Share

Mengenal Kampung Pitu, Desa Misterius yang Hanya Bisa Dihuni 7 Keluarga

Wiwie Heriyani, Jurnalis · Senin 19 September 2022 21:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 19 408 2670331 mengenal-kampung-pitu-desa-misterius-yang-hanya-bisa-dihuni-7-keluarga-n2MkUpvxUH.JPG Salah satu rumah warga Kampung Pitu, DIY (Foto: Instagram/@jogjaku)

KAMPUNG Pitu, desa misterius yang hanya bisa dihuni 7 keluarga ini selalu memantik rasa penasaran.

Tak dipungkiri jika Yogyakarta terkenal dengan wisata alamnya yang menarik, namun juga memiliki budaya leluhur yang unik.

Salah satunya, desa atau kampung yang memiliki cerita mistik, namun di baliknya memiliki jutaan daya tarik.

Desa bernama Kampung Pitu tersebut berlokasi di puncak sisi timur gunung api purba, salah satu gunung yang terkenal di Yogyakarta, yang berada di Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Gunungkidul, DIY.

Nama Kampung Pitu menggambarkan isi kampung ini sendiri, yakni hanya dihuni sama 7 Kepala Keluarga (KK) saja. Aturan ini sudah ada sejak zaman dahulu dan terus dijaga secara turun temurun.

Infografis Tempat Paling Misterius di Dunia

Percaya tidak percaya, menurut mitos yang beredar, jika aturan tersebut dilanggar, atau jika satu rumah dihuni lebih dari 7 orang, maka salah satu dari mereka bisa meninggal dunia.

Bahkan, pada suatu hari sempat disebut ada orang dari luar Kampung Pitu yang tiba-tiba meninggal karena ngeyel ingin tetap bermukim di Kampung Pitu.

Selain itu, konon, hanya mereka yang terpilih saja yang sanggup alias tidak semua orang dapat betah dan kuat tinggal di Kampung Pitu. Tak ada yang tahu pasti asal usul berdirinya kampung ini. Namun, yang pasti kampung ini berawal dari sayembara yang diadakan keraton Yogyakarta.

Isi sayembara tersebut menyebutkan, siapa yang mampu dan kuat menjaga pohon pusaka kinah gadung wuluh di puncak Gunung Api Purba, akan diberikan tanah untuk ditinggali beserta anak cucu, namun hanya boleh sampai 7 keluarga saja.

Saat itu, sayembara dimenangkan oleh Mbah Iro Dikromo, yang jadi penghuni pertama Kampung Pitu bersama keluarganya.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Seiring berjalan waktu, keturunan Mbah Iro Dikromo semakin banyak namun peraturan harus 7 keluarga yang tinggal di Kampung Pitu tetap dijaga. Jika ada anak cucu yang kemudian berkeluarga sendiri maka mereka harus tinggal di daerah lain.

Jika aturan tersebut dilanggar, penghuni Kampung Pitu percaya nyawa bisa jadi taruhannya. Misalnya, salah satu keluarga bisa sakit-sakitan, sering cek-cok dengan tetangga sehingga penghuni tidak betah dan ingin pindah. Dan yang mengerikan, salah satu anggota keluarga di Kampung Pitu bisa meninggal dunia secara mendadak.

Namun, di luar mitos mistik yang beredar tersebut, yang jelas Kampung Pitu tetap boleh Anda kunjungi asal tidak menetap di sana. Puncak Kampung Pitu merupakan lokasi berburu sunrise dan sunset terbaik karena pemandangannya yang luar biasa indah.

Infografis Gua Penuh Misteri di Indonesia

Di atas puncak Kampung Pitu Anda bisa menikmati indahnya Gunung Api Purba sisi barat dan Embung Nglanggeran dari ketinggian yang sangat cocok bagi sobat healing.

Meski begitu, bagi Anda yang mau ke Kampung Pitu, disarankan harus ekstra hati-hati karena rutenya yang penuh tanjakan curam dan jalanan betonnya yang sangat licin.

Namun, sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi pemandangan Gunung Api Purba yang sangat indah, berpadu dengan persawahan yang hijau menyegarkan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini