Share

5 Fakta Pantai Ngungap di Yogyakarta, Tak Hanya Indah tapi Menyimpan Kisah Mistis

Wiwie Heriyani, Jurnalis · Senin 19 September 2022 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 19 408 2670301 5-fakta-pantai-ngungap-di-yogyakarta-tak-hanya-indah-tapi-menyimpan-kisah-mistis-ZW2XevmrBk.JPG 5 fakta Pantai Ngungap di Yogyakarta (Foto: Instagram/@Syammr)

5 FAKTA Pantai Ngungap di Yogyakarta akan dibahas pada artikel kali ini. Yogyakarta memang memiliki daya tarik tersendiri.

Keindahan wisata alamnya membuat rindu dan candu. Salah satunya keindahan pantai-pantai eksotis dengan ombaknya yang menderu.

Tak hanya memiliki pantai-pantai eksotis yang kerap masuk bucketlist , Yogyakarta juga memiliki pantai-pantai tersembunyi yang wajib Anda kunjungi. Salah satunya yakni Pantai Ngungap.

Meski belum banyak dikenal, Pantai Ngungap yang berlokasi di Gunung Kidul ini punya pemandangan indah dan cantik.

Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui lebih banyak soal Pantai Ngungap, berikut beberapa faktanya, sebagaimana dikutip Okezone dari laman Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta.

Infografis Pantai Indrayanti

1. Asal mula nama Pantai Ngungap

Asal mula nama Ngungap sendiri berasal dari kata 'Ngungak' dari masyarakat lokal. Arti kata Ngungak adalah menengok, yang maknanya untuk melihat keindahan pantai, seseorang harus menengok ke bawah. Agar penyebutan nama pantai lebih enak dan familiar, maka digunakanlah nama Pantai Ngungap.

2. Berbatasan langsung dengan Samudera Hindia

Tak seperti pantai pada umumnya, Pantai Ngungap memang tidak memiliki pasir putih. Namun, sebagai gantinya, Anda akan menemukan pantai dengan tebing dan karang yang tinggi. Pasalnya, pantai Ngungap merupakan pantai yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

3. Lokasi Pantai Ngungap

Pantai Ngungap secara administratif berada pada Desa Pucung, Kecamatan Girisuba, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Jika Anda datang dari pusat Kota Jogja, Anda harus menempuh sekitar 2-3 jam untuk sampai ke pantai ini. Meski butuh waktu yang panjang, namun Anda akan mendapat gantinya dengan pemandangan yang menakjubkan.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

4. Pemandangan anti mainstream

Untuk Anda yang mendambakan tempat yang tenang, damai, dan jauh dari keramaian, pantai ini bisa jadi pilihan yang tepat. Pantai Ngungap menawarkan surga yang tersembunyi, dan pemandangan indah yang anti mainstream.

Pantai ini masih asri dan aman dari berbagai tangan jahil. Jadi jangan heran, pemandangannya masih segar seperti pantai yang belum terjamah. Anda bisa membawa makanan sendiri jika tak ingin kebingungan untuk mencari kudapan sembari menikmati pemandangan.

Uniknya lagi, Anda juga bisa menemukan goa kecil di antara tebing yang menjadi tempat tinggal burung walet. Jika beruntung, Anda bisa melihat langsung burung sate yang terbang di sekitar pantai.

Infografis Pantai Cantik Tulungagung

5. Bernuansa mistis

Di balik keindahannya, Pantai Ngungap ternyata memiliki sisi mistis tersendiri yang mungkin membuat pengunjung berpikir dua kali untuk datang.

Konon masyarakat setempat menganggap pantai ini sebagai tempat di mana Ratu Roro Kidul sering muncul. Tak hanya itu, ada batu besar yang dikeramatkan oleh penduduk setempat yang ada di sekitar pantai tersebut.

Untuk menghormati adat masyarakat setempat, ada baiknya Anda bersikap sopan dan melakukan hal yang dilarang. Menghormati budaya lokal juga termasuk sebagai salah satu adab baik yang harus diketahui oleh wisatawan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini