Share

27 Tempat Wisata Paling Hits di Sukabumi, Air Terjun Cantik hingga Pantai Eksotis

Cita Zenitha, Jurnalis · Senin 19 September 2022 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 17 408 2669545 27-tempat-wisata-paling-hits-di-sukabumi-air-terjun-cantik-hingga-pantai-eksotis-jz1KpBNA41.jpg Jembatan Situ Gunung di TNGGP, Sukabumi, Jawa Barat (Foto situgunungbridge)

ADA 27 tempat wisata di Sukabumi, Jawa Barat paling hits dan layak dijadikan sebagai lokasi liburan bersama keluarga maupun orang tersayang. Pilihannya beragam mulai dari wisata alam, pantai, wahana air, air terjun atau curug, hingga situs religi.

Sukabumi memang terkenal dengan keindahan alamnya. Kabupaten terluas kedua di Pulau Jawa setelah Banyuwangi ini punya aneka tempat wisata populer. Di antaranya Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Geopark Ciletuh, Pantai Pelabuhanratu, dan lainnya.

Berikut 27 tempat wisata di Sukabumi paling hits.

1. Curug Bibijilan

Kata Bibijilan berasal dari kata bahasa Sunda yang artinya “bermunculan”. Ketika datang ke Curug Bibijilan kita akan menemukan air terjun yang mengalir diantara dua bukit seolah-olah muncul. Lokasi Curug Bibijilan di Kampung Lebak Nangka, Desa Kerta Angsana, Kec. Nyalindung, Kab. Sukabumi, Jawa Barat.

 BACA JUGA:Pesona Curug Cikanteh, Punya 3 Air Terjun Cantik dan Menarik

2. Sparks Forest Adventure

Sparks Forest Adventure menyediakan berbagai wahana bermain keluarga mulai dari playground, glamping hingga waterboom. Sparks Forest Adventure berlokasi di Jl. Nagrak, Cisarua, Kec. Nagrak, Kab. Sukabumi, Jawa Barat.

 Ilustrasi

Pantai Pelabuhan Ratu di Sukabumi (Okezone.com/Putra RA)

3. Vihara Nam Hai Kwan Im Pu Sa

Menikmati indahnya Thailand tanpa perlu ke Thailand? Tentu bisa dong! Yuk langsung saja kunjungi Vihara Nam Hai Kwan Im Pu Sa. Vihara ini berlokasi di Kertajaya, Kec. Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

4. Pantai Pangumbahan

Pantai Pangumbahan memiliki empat keistimewaan yang sayang untuk dilewatkan yaitu penangkaran penyu, pasir putih bersih, pecahan ombak dan pemandangan indah. Lokasi Pantai Pangumbahan ada di Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

 BACA JUGA:10 Wisata di Kalimantan dengan Vibes Luar Negeri, Bikin Malas Pulang!

5. Bukit Teletubbies Ujung Genteng

Sukabumi juga ada bukit Teletubbies, loh! Untuk anda yang ingin bernostalgia masa kecil tak ada salahnya berkunjung ke Bukit Teletubbies Ujung Genteng. Bukit Teletubbies Ujung Genteng beralamat di Ujung Genteng, Kec. Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

6. Bukit Karang Numpang

Penggemar film 5cm pasti tidak asing dengan perbukitan satu ini. Selain menawarkan pesona indah anda juga bisa berswafoto. Bukit Karang Numpang

beralamat di Kampung Legok Nyenang, Desa Cikujang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

7. SantaSea Waterpark

Wahana air di Sukabumi ini dibangun bertepatan dengan sumber mata air panas Sukabumi. Untuk anda yang mencari tempat relaksasi bisa mengunjungi SantaSea Waterpark yang berlokasi di Jl. Pramuka, Gedong Panjang, Citamiang, Kota Sukabumi, Jawa Barat.

8. Halimun Adventure Journey

Hamparan indahnya kebun teh dengan kabut sejuk jangan sampai terlewatkan. Langsung saja datang ke Kp. Ciwalen, Malasari, Nanggung Halimun, Sukabumi, Jawa Barat.

9. Pantai Karang Gantungan

Salah satu pantai yang tak boleh terlewatkan jika berkunjung ke Sukabumi adalah Pantai Karang Gantungan. Lokasinya ada di Jl. Surade-Ujung Genteng, Desa Pasiripis, Kec. Surade, Kab. Sukabumi, Jawa Barat.

 

10. Pasir Datar Indah

Pemandangan indah seperti di dalam lukisan terpatri dalam tempat wisata ini. Tertarik berkunjung? Yuk datang ke Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

11. Pantai Ombak Tujuh

Pasir putih Pantai Ombak Tujuh sayang untuk dilewatkan. Di pantai ini pengunjung bisa menikmati pecahan ombak ditemani ikan-ikan dan kepiting. Pantai Ombak Tujuh berlokasi di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

12. Kawah Ratu

Kawah Ratu menawarkan tempat wisata tidak biasa. Pasalnya pengunjung bisa membawa oleh-oleh belerang dari tempat ini. Kawah Ratu berlokasi di Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Kab. Bogor.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

 13. Bravo Adventure

Anda dan keluarga bisa menginap di glamping Bravo Adventure. Glamping yang ditawarkan sangat nyaman seperti hotel bintang 5. Lokasi Bravo Adventure ada di Kampung Bantarselang, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

14. Pantai Cimaja

Ombak Pantai Cimaja bisa mencapai ketinggian 4 meter. Untuk anda para peselancar segara datang ke Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

15. Bukit Karang Para

Bebatuan karang dengan alam yang hijau berpadu dengan pemandangan perkampungan tradisional menjadi nilai tambah dari Bukit Karang Para. Bukit ini berlokasi di Desa Kebon Manggu, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

16. Curug Cikaso

Berikutnya ada Curug Cikaso yang memiliki tiga air terjun mengalir secara berdampingan. Penasaran seperti apa indahnya? Langsung saja datang ke Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

 Ilustrasi

Curug Cikaso, Sukabumi

17. Kampung Adat Ciptagelar

Kampung Adat Ciptagelar akan membawa pengunjungnya menikmati suasana masa lalu pedesaan yang masih asri. Selain bangunan, suasananya juga sangat kental dengan pedesaan jaman dulu. Kampung Adat Ciptagelar berlokasi di Kampung Sukamulya Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

18. Pantai Cicaladi

Sukabumi sepertinya identik dengan pantainya yang indah. Tak hanya pantai, pengunjung juga bisa berswafoto di tebing Pantai Cicaladi. Lokasi Pantai Cicaladi ada di Cicaladi, Sukatani, Surade, Sukatani, Surade, Sukabumi, Jawa Barat.

19. Gua Buniayu

Menyusuri gua bisa menjadi salah satu kegiatan paling menyenangkan. Tak perlu khawatir, pengunjung akan dilengkapi dengan keamanan bertarak profesional tinggi. Gua Buniayu terletak di Cipinang, Desa Kerta Angsana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

20. Tebing Panenjoan

Anda bisa melihat indahnya pemandangan Geopark Ciletuh dari atas Tebing Panenjoan. Tak hanya itu saya, pemandangan sawah serta serta air terjun juga turut memanjakan mata. Tebing Panenjoan berlokasi di Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

21. Curug Awang

Air terjun Niagara kini ada di Sukabumi? Wah siapa sangka Sukabumi juga memiliki air terjun indah mirip air terjun Niagara yang berlokasi di Curug Awang Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

22. Gunung Tumpeng

Tidak perlu jauh-jauh ke Labuan Bajo untuk berfoto di tengah-tengah bukit yang sangat ikonik itu. Sukabumi ternyata juga menyajikan pemandangan serupa, loh! Gunung Tumpeng ada di Cibodas, Kec. Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

23. Karang Aji Beach Villa

Karang Aji Beach Villa menawarkan dua keindahan sekaligus yaitu penginapan dengan arsitektur instagramable serta lain yang sangat menghipnotis. Karang Aji Beach Villa berlokasi di Jl. Raya Cisolok KM 20-22, 10310 Cisolok, Sukabumi.

24. Curug Cimarinjung

Curug Cimarinjung menjadi salah satu curug paling yang sayang untuk dilewatkan. Di curuk ini anda bisa berswafoto menampakan seolah-olah sedang berada di Jurassic Park. Lokasi Curug Cimarinjung ada di Kampung Cimarinjung, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

25. Situ Gunung Suspension Bridge

Saat berkunjung ke Sukabumi sayang sekali jika tidak bertandang ke Situ Gunung Suspension Bridge. Pengunjung bisa mengabadikan momen di atas jembatan yang panjangnya sekitar 250 meter. Situ Gunung Suspension Bridge berlokasi di Jl. Kadudampit, Gede Pangrango, Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat.

 Ilustrasi

26. Curug Cigangsa

Curug Cigangsa menjadi salah satu curug yang tak boleh terlewatkan. Keunikan dari curug ini yaitu airnya yang mengalir melalui tiga tebing tinggi. Lokasi Curug Cigangsa ada di Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

27. Danau Bacan

Danau Bacan dulunya adalah sebuah galian tambang. Setelah sekian lama terisi oleh air hujan kemudian membentuk sebuah danau indah bernama Danau Bacan. Danau ini berlokasi di Desa Bojong, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Sudah membuat rencana berlibur ke Sukabumi. Yuk, ajak orang tersayang menikmati indahnya alam Sukabumi.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini