Share

4 Urban Legend Terkenal di Korea Selatan, Hantu Perawan hingga Manusia Berwajah Anjing

Ajeng Wirachmi, Jurnalis · Kamis 15 September 2022 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 14 406 2667365 4-urban-legend-terkenal-di-korea-selatan-hantu-perawan-hingga-manusia-berwajah-anjing-ghYh6FQdGf.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

KOREA Selatan (Korsel) tidak hanya terkenal dengan musik dan dramanya yang sudah mendunia. Negeri Ginseng juga memiliki beragam cerita rakyat atau urban legend terkenal yang membuat merinding.

Berikut 4 urban legend Korea Selatan yang menarik untuk diketahui.

Kipas Angin Maut

Sebuah urban legend terkenal di Korea Selatan mengatakan bahwa kipas angin bisa membawa seseorang pada kematian. Hal itu akan dialami oleh mereka yang menggunakan kipas angin ketika tidur. Hal ini memang tidak memiliki dasar, namun masyarakat Korea sangat mempercayainya sehingga menjadi urban legend.

Mengutip dari The Atlantic, kekhawatiran warga Korea Selatan bila kipas angin bisa membunuh sudah ada sejak tahun 1927, kala cerita bertajuk ‘Strange Harm from Electric Frans’ beredar. Hal itu mengingatkan bahwa teknologi baru datang diiringi dengan risiko yang juga besar.

Sekitar 50 tahun setelahnya, seorang pria Korsel ditemukan tewas di kamarnya. Seluruh jendela kamar tertutup, hanya ada 2 kipas angin elektrik yang menyala. Dari sinilah, mitos jika kipas angin dapat membunuh seseorang semakin banyak dipercayai.

Hantu Perawan

Selanjutnya, ada urban legend tentang hantu perawan yang berkeliaran di Korea Selatan. Menurut legenda, beberapa tanda yang akan muncul sebelum kemunculan hantu ini adalah hawa sekitar terasa sangat dingin dan angin berubah arah. Rasa dingin yang menjalar di tubuh bahkan bisa bertahan lama.

Bagi masyarakat Korsel, hantu ini dikenal dengan nama Cheonyeogwisin. Konon, hantu perawan adalah roh perempuan yang belum menikah. Mereka disebut menyesal karena belum sempat menikah dan tidak bisa tenang setelah kematiannya.

Mengutip dari Moon Mausoleum, kisah hantu perawan paling terkenal adalah the Story of Janghwa dan Hongryeon. Keduanya adalah saudara yang tewas sebelum hari pernikahan mereka.

Tragisnya, Janghwa dan Hongryeon meregang nyawa di tangan ibu tirinya sendiri. Biasanya, hantu perawan terlihat menggunakan hanbok putih dan terlihat seperti manusia normal.

Namun, lama-kelamaan ia akan berubah menjadi sosok menyeramkan, sehingga membuat siapapun yang melihatnya akan merasa ngeri.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Anjing Berwajah Manusia

Anjing berwajah manusia juga salah satu urban legend terkenal asal Korea Selatan yang masih dipercaya hingga kini. Awalnya, makhluk ini terkenal di Jepang. Seiring berjalannya waktu, cerita manusia berwajah anjing terkenal pula di Korsel.

Menurut kisah atau legenda yang ada, seorang pria melihat anjing berwajah manusia yang memakan sampah. Beberapa orang lainnya juga menyaksikan makhluk tersebut di bawah jembatan.

Cerita yang paling sering didengar adalah seseorang yang mendengar suara aneh ketika sedang berjalan sendiri. Ketika dilihat, ia tidak menemukan apa pun di sekelilingnya. Beberapa lama berselang, orang tersebut melihat seekor anjing, namun dengan wajah manusia.

Ilustrasi

Meskipun berusaha untuk mengejar, tetapi anjing berwajah manusia itu tidak pernah berhasil ditangkap. Masyarakat percaya bahwa makhluk itu merupakan orang yang terlahir kembali. Dulunya orang tersebut hidup dengan penuh dosa dan mendapat hukuman saat terlahir lagi.

Tanggal Terlarang Pindah Rumah

Urban legend selanjutnya adalah tentang larangan pindah rumah di tanggal-tanggal tertentu. Berbagai sumber menyebut, masyarakat Korsel dilarang melakukan aktivitas pindah rumah pada tanggal 1, 2, 11, 12, 21, 221 dan 31.

Apabila ada yang berani melanggar, maka dapat dipastikan rumah baru tersebut akan didatangi roh jahat. Sementara itu, keluarga yang pindah rumah akan terus tertimpa kesialan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini