Share

10 Wisata di Kalimantan dengan Vibes Luar Negeri, Bikin Malas Pulang!

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Kamis 15 September 2022 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 14 408 2667350 10-wisata-di-kalimantan-dengan-vibes-luar-negeri-bikin-malas-pulang-8fwXGWUFqg.jpg Kepulauan Derawan di Berau, Kalimantan Timur (Foto: Javaindoecotourism)

ADA 10 tempat wisata di Kalimantan dengan vibes terasa seperti di luar negeri. Ini bisa jadi pilihan buat Anda untuk liburan bersama keluarga, sahabat, ataupun sang kekasih.

Kalimantan memang memiliki banyak destinasi wisata yang menawan. Mulai dari hutan tropis yang lebat, pulau-pulau dengan alam lautnya yang memesona hingga wisata perbukitan dengan pemandangan alam mengagumkan. Beberapa di antaranya bahkan menyuguhkan vibes alias nuansa liburan di luar negeri.

Berikut telah MNC Portal rangkum dari berbagai sumber, 10 wisata di Kalimantan dengan vibes luar negeri.

1. Danau Labuan Cermin rasa Melissani Lake, Yunani

Danau Labuan Cermin di Desa Labuan Kelambu di Kecamatan Biduk-biduk Kalimantan Timur sekilas tampak mirip Melissani Lake, Yunani. Dinamakan Labuan Cermin karena airnya begitu bening dan mengkilap layaknya cermin.

Selain airnya yang jernih, pemandangan di sekitar yang dikelilingi pepohonan rimbun pun mendukung suasana asri yang menenangkan. Anda bisa jadikan Labuan Cermin ini sebagai tempat pelarian dari keramaian kota yang kerap ditemui setiap hari.

Ilustrasi

Labuan Cermin (Instagram @aridianwulandr)

2. Pulau Derawan rasa Maldives

Tak perlu jauh-jauh ke Maladewa, Indonesia juga punya pulau yang tak kalah cantik dengan Maldives di Kalimantan Timur, yakni Kepulauan Derawan di Kabupaten Berau. Gugusan pulau ini terdiri dari Pulau Derawan, Maratua, Sangalaki, Biduk, Nabuko, Kakaban, hingga Pulau Panjang. Kepulauan Derawan menyuguhkan penginapan-penginapan di atas laut. Inilah sebabnya dijuluki Maldives Indonesia.

3. Bukit Batu Daya rasa Uluru, Australia

Bukit Batu Daya adalah batu raksasa di Ketapang, Kalimantan Barat yang memiliki ketinggian hingga 958 meter di atas permukaan laut. Dinamakan 'Bukit Batu Daya' karena bukit ini sering memperdaya pandangan mata, karena ketika melihat dalam tempat yang berbeda, bentuk yang terlihat pada bukit ini akan berubah.

Julukan lain dari bukit ini adalah 'Bukit Onta', karena bentuknya yang menyerupai punuk unta jika dilihat dari sisi yang lainnya. Bentuk bukit ini sekilas mirip Uluru di tengah padang gersang Australia. Setuju?

4. Sungai Kahayan rasa Sungai Amazon, Amerika Serikat

Sungai Kahayan adalah salah satu sungai terpanjang di Pulau Kalimantan. Memiliki luas mencapai 81,648 km2, panjang 600 km, lebar 500 meter dan kedalaman mencapai hingga 7 meter, sungai yang membelah Kota Palangkaraya ini kerap disamakan dengan Sungai Amazon, Amerika Serikat.

5. Pasar Terapung Muara Kuin rasa Bangkok Floating Market, Thailand

Tak hanya Thailand, Indonesia juga memiliki beberapa floating market yang jadi favorit wisatawan, salah satunya Pasar Terapung Muara Kuin. Pasar terapung tradisional ini berada di atas sungai Barito di muara sungai Kuin, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Sambil mengemudikan perahunya, para pedagang menjajakan barang dagangannya. Mulai dari sayur mayur, buah-buahan, hasil kebun, berbagai jenis ikan, kebutuhan rumah tangga, hingga kue-kue tradisional, bisa Anda temukan di sini.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

6. Lembah Bukit Lebak Naga rasa Selandia Baru

Bukit Lebak Naga menawarkan spot foto dengan lanskap pemandangan yang luas. Angin bukit yang berhembus bakal memberikan atmosfer damai tersendiri kala berada di atas puncak.

Tempat ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin melihat sunset dan sunrise. Panoramanya yang indah membawa Anda merasakan atmosfer yang asri seperti di Selandia Baru.

7. Bontang rasa Merlion Park, Singapura

Bontang, Kalimantan Timur, memiliki replika patung singa yang mirip seperti di Merlion Park, Singapura, hanya saja ukuran lebih kecil. Setidaknya Anda akan merasakan sensasi seperti di Singapura jika berkunjung ke tempat ini. Selain itu, Anda juga bisa menikmati makanan seafood yang lezat di kota ini.

8. Bukit Telang rasa Rolling Hills, Selandia Baru

Bukit Telang di Pelaihari merupakan objek wisata favorit ala Negeri Teletubbies. Bukit eksotis yang menyuguhkan panorama yang memukau dan medan tempuh yang menantang ini akan membuat Anda merasakan suasana yang asri bak di Rolling Hills, Selandia Baru.

 Ilustrasi

9. Pulau Kakaban, Kalimantan Timur rasa Jellyfish Lake, Palau

Pulau Kakaban istimewa akan danau yang airnya berasal dari rembesan air laut dan kucuran hujan. Danau ini juga menjadi habitatnya ubur-ubur mini yang tidak menyengat dalam jumlah ribuan.

Mereka 'terjebak' sejak ribuan tahun silam yang akhirnya hidup tenang. Setidaknya ada empat jenis ubur-ubur di sini, yaitu ubur-ubur bulan (Aurelia aurita), ubur-ubur kotak (Tripedalia cystophora), ubur-ubur terbalik (Cassiopea ornata), dan ubur-ubur bintik (Mastigias papua).

Ukurannya pun beragam, dari yang paling kecil yaitu ubur-ubur kotak hingga yang terbesar ubur-ubur bulan. Masing-masing beda warna, dari jingga, kemerah-merahan, putih, bahkan ada yang terlihat seperti ungu muda. Jika berlibur ke tempat ini, Anda bisa merasakan liburan seperti di Jellyfish Lake, Palau.

10. Jembatan Sungai Mahakam rasa Parramatta Bridge di Sydney Harbour

Kalau Australia punya Parramatta Bridge di Sydney Harbour, Indonesia memiliki Jembatan Sungai Mahakam di Kalimantan Timur.

Sesuai namanya, jembatan ini dibangun di atas alur Sungai Mahakam yang menghubungkan kawasan Samarinda kota dengan wilayah kecamatan Samarinda Seberang. Jembatan ini sangat vital bagi pengguna kendaraan sebagai jalur keluar masuk kendaraan dari dan menuju luar kota Samarinda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini