Share

8 Spot Terbaik di Dunia untuk Menikmati Indahnya Gemerlap Bintang dan Aneka Benda Langit

Sri Latifah Nasution, Jurnalis · Minggu 18 September 2022 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 16 408 2669141 8-spot-terbaik-di-dunia-untuk-menikmati-indahnya-gemerlap-bintang-dan-aneka-benda-langit-EyHuxbdXL4.jpg Ilustrasi (ASC)

MELIHAT ke langit yang dihiasi dengan gemerlap bintang-bintang memang memukau mata. Namun, tidak semua wilayah bisa menyaksikan hiasan di langit setiap malam. Ini dikarenakan faktor cahaya yang datang dari lampu-lampu di bumi sehingga pancaran bintang yang jaraknya sangat jauh menjadi kurang jelas terlihat.

Selain itu, faktor polusi dan kabut di suatu wilayah juga berpengaruh terhadap terlihat atau tidaknya gugusan bintang di langit.

Bagi Anda yang ingin menyaksikan keindahan langit, berikut tempat terbaik di dunia untuk melihat bintang, sebagaimana dilansir dari National Geographic :

Monumen Nasional Natural Bridges, Amerika Serikat

Menjadi taman langit gelap internasional pertama di dunia, Natural Bridges terletak di tempat yang bebas dari polusi cahaya. Di taman ini benda langit dapat dilihat dengan mata telanjang.

Untuk menuju ke monumen yang terletak di Utah ini, pengunjung bisa berkendara atau mendaki melalui aliran sungai yang memotong tebing yang menjadi rumah bagi coyote atau anjing hutan, singa, dan tumbuhan gurun.

Cagar Biosfer Rhoen, Jerman

Cagar biosfer yang didirikan oleh UNESCO ini dikenal sebagai ‘tanah dengan cakrawala tak berujung’. Langit berbintangnya memiliki status Tingkat Perak dari International Dark-Sky Association (IDA) , dengan pemandangan kristal dari Bima Sakti dan galaksi Andromeda.

Untuk malam yang paling gelap, Anda bisa pergi ke pusat cagar alam, di mana hampir 200.000 penduduknya menggunakan pencahayaan luar ruangan. Anda juga bisa berjalan-jalan malam sambil mengamati bintang yang dipandu oleh Rhon Star Park, sebuah organisasi nirlaba.

Cagar Alam Aoraki Mackenzie International Dark Sky, New Zealand

Cekungan Mackenzie di Cagar Alam Aoraki Mackenzie adalah tempat terbaik untuk mengamati bintang di New Zealand. Anda bisa ikut tur mengamati bintang di Mount John University Observatory atau di Sir Edmund Hillary Alpine Centre and Planetarium. Anda bisa melihat Galaksi Bima Sakti, Southern Cross, Alpha Centauri, dan Sirius.

Cagar alam ini melindungi warisan langit gelap dan menghormati penduduk asli Maori yang masih mengandalkan navigasi bintang dan cerita rakyat.

Taman Cherry Springs State, Amerika Serikat

Taman yang terletak di Pennsylvania ini terkenal karena dua kelompok bintang tahunannya, yang menarik pengunjung dan ahli astronomi dari berbagai negara. Di sini, hujan meteor Perseids akan berjatuhan setiap bulan Agustus.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Pic du Midi, Perancis

Di Pic du Midi, para ilmuwan NASA mempelajari pemandangan bulan sebagai persiapan pendaratan Apollo. Anda bisa naik kereta gantung ke observatorium puncak gunung. Untuk Anda yang ingin bermalam, tersedia paket penginapan yang sudah mencakup makan, tur teleskop, melihat bintang dengan astronom, serta bermain ski.

Sedona, Amerika Serikat

Lanskap batu merah di kota gurun Sedona, Arizona, mendapatkan label Dark Sky Community dari IDA, karena polusi cahaya yang begitu minim. Anda bisa melihat pemandangan langit yang berjarak 35 juta tahun cahaya, melalui teleskop Whirlpool Galaxy atau Messier 51a.

Ilustrasi

Mont-Megantic, Kanada

Parc National du Mont Megantic, merupakan cagar alam langit gelap pertama di dunia yang memberi akses publik ke observatorium ASTROlab. Pengunjung juga bisa berkemah di taman, mendaki gunung Mont St. Joseph dan Mont Megantic, dan juga bermain ski.

Zselic National Protection Landscape Are, Hungaria

Taman Zselic Starry Sky memiliki langit gelap yang hampir tidak pernah berubah, menawarkan pemandangan Galaksi Triangulum yang bisa dilihat dengan mata telanjang.

Taman ini juga memiliki program astronomi bagi para pengunjung yang mencakup film full-dome di planetarium, koleksi meteorit, pengamatan teleskopik pada siang dan malam, serta pemandu tur malam.

Demikian rekomendasi tempat terbaik di dunia untuk melihat gugusan bintang. (sal)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini