih 77 km dari Kota Padang tak menyurutkan wisatawan untuk datang ke pantai ini. Hal ini karena Pantai Carocok menyuguhkan pemandangan yang menyegarkan mata. Tak hanya itu, karakteristik ombaknya juga cukup ramah sehingga Anda bisa bermain air dengan tenang.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan aktivitas lain, seperti snorkling, naik banana boat, jetski, dan lain-lain.

3. Pantai Tabing

Pantai Tabing berlokasi di Desa Bungo Pasang, Kecamatan Padang, Kota Padang. Bagi Anda yang suka berselancar mungkin tempat ini bisa Anda coba datangi. Pasalnya, ombak yang ada di pantai ini cukup besar.

Jika tak mau berselancar, Anda bisa bersantai di tepian pantai sembari menikmati keindahan pasir putih dan air laut yang berwarna biru terang.

4. Pantai Nirwana

Pantai yang satu ini sudah sangat populer bagi warga Padang. Berlokasi di Jalan Raya Padang-Painan, Teluk Bayur, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, tempat wisata yang satu ini memiliki daya tarik tersendiri. Air lautnya begitu jernih, pasir pantai berwarna putih, dan dikelilingi oleh perbukitan.

5. Pantai Padang

Pantai Padang juga menjadi salah satu pantai yang paling populer di Padang. Lokasinya berad adi Jalan Samudera, Purus, Kecamatan Padang Barat. Destinasi wisata yang satu ini memiliki area pejalan kaki yang luas serta tempat yang rapih dan bersih.

Banyak wisatawan yang datang ke pantai ini untuk menyaksikan matahari terbenam yang indah.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

6. Pantai Pasir Jambak

Destinasi wisata pantai Pasir Jambak cocok bagi Anda yang menyukai sunset maupun sunrise. Selain itu, daya tarik lain dari pantai ini adalah hamparan pasir pantai yang luas dengan deretan pohon pinus yang membuat nuansanya semakin asri.

7. Pantai Carolina

Bagi Anda yang mencari suasana yang tenang, cobalah untuk datang ke Pantai Carolina. Pantai ini tak begitu ramai dan memiliki ombak yang tenang. Tak hanya itu, pantai yang sudah populer sejak tahun 1980an ini memiliki perairan yang bersih.

8. Pantai Gajah

Meski mengusung nama “Gajah”, namun jangan harap Anda bisa menemukan seekor gajah di sini. Pantai yang terletak di dekat Universitas Negeri Padang ini memiliki susunan bebatuan pemecah ombok yang menjorok ke pantai.

 Ilustrasi

9. Pantai Pesona

Pantai yang satu ini terletak di Desa Bungus, Teluk Kabung Utara, Kota Padang. Daya tarik dari pantai ini adalah pemandangan laut lepas yang ketika pagi atau sore hari terlihat lebih eksotis.

10. Pantai Sako EO

Pantai Sako EO berada di Bungus Barat, Bungus Teluk, Kecamatan Kabung, Kota Padang. Pantai ini cocok bagi Anda yang suka berfoto-foto dan berkemah.

Demikian 10 wisata pantai di Padang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini