Share

Explore Indonesia Tengah hingga Timur, Ini 10 Destinasi Wisata Cantik Serasa di Luar Negeri

Rina Anggraeni, Jurnalis · Sabtu 17 September 2022 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 15 408 2668273 explore-indonesia-tengah-hingga-timur-ini-10-destinasi-wisata-cantik-serasa-di-luar-negeri-oyXzZEy0IL.jpg Bukit Mondu di Pulau Sumba, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (Foto: Instagram @felgra_photography)

SEDIKITNYA ada 10 destinasi wisata indah di Indonesia bagian tengah dan timur yang serasa di luar negeri. Pesonanya menakjubkan sehingga mengundang daya tarik banyak turis mancanegara.

Indonesia memiliki beragam destinasi wisata baik pantai, hutan, gunung, danau, situs sejarah, cagar budaya, dan lainnya. Sebagian di antaranya bukan hanya populer di kalangan wisatawan nusantara, tapi juga dunia.

Berikut 10 destinasi wisata indah Indonesia tengah dan timur yang serasa di luar negeri dirangkum dari berbagai sumber:

 BACA JUGA: 8 Objek Wisata di Indonesia Mirip Luar Negeri, Vibesnya Dapat Banget!

1. Danau Kelimutu

Danau Kelimutu ini tidak lagi diragukan keindahannya. Danau ini terletak di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Banyak turis mancanegara yang mengunjungi destinasi ini untuk menikmati pemandangan. Memiliki tiga Danau kawah di puncaknya menjadikan ikon tersendiri bagi Danau Kelimutu. Tiga danau kawah ini memiliki tiga warna yang berbeda-beda, yaitu merah, biru dan putih.

 Ilustrasi

Danau Kelimutu (Sabra)

Keindahan pada tiga danau dengan warna yang berbeda-beda, membuat danau ini memiliki kesamaan dengan Kawah Viti di negara Islandia.

2. Kepulauan Wakatobi

Kepulauan Wakatobi di Sulawesi Tenggara menyimpan 750 dari 820 jenis terumbu karang yang tersebar di seluruh dunia. Wakatobi sudah ditetapkan sebagi Cagar Biosfer Bumi ke-8 oleh UNESCO. Penetapan tersebut tentu membuat keindahan Wakatobi terkenal hingga ke mancanegara.

 BACA JUGA: 10 Destinasi Wisata Populer di Indonesia yang Sudah Mendunia, Wakatobi hingga Rinjani

3. Kepulauan Derawan

Kepulauan Derawan yang indah bak surga dunia ini muncul dalam uang rupiah baru pecahan Rp20.000 ribu emisi 2022. Kepulauan Derawan di Berau, Kalimantan Timur sangat mashyur akan keindahan alam dan biota lautnya.

Ilustrasi

Labuan Cermin di Kepulauan Derawan (Instagram @aridianwulandr)

4. Kepulauan Raja Ampat

Gugusan kepulauan yang saling berdekatan menjadi salah satu daya pikat dari wisata yang satu ini. Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat sudah begitu terkenal ke dunia.

5. Taman Nasional Bali Barat

Pulau Bali bisa dikatakan sebagai salah satu wilayah di Indonesia yang kehidupan wisatanya tidak pernah padam. Bali memiliki keindahan alam serta budaya yang menakjubkan. Salah satu wisata yang paling terkenal di Bali adalah Taman Nasional Bali Barat yang menyajikan sabana, pantai, dan juga hutan.

 

6. Sumba

Tak jauh berbeda dengan Bali, di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur, Anda juga bisa menemukan serangkaian panorama alam yang susah untuk dilewatkan.

Turis asing pun jatuh cinta dengan keindahan pantai, air terjun, bahkan budaya Sumba. Tak heran jika Sumba menjadi salah satu daerah yang terkenal di kalanga turis asing.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

7. Pulau Padar

Pulau Padar juga merupakan salah satu wilayah di Taman Nasional Komodo. Serta jadi pulau ketiga terbesar di kawasan Taman Nasional Komodo, setelah Pulau Komodo dan Pulau Rinca.

Pulau Padar tidak dihuni oleh ora (biawak komodo). Di sekitar pulau ini terdapat pula tiga atau empat pulau kecil.

Pulau Padar juga diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, karena berada di dalam wilayah Taman Nasional Komodo, bersama dengan Pulau Komodo,Pulau Rinca dan Gili Motang.

8. Bukit Pelalangan

Grand Canyon di Arizona, Amerika Serikat, mungkin sering Anda lihat di foto-foto. Tapi Anda bisa melihat pemandangan yang hampir serupa di Bukit Pelalangan di Madura.

Bukit yang berupa deretan tebing kapur bekas penambangan tersebut berada di daratan tinggi di Desa Bherballuk, Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan. Suasana sejuk dan pemandangan unik yang belum tentu ada di tempat lain di Indonesia ini jadi spot wisata baru di Madura.

Keindahan lokasi tersebut tidak hanya untuk dilihat tetapi banyak juga yang memanfaatkannya untuk foto-foto prewedding atau belajar fotografi. Panorama mirip situs arkeologi tersebut hanya berjarak 15 km dari pusat Kota Bangkalan.

 Ilustrasi

9. Patung Hati Kudus Yesus di Merauke

Kota paling timur Indonesia ini memiliki patung Yesus yang memiliki tinggi mencapai 12 meter. Patung ini dibangun sebagai monumen untuk memperingati hari pertama masuknya gereja Katolik ke Kota Merauke pada 14 Agustus 1905 dan patung ini diresmikan pada 14 Agustus 2011.

Tidak seperti kebanyakan patung yang menggunakan pilar sebagai penyanggahnya, patung ini diberi penyangga berupa bola dunia.

10. Pulo Cinta Gorontalo

Pulau ini diberi nama Pulo Cinta karena terdapat gundukan pasir putih menyerupai bentuk hati di tengah-tengah pulau.

Pulau Cinta alias Pulo Cinta berlokasi di Kabupaten Boalemo dengan jarak tempuh 2 jam dari pusat kota Gorontalo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini