Share

Viral Ratusan Buaya 'Invasi' Pantai Bikin Ngeri, Ternyata Ini Faktanya

Sri Latifah Nasution, Jurnalis · Selasa 20 September 2022 00:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 19 406 2670377 viral-ratusan-buaya-invasi-pantai-bikin-ngeri-ternyata-ini-faktanya-vuG6RX9ach.JPG Invasi ratusan buaya di sebuah pantai Amerika Selatan (Foto: Instagram/@pantanal.pesca)

SEBUAH rekaman video viral memperlihatkan ratusan buaya 'menginvasi' Pantai Sandy di Amerika Selatan. Video ini lantas memunculkan pertanyaan besar, apa yang terjadi sebenarnya.

Melansir News.com.au, rekaman yang pertama kali dibagikan oleh akun dengan nama pengguna @RAF_Valerie, belum lama ini menunjukkan ratusan predator buas itu berkumpul di pantai laiknya ikan sarden.

“Di Brasil, invasi buaya yang telah membanjiri salah satu pantai dengan ratusan, bahkan ribuan, dan membuat penduduk sekitar panik. Apakah hewan mengkhawatirkan sesuatu? Gunung berapi atau gempa bumi sedang bersiap?”

Rekaman tersebut dengan cepat menjadi viral dan ditonton lebih dari 10 juta kali, memicu pertanyaan legitimasi 'invasi' buaya.

Invasi Buaya

(Foto: Twitter)

Pemeriksaan fakta oleh detektif internet, termasuk situs Newsweek telah membongkar video tersebut, mengeksposnya sebagai potensi tipuan. Hampir setiap detail mungkin, sampai batas tertentu, salah atau disalahartikan.

Mengutip ahli zoologi Kanada, diyakini banyak reptil yang bukan buaya sama sekali, melainkan caiman, lebih dekat hubungannya dengan aligator.

Penerbit lifestyle, Brobible menyebut, rekaman tersebut sebenarnya berasal dari tepian Sungai Pantanal Wetlands di Brasil.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

“Video viral yang menunjukkan 'invasi buaya' di Brasil yang membuat penduduk setempat 'panik' hanyalah video alam keren yang disalahartikan,” sebutnya.

Rekaman tersebut bukanlah rekaman baru. Ini pertama kali muncul di Instagram, diposting oleh perusahaan periklanan Brasil Pantanal Pesca, hampir sebulan yang lalu, namun kembali viral pekan ini. Adapun kejadian diklaim detektif lokal sebagai kejadian yang tidak biasa.

World Wildlife Fund dalam sebuah jurnal menjelaskan, Pantanal Wetlands adalah habitat bagi sekitar 10 juta caiman dan menunjukkan bahwa kumpulan sebesar ini bukanlah sesuatu yang jarang terjadi.

Tidak terdapat pula bukti yang menunjukkan tindakan vulkanik atau gempa bumi di daerah tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini