Share

10 Jajanan Tradisional yang Bisa Dijadikan Oleh-oleh Khas Surabaya

Agustina Wulandari , Jurnalis · Jum'at 16 September 2022 16:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 16 25 2669040 10-jajanan-tradisional-yang-bisa-dijadikan-oleh-oleh-khas-surabaya-TiBIJ6PFfJ.JPG Oleh-oleh khas Surabaya, Almond Tart. (Foto: okezone.com/Gowork)

Kota Surabaya menyimpan ragam kuliner dan destinasi wisata yang seru dan menyenangkan. Selain itu, ada pula banyak jajanan tradisional yang patut dicicipi saat bepergian ke Kota Pahlawan ini.

Tak hanya itu, beberapa kuliner tradisional khas Surabaya ini juga bisa dibawa pulang sebagai buah tangan. Apa sajakah itu? Berikut ini daftar jajanan tradisional yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Surabaya.

1. Almond Tart

Almond Tart merupakan salah satu produk baru Lapis Kukus Pahlawan yang istimewa. Tak hanya rasa, namun tampilan Almond Tart juga dapat menggugah selera. Almond Tart ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh.

Almond Tart dibuat dengan tekstur pinggiran crust yang renyah, bagian dalam yang lembut dan lumer, lapisan tengah bolu yang lembut, topping di tengah juga terdapat berbagai macam pilihan mulai dari cokelat pasta hingga selai stroberi yang lumer dimulut. Almond Tart dari Lapis Kukus Pahlawan ini memiliki beberapa pilihan varian rasa, meliputi Original, Cokelat, Keju, Abon, dan Stroberi.

Saat ini Almond Tart menjadi pilihan utama oleh-oleh khas Surabaya di kalangan wisatawan luar terutama millennials.

2. Lapis Kukus Pahlawan


Salah satu oleh-oleh khas Surabaya, Lapir Kukus Pahlawan. (Foto: Gowork)


Bagi Anda pecinta kue maka tak boleh melewatkan jajanan yang satu ini. Lapis Kukus Pahlawan merupakan salah satu makanan kekinian yang wajib dibawa pulang setelah berkunjung ke Surabaya. Ini adalah kue lapis khas Surabaya yang terbuat dari tepung singkong dan terigu sehingga cita rasa yang dihasilkan pun khas juga nikmat.

Selain itu, teksturnya yang lembut cocok disantap oleh siapapun. Teknik pembuatannya pun berbeda yakni dengan cara dikukus sehingga menjadikan Lapis Pahlawan ini istimewa.

Saking lezatnya, Lapis Kukus Pahlawan ini bahkan memperoleh predikat sebagai The Best Oleh Oleh Surabaya di ajang Jawa Pos Culinary Awards tahun 2017 & 2018. Ada banyak varian rasa yang bisa Anda pilih yakni Original, Brownies, Chocopandan, Terang Bulan, Blackforest, Es Teler, Red Velvet, Choco Cookies, Kopi Susu Gula Aren, Stroberi dan Chiffon.

3. Bebek Djangkep

Bebek Djangkep merupakan salah satu kuliner khas Surabaya yang populer dan disukai banyak orang. Bebek Djangkep dapat dibeli dalam kondisi beku dan sudah dibumbui sehingga aman dan awet untuk dibawa sebagai oleh-oleh.

Bebek Djangkep beku yang sudah dibumbui ini bisa tahan selama 2 bulan. Sesampainya di rumah, Anda bisa langsung menggoreng Bebek Djangkep kemudian menyantapnya dengan sepiring nasi hangat.

4. Kue Blinjo

Kue Blinjo sejenis kue kering khas Surabaya yang bentuknya bulat. Seperti namanya, Kue Blinjo ini terbuat dari emping melinjo sehingga rasa yang dihasilkan pun terbilang unik yakni manis, gurih, dan teksturnya empuk juga lembut.

5. Keripik Ceker Ayam

Jika biasanya keripik terbuat dari singkong, kentang, atau ubi, maka berbeda dengan oleh-oleh khas Surabaya yang satu ini. Keripik ceker ayam terbuat dari ceker ayam yang dipisahkan dari tulangnya lalu dibersihkan dan dijemur hingga kering.

Setelah itu, ceker ayam yang dikeringkan digoreng hingga menjadi kerupuk atau keripik. Rasanya gurih dan asin sangat cocok dijadikan camilan atau teman menyantap aneka lauk.

6. Kue Mente

Kue mente merupakan kue kacang khas Surabaya yang disukai banyak orang. Mirip degan melinjo, namun kue mente ini terbuat dari kacang mete. Rasanya cenderung asin, gurih, dengan sedikit perpaduan manis. Kue ini sangat cocok dijadikan sebagai salah satu sajian saat lebaran. Pastinya bikin para tamu yang datang tak berhenti mengunyah.

7. Belinjo Udang

Oleh-oleh khas Surabaya yang wajib dibeli sebagai buah tangan adalah belinjo udang. Ini merupakan kerupuk yang terbuat dari melinjo lalu diolah menjadi keripik kemudian dicampur dengan perasa udang agar lebih nikmat. Perpaduan aroma udang dan ras melinjo yang khas menjadikan belinjo udang ini sebagai salah satu kudapan favorit warga Surabaya.

8. Kuweh dollar

Kuweh dollar ini merupakan salah satu kue kering khas Surabaya. Sesuai namanya, Kuweh dollar ini berbentuk seperti kepingan koin mata uang Amerika Serikat. Kuweh dollar biasanya dibuat dari bahan-bahan seperti tepung terigu, gula, mentega, dan telur.

Kuweh dollar bertekstur krispi, renyah, dengan perpaduan rasa vanilla, cokelat, keju, wijen dan durian. Kuweh dollar sangat cocok dijadikan teman nyemil atau stok kue di rumah untuk hidangan para tamu yang datang berkunjung.

9. Kompyang

Kompyang atau kompia merupakan roti berbentuk bulat dengan taburan wijen di atasnya. Sekilas, kompyang ini mirip dengan roti burger karena bentuknya, tapi bahan yang digunakan untuk membuat kompyang berbeda begitu pula dengan isiannya.

Teksturnya pun tidak empuk malah cenderung keras sehingga dijuluki sebagai roti gambang. Roti kompyang ini biasanya dibuat dari bahan terigu, gula, garam, dan air. Karena teksturnya yang keras, kompyang sangat cocok disantap dengan susu, teh, atau kopi hangat.

10. Lentho

Lentho merupakan salah satu jajanan tradisional yang juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas Surabaya. Panganan yang satu ini terbuat dari kacang tolo atau kacang hijau. Ukurannya kecil dan biasanya dijadikan sebagai salah satu pendamping lontong balap.Bentuknya bulat memanjang dan menyerupai perkedel.

Meski begitu, ada pula yang menjual lentho berukuran besar. Biasanya lentho ukuran besar ini dijual di warung-warung makan kaki lima. Selain itu, biasanya lentho ini disantap dengan petis dan cabai bahkan kerap dijadikan lauk pendamping layaknya tahu dan tempe.

Nah, itulah 10 jajanan tradisional khas Surabaya yang dapat dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Kota Pahlawan. Kira-kira mana nih yang jadi favorit Anda?

Follow Berita Okezone di Google News

(Wul)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini