Share

Bisakah Perokok Jadi Pramugari? Simak 5 Syarat Utama Lolos Menjadi Awak Kabin

Wiwie Heriyani, Jurnalis · Senin 19 September 2022 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 17 406 2669513 bisakah-perokok-jadi-pramugari-simak-5-syarat-utama-lolos-menjadi-awak-kabin-F5zGgpO4kd.jpg Pramugari Singapore Airlines (Singapore Airlines)

PRAMUGARI merupakan salah satu profesi yang banyak diminati para wanita. Selain menjadi profesi yang menjanjikan, menjadi seorang pramugari juga memiliki tingkat prestise tersendiri dalam dunia penerbangan.

Namun, Anda tidak bisa begitu saja menjadi seorang pramugari. Sama seperti profesi bergengsi lainnya, terdapat serangkaian syarat atau kualifikasi yang harus dipenuhi bagi para calon pramugari.

Bahkan, untuk beberapa maskapai penerbangan memiliki sekolah pramugari yang berisi pendidikan dan pelatihan untuk para calon pramugari.

 BACA JUGA:5 Larangan Buat Pramugari Selama Penerbangan, Traveler Wajib Tahu!

Namun, kembali lagi, untuk bisa masuk ke sekolah pramugari, syarat atau kualifikasi tertentu tetap harus dipenuh oleh calon pramugari. Salah satu kualifikasi atau syarat utama yang perlu digaris bawahi adalah bukan seorang perokok.

Ya, seseorang yang berprofesi sebagai seorang pramugari tentunya harus dapat menjaga pola hidup sehat, agar selalu bugar. Nah, karena itulah, syarat menjadi seorang pramugari adalah tidak boleh merokok.

 Ilustrasi

Ilustrasi pramugari

Selain itu, menjadi seorang pramugari juga dilarang keras untuk mengkonsumsi obat terlarang baik sebelum maupun setelah penerbangan.

Sebab, obat-obatan tersebut akan mengganggu kinerja para pramugari, bahkan mengkonsumsi minuman beralkohol pun juga dilarang sebelum penerbangan. Maka dari itu untuk menjadi pramugari yang profesional harus bebas dari obat-obatan terlarang.

 BACA JUGA:Sudah Jadi Suami-Istri, Pasangan Pilot dan Eks Pramugari Ini Malah Dikira Ayah & Anak

Lantas, syarat apa lagi untuk menjadi seorang pramugari selain bukan perokok dan menggunakan obat-obatan terlarang? Berikut ulasannya.

1. Pendidikan terakhir minimal SMA/Sederajat

Syarat yang pertama ini wajib dipenuhi. Pasalnya, dengan bekal SMA/ Sederajat tersebut, Anda dapat mengikuti pendidikan dan pelatihan pramugari, untuk mendapatkan bekal ilmu penerbangan yang berguna ketika proses seleksi pramugari.

 

2. Tinggi dan berat badan

 

Terkait kondisi fisik, seorang pramugari dituntut untuk memiliki kondisi fisik professional seperti memiliki tinggi badan minimal 160 cm. Dengan memiliki kondisi fisik tersebut memudahkan untuk membantu para penumpang pesawat, seperti membantu memasukan atau menurunkan tas penumpang ke bagasi pesawat.

Dan dengan memiliki berat badan yang ideal, pramugari dapat bertahan atau kuat berdiri selama berjam-jam juga agar tampil menarik, sehingga mampu membangun citra positif maskapai penerbangan.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

3. Sehat jasmani dan rohani

 

Memiliki kondisi sehat jasmani maupun rohani memang harus dipenuhi. Sebab, sebelum memberikan pelayanan ataupun membantu penumpang secara sehat jasmani dan rohani maka penumpang akan mendapatkan pelayanan secara maksimal saat didalam pesawat.

4. Tidak memiliki kekurangan fisik

Seorang pramugari tentu wajib memiliki penampilan yang menarik. Karena itu, sangat tidak diperkenankan bila memiliki kekurangan fisik seperti cacat dan sejenisnya.

Sehingga, kekurangan secara fisik inilah yang memang sulit untuk menjadi pramugari meskipun sudah digantikan dengan organ tubuh tiruan. Sebab, akan menghambat proses pramugari dalam menjalankan tugasnya.

 Ilustrasi

5. Wajib memiliki sertifikat sekolah pramugari atau flight attendant training

Nah, seperti yang sudah dijelaskan di awal untuk menjadi pramugari Anda harus mengikuti program pendidikan dan pelatihan profesi pramugari.

Meskipun demikian, di sekolah pramugari Anda akan mendapatkan banyak ilmu dalam hal pengetahuan serta keterampilan yang berhubungan dengan dunia kerja.

Sehingga, Anda akan mendapatkan sertifikat resmi untuk Anda gunakan nantinya pada saat melamar pekerjaan.

Nah, itu dia beberapa syarat utama untuk bisa menjadi seorang pramugari. Sebab, bagaimanapun juga sebuah maskapai penerbangan memiliki aturan serta seleksi yang cukup ketat, sehingga menjadi peran penting untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan profesi pramugari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini