Share

Cara Dapat Tiket Pesawat Murah Tanpa Promo, Simak Nih Caranya!

Prisca Arianto, Jurnalis · Kamis 15 September 2022 09:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 14 549 2667214 cara-dapat-tiket-pesawat-murah-tanpa-promo-simak-nih-caranya-0xxqogYLI7.JPG Ilustrasi (Foto: Reuters)

BEPERGIAN menggunakan pesawat terbang saat ini jadi opsi paling berat lantaran mahalnya harga tiket pesawat. Salah satu pertimbangan penting bagi seseorang kala memilih perjalanan menggunakan pesawat adalah soal tarif.

Terlebih jika Anda berencana pergi ke daerah yang sangat jauh dari lokasi tinggal anda, sudah barang tentu biayanya akan membengkak.

Nah, guna mengatasinya, banyak orang yang memilih untuk menggunakan promo. Namun momentum diskon itu tidak selalu ada, pun bila tiba saatnya belum tentu juga anda akan mendapatkannya karena sifatnya yang terbatas dan seorang calon penumpang harus bersaing dengan calon penumpang lainnya.

Fluktuasi harga tiket pesawat bisa dipicu oleh berbagai sebab, salah satunya mahalnya harga avtur, yang notabene bahan bakar pesawat terbang. Jika anda menginginkan tiket pesawat murah tanpa promo, tak ada salahnya mengetahui 3 hal ini sebelum memesan penerbangan sebagai strategi untuk mendapatkan tiket murah. Berikut ini ulasannya;

Pesan 21 hari sebelum perjalanan

Tips pertama bagi anda yang menginginkan sebuah harga penerbangan terbaik untuk perjalananmu mendatang dengan cara menyetel peringatan tarif di platform seperti Google Flights atau Kayak yaitu sebaiknya anda mengatur peringatan kalender selama 21 hari sebelum perjalanan Anda.

Scott Keyes, seorang pakar penerbangan dan pendiri platform penerbangan-intel Scott's Cheap Flights menemukan kecenderungan trend bahwa waktu 21 hari sebelum penerbangan adalah menjadi waktu yang paling tepat untuk menekan tombol beli. Setelah itu, Anda akan menemukan harga yang naik. Strategi ini sendiri karena aturan tarif maskapai.

Infografis Traveling

"Setiap kali Anda membeli penerbangan, tiket memiliki cetakan kecil yang mendikte, antara lain, bagaimana harganya. Ini dikenal sebagai 'aturan tarif' dan tiket dikelompokkan dalam banyak kategori" ungkap Keyes dikutip dari Best Life Online.

Aturan tarif itu salah satunya membuat maskapai menerapkan biaya yang lebih murah bagi penumpang yang membayar uang muka atau Down Payment dalam kurun waktu 21 hari, 14 hari hingga 7 hari dari set waktu penerbangan anda di kalendar.

Pesan jauh hari sebelumnya

Menetapkan tenggat waktu 21 hari adalah strategi cerdas jika Anda ingin memesan tiket termurah untuk perjalanan yang akan datang tanpa promo. Tetapi jika Anda punya banyak waktu, rencanakan untuk memesan lebih jauh ke depan.

Keyes mengungkapkan rumus 'Goldilocks Window' atau waktu yang tepat untuk memesan penerbangan murah, yaitu satu hingga tiga bulan sebelum penerbangan domestik, atau dua hingga delapan bulan sebelumnya untuk perjalanan internasional.

Memesan tiket jauh sebelum waktu-waktu tersebut tentu akan lebih menguntungkan, terlebih jika perjalanan anda bertepatan dengan momentum ramai perjalanan seperti waktu liburan atau perayaan hari besar keagamaan.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Raup untung maksimal dari business trip

Alasan mengapa maskapai penerbangan menggunakan persyaratan pembelian di muka hingga menurunkan harga jauh-jauh hari adalah untuk mendapatkan uang sebanyak mungkin dari seorang pelancong bisnis, yang cenderung memesan penerbangan mendadak dibandingkan dengan orang yang melakukan perjalanan liburan.

Selain itu, para pelaku business trip ini cenderung tidak peduli seberapa mahal penerbangan mereka, karena perusahaan atau instansi tempat bekerja mereka yang membayarnya.

Dari penjelasan tersebut, sekarang anda tahu kan mengapa banyak maskapai penerbangan hobi menaikkan tarif pada menit-menit terakhir.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini