Share

4 Candi Terbesar di Dunia, Nomor 3 Kebanggaan Indonesia

Ajeng Wirachmi, Jurnalis · Jum'at 16 September 2022 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 14 408 2667460 4-candi-terbesar-di-dunia-nomor-3-kebanggaan-indonesia-aQ2q1lJHrK.jpg Angkor Wat di Kamboja merupakan candi terbesar di dunia (Daily Mail)

SEBAGAI situs sejarah, candi patutnya dimanfaatkan guna mendapatkan gambaran megahnya kehidupan di masa lampau. Indonesia memiliki Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah yang dinobatkan sebagai salah satu candi terbesar di dunia.

Bahkan, Candi Borobudur tercatat sebagai keajaiban dunia. Berikut adalah 4 candi terbesar di dunia.

Angkor Wat

Candi terbesar di dunia dipegang oleh Angkor Wat yang berada di Krong Siem Reap, Kamboja. Situs candi ini memiliki luas 162,6 hektare yang didedikasikan untuk Dewa Siwa, Brahma, dan Wisnu.

Mengutip dari Britannica, Candi Angkor Wat dibangun pada abad ke-12, tepatnya di masa pemerintahan Raja Suryawarman II. Ia memerintah pada tahun 1113 sampai 1150. Dalam kompleks candi ini, terdapat setidaknya seribu bangunan yang berdiri kokoh. Kemegahannya ini masih bisa disaksikan sampai kini.

Kota Angkor sendiri adalah pusat kerajaan dinasti raja Khmer. Sepanjang abad ke-9 hingga 13, sudah banyak proyek konstruksi besar yang dikerjakan. Namun, Angkor Wat memang satu yang sangat menonjol. Awalnya, Suryawarman II membangun Angkor Wat untuk kompleks pemakaman, terutama bagi dirinya kelak.

Seluruh motif yang berada di candi ini bernapaskan Hindu. Kini, Candi Angkor Wat dianggap sebagai situs sejarah paling penting di Kamboja.

Karnak

Di posisi kedua, ada Karnak yang terletak di Mesir. Candi megah yang sudah berkembang selama lebih seribu tahun itu didedikasikan untuk Dewa Amun, Mut, dan Khonsu. Karnak dan wilayah Thebes kuno lainnya secara bersamaan ditetapkan sebagai situs warisan dunia UNESCO pada tahun 1979.

Penggalian candi ini mulai dilakukan pada abad ke-20, dan ditemukan area yang sangat luas serta mengesankan. Candi yang juga disebut sebagai kuil ini disebut sebagai bangunan keagamaan terbesar yang pernah dibangun. Beragam nama kuil berdiri di kompleks Karnak, namun yang paling terkenal adalah kuil Amun-Ra.

World Monuments Fund (WMF) menyebut, kuil ini merupakan bagian terpenting di zaman Mesir Kuno. di sana, tinggal para dewa di bumi bersama istrinya. Kuil Amun-Ra memiliki aula luas bernama The Great Hypostyle Hall yang dibangun pada masa pemerintahan Seti I.

Aula itu diisi oleh 134 kolom batu pasir raksasa, beserta ruang sangat luas tanpa ujung. Ada pula sebuah danau di kompleks Kuil Karnak yang dianggap sangat sakral dan digunakan sebagai lokasi ritual penyembahan atau upacara penting lainnya.

Borobudur

Candi termegah di Indonesia, Borobudur, juga masuk dalam jajaran candi paling besar di dunia. Luas dasar Candi Borobudur adalah 123x123 meter, dengan tinggi asli 42 meter. Namun, kini tingginya hanya 35 meter.

Ilustrasi

Candi Borobudur (Indonesia Travel)

Candi yang masuk dalam daftar keajaiban dunia itu adalah candi Buddha yang dibangun pada tahun 775 hingga 832 Masehi atas perintah Raja Visnu. Pembangunannya kemudian dilanjutkan selama pemerintahan Raja Indra dan Samaratungga.

Mengutip laman resmi Kemendikbud, Candi Borobudur menjadi saksi berkembangnya agama Buddha di Nusantara. Bahkan, Borobudur dipandang sebagai puncak masifnya perkembangan agama tersebut. Seluruh pahatan, relief, susunan patung, dan figur-figur Buddha yang diarcakan menjadi bukti megahnya candi yang berada di Magelang.

Sampai hari ini, belum ada ahli atau pengamat yang bisa memastikan mengapa Borobudur ditinggalkan. Namun, satu spekulasi yang muncul adalah akibat meletusnya Gunung Merapi di tahun 1006.

Letnan Gubernur Inggris Sir Thomas Stanford Raffles memerintahkan jajarannya untuk membersihkan Candi Borobudur yang kala itu tertutup tanah dan semak belukar. Perintah itu ia sampaikan pada 1814. Eksplorasi Borobudur terus berlanjut hingga ke masa pemerintahan Belanda.

Ilustrasi

Akshardham

Di posisi ke-4, ada candi Akshardham yang terletak di New Delhi, India. Situs megah ini memiliki berbagai barang-barang Hindu tradisional dan sangat langka. Diresmikan pada 6 November 2005, pembangunan candi atau kuil ini hanya dilakukan dalam kurun waktu 5 tahun atas restu dari Pramukh Swami Maharaj dari BAPS (Bochasanwasi Shri Akshar Purushottam Swaminarayan Sanstha).

Dalam proses pembangunannya, ada sebanyak 11 ribu pengrajin dan ribuan sukarelawan BAPS yang terlibat. Bangunan ini dikatakan wajib menerima rekor dunia sebagai kuil Hindu komprehensif terbesar di dunia. (sal)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini