Share

Fakta Unik Westminster Abbey Jadi Tempat Pernikahan, Penobatan hingga Pemakaman Ratu Elizabeth II

Najwa Avifah Octavia, Jurnalis · Minggu 18 September 2022 01:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 17 406 2669572 fakta-unik-westminster-abbey-jadi-tempat-pernikahan-penobatan-hingga-pemakaman-ratu-elizabeth-ii-JAno84SZvQ.jpg Westminster Abbey di London, Inggris (Foto: visitlondon.com)

WESTMINSTER Abbey merupakan gereja terkenal dan sangat bersejarah di London Tengah. Dibangun sejak beberapa abad lalu, Westminster Abbey merupakan bagian penting dalam kehidupan Ratu Elizabeth II, pemimpin Kerajaan Inggris terlama sepanjang sejarah.

Westminster Abbey menjadi tempat beragam acara resmi Keraaan Inggris sejak tahun 1066 loh, termasuk 16 pernikahan kerajaan.

Pada 1947, pernikahan Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip juga digelar di Westminster Abbey. Enam tahun berikutnya, di tempat yang sama Elizabeth dinobatkan menjadi Ratu Inggris.

Pada 19 September 2022, Westminster Abbey kembali menjadi bagian penting dalam sejarah Ratu Elizabeth, yaitu menjadi tempat untuk menggelar upacara pemakamannya.

Ratu Elizabeth akan dimakamkan di Kapel St. George di Windsor, tapi puncak upacara pemakaman akan berlangsung di Westminster Abbey.

 

Pendeta David Hoyle, Dekan Westminster Abbey mengatakan, Ratu Elizabeth pernah berdiskusi dengannya tentang betapa penting arti biara itu dalam kehidupannya.

"Ada hubungan khusus antara bangunan ini dan Ratu kami. Di tempat inilah ia menikah pada tahun 1947 dan, tentu saja ini menjadi tempat penobatannya sebagai ratu," jelasnya seperti melansir dari VOA, Sabtu (17/9/2022).

Pendeta David Hoyle masih ingat ketika ia melakukan audiensi Ratu Elizabeth. Ketika itu Ratu membicarakan tentang kenangannya mengenai Westminster Abbey.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Pendeta David Hoyle menambahkan, mendiang Ratu Elizabeth adalah seorang anggota gereja yang setia.

"Jadi ini merupakan ibadah gereja, ini adalah upacara pemakaman dan perlu dilakukan prosesi pemakaman yang sepatutnya. Ini adalah kesempatan bagi kita untuk berkabung, ini sekaligus kesempatan bagi kita untuk mencoba menyatakan rasa terima kasih serta mengenangnya dalam kata-kata," jelasnya.

Ilustrasi

"Ini juga merupakan kesempatan bagi kita untuk mendoakan kita sendiri, raja yang baru dan keluarganya. Menurut saya ini juga kesempatan bagi kita semua untuk berfokus pada kesedihan ini. Jadi ini merupakan ibadah pemakaman yang dilakukan oleh Gereja Inggris, namun ibadahnya sendiri akan sangat, sangat istimewa," imbuhnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini