Share

Melihat dari Dekat 'Kuburan' Pesawat di Thailand, Ada Jet Pribadi Senilai Rp1,8 Triliun!

Sri Latifah Nasution, Jurnalis · Jum'at 16 September 2022 10:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 15 408 2668110 melihat-dari-dekat-kuburan-pesawat-di-thailand-ada-jet-pribadi-senilai-rp1-8-triliun-njrAcMdSoe.JPG Puing pesawat dibiarkan mangkrak di sebuah lahan rumput di Thailand (Foto: TripAdvisor)

SEBUAH lahan yang dinamakan 'kuburan pesawat' berada di Thailand. Di mana dua jet pribadi senilai Rp1,8 triliun dibuang dan dibiarkan begitu saja. Sementara puluhan pesawat militer nampak ditinggalkan hingga berdebu dan berkarat.

Kuburan pesawat ini menjadi salah satu objek wisata paling aneh di Asia Tenggara. Ratusan pengunjung bahkan rela membayar sekitar Rp122.000/orang untuk melihat pesawat yang rata-rata bernilai ratusan miliar.

Sebagian besar interior pesawat sudah dilepas, sementara puing-puingnya berserakan di sekitar pesawat. Meski tidak layak lagi untuk terbang, para investor memikirkan cara yang tidak biasa untuk dapat digunakan kembali.

Pada salah satu tempat, dua pesawat yang dioperasikan oleh Orient Thai Airlines, diatur menjadi bar luar ruangan. Namun, rencana itu gagal setelah seorang pengusaha yang mendanai proyek tersebut bangkrut.

Fotografer Dax Ward, yang mengunjungi tempat tersebut sebelumnya, membahas kesepakatan bisnis yang gagal dan mengakibatkan pesawat rusak.

Puing Pesawat Pribadi di Thailand

(Foto: TripAdvisor)

“Pesawat yang diperkirakan ditempatkan di sana beberapa tahun lalu oleh investor asing yang ingin membuat bar khusus luar ruangan dengan menggunakan badan pesawat sebagai panggung untuk band dan ruang tunggu untuk kru bar,” ucap Ward.

“Sejauh yang saya tahu, belum ada rencana untuk memindahkannya, meskipun harga tanah tempat itu sangat mahal,” tambahnya.

Setelah nomor registrasi pesawat itu dicat ulang, sulit untuk menguraikan kapan pesawat tersebut akan dioperasikan atau dipensiunkan.

Puing Pesawat Pribadi di Thailand

(Foto: TripAdvisor)

“Ada banyak mainan dan benda-benda pribadi lain yang tersebar di sana, ditinggalkan oleh orang-orang yang pernah tinggal di sana dengan berbagai alasan, hampir membuat tempat itu terasa seperti lokasi kecelakaan,” paparnya.

Tiga keluarga Thailand dilaporkan pindah ke bangkai pesawat kosong tersebut dalam beberapa tahun terakhir. Mereka mulai meminta bayaran pada wisatawan yang ingin melihat rumah mereka yang tidak biasa tersebut.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Sementara itu, pesawat pribadi bukanlah satu-satunya pesawat yang dibuang pemiliknya. Di Tuscon, Arizona, Amerika Serikat lebih dari 4.000 pesawat militer yang telah ditinggalkan hingga berkarat di sebuah pembuangan yang besar.

Dikenal sebagai The Boneyard, 'kuburan' yang berlokasi di luar pangkalan Angkatan Udara Davis-Monthan adalah rumah untuk pesawat yang dibuang.

Puing Pesawat Pribadi di Thailand

(Foto: TripAdvisor)

Lokasi ini menampung pesawat demiliterisasi yang dilelang oleh Aerospace Maintenance and Regeneration Centre (AMARC). Suku cadang pesawat mungkin sudah rusak, dilelehkan untuk dibuat besi tua atau diregenerasi.

Situs yang dianggap sebagai 'kuburan' pesawat paling besar di dunia ini dipilih karena lokasinya. Iklim Arizona yang kering pun membuat pesawat butuh waktu yang lama untuk beristirahat.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini