Share

Mengenal Udumbara, Bunga dari Surga yang Mekar 3.000 Tahun Sekali

Cita Zenitha, Jurnalis · Minggu 18 September 2022 10:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 16 406 2669264 mengenal-udumbara-bunga-dari-surga-yang-mekar-3-000-tahun-sekali-nVt6o7UzDL.jpg Bunga udumbara (Times of India)

UDUMBARA merupakan bunga mungil yang langka dan legendaris. Hanya mekar 3.000 tahun sekali. Menurut kepercayaan Tiongkok, bunga udumbara merupakan bunga dari surga. Ukurannya sulit dilihat dengan mata telanjang.

Bunga udumbara dalam bahasa sansekerta dikenal juga sebagai Youtan Poluo yang memiliki arti bunga dari surga. Ukurannya yang sangat kecil membuat bunga ini sulit untuk dilihat sehingga memerlukan lensa pembesar.

 BACA JUGA:10 Destinasi Wisata Alam Hidden Gem Lombok, Tersembunyi dan Asri Banget!

Bagi masyarakat Tiongkok bunga udumbara disimbolkan sebagai reinkarnasi lahirnya seorang pemimpin besar yang adil.

 

Walau berukuran kecil bukuran kecil, bunga udumbara termasuk bunga yang tahan banting. Bunga ini dapat tumbuh dimana saja seperti kayu, kaca bahkan logam sekalipun. Wangi semerbaknya membuat bunga ini disukai banyak orang. Periode mekarnya memerlukan waktu selama satu tahun.

 BACA JUGA:Jadi Wisata Alternatif, Alun-Alun Cibodas Bekas Terminal Bus Ditarget Rampung Tahun Ini

Bunga udumbara pertama kali ditemukan pada tahun 2007 di Provinsi Liaoning, Tiongkok, oleh seorang petani bernama Tuan Ding. Saat itu Tuan Ding menemukan sekitar 38 bunga udumbara yang tumbuh pada sekitar pipa logam di kebunnya.

Seorang biarawati Tiongkok bernama Miao Wei juga menemukan bunga serupa sekitar tahun 2010. Ketika hendak membersihkan bagian bawah mesin cucinya, Miao Wei menemukan sekelompok tunas bunga udumbara tubuh.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Awalnya ia mengira bahwa tunas tersebut adalah telur cacing. Tapi keesokan harinya, tunas tersebut justru tumbuh menjadi bunga yang indah dan harum.

 Ilustrasi

Tak hanya di Tiongkok ternyata bunga udumbara juga tumbuh di Taiwan. Mereka percaya bahwa bunga udumbara dapat mendatangkan keberuntungan bagi kehidupan.

Demikianlah informasi mengenai bunga udumbara, bunga dari surga yang dapat hidup selama 3.000 tahun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini