Share

5 Fakta Menarik Kapel St George, Tempat Peristirahatan Terakhir Ratu Elizabeth II

Ajeng Wirachmi, Jurnalis · Senin 19 September 2022 15:42 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 19 408 2670579 5-fakta-kapel-st-george-tempat-peristirahatan-terakhir-ratu-elizabeth-ii-Q4y8vfaYFg.JPG Kapel St George, tempat peristirahatan terakhir Ratu Elizabeth II (Foto: Instagram/@youcancallmeemimi)

JENAZAH Ratu Elizabeth II akan dimakamkan di Kapel St George yang berada di Kastil Windsor, timur London pada hari ini, Senin (19/9/2022).

Bukan hanya Ratu Elizabeth II, jenazah sang suami, Pangeran Philip yang meninggal pada 2021 silam juga dimakamkan di sana. Terdapat lima fakta menarik terkait Kapel St George yang merupakan tempat peristirahatan terakhir sang ratu. Berikut Okezone rangkumkan 5 di antaranya:

Bagian dari Kastil Windsor

Mengutip informasi yang ada di laman Ensiklopedia Britannica, Kapel St. George merupakan bagian dari Kastil Windsor yang berada di Berkshire, Inggris.

Kapel ini termasuk bangunan yang sangat tua, yakni berdiri di tahun 1528. Meskipun demikian, pembangunan awalnya mulai dilakukan pada tahun 1483 dan desainnya dipesan langsung oleh Raja Edward IV.

Infografis Kastil Balmoral

Bangunan termewah di Inggris

Kapel St. George menjadi salah satu bangunan termewah di Inggris yang mengusung tema perpendicular dari gaya arsitektur gothic. Bangunannya sendiri terbuat dari batu pasir ringan yang sangat ikonik pada masa itu.

Terdapat ruang bawah tanah

Pada abad ke-19, Kapel St. George mengalami renovasi besar-besaran. Ketika itu pula, kapel ini memiliki ruang bawah tanah baru bernama Royal Vault.

Di ruangan itulah, jasad mendiang Pangeran Philip dimakamkan, yang nantinya akan berdampingan dengan sang istri, Ratu Elizabeth II. Royal Vault sendiri adalah sebuah ruang pemakaman yang memiliki lemari besi khusus. Anggota senior kerajaan akan diistirahatkan di lokasi ini, ketika meninggal dunia kelak.

Venue pernikahan Pangeran Harry dan Megan Markle

Kapel St George juga pernah menjadi tempat Pangeran Harry dan Megan Markle melangsungkan pernikahan pada 19 Mei 2018 silam.

Benda klasik abad pertengahan

Satu hal unik yang dimiliki kapel ini adalah keberadaan pedang, helm, dan lambang-lambang terkenal pada abad pertengahan yang diletakkan di tempat grup paduan suara. Kapel ini juga dilengkapi dengan jendela-jendela besar beserta kaca patri khas abad ke-15 dengan atap besar.

Berbagai acara penting diadakan di tempat ini, mulai dari acara pernikahan hingga pemakaman. Bahkan, Kapel St. George menjadi lokasi pemakaman banyak anggota Kerajaan Inggris. Sebut saja Ratu Mary, Ratu Alexandra, Raja Charles I, Raja Edward VII, Raja George V, dan Ratu Elizabeth II.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini