Share

6 Rahasia Pilot yang Tak Diketahui Banyak Orang, Ada Kamar Khusus Bareng Pramugari

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Rabu 21 September 2022 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 20 406 2671337 6-rahasia-pilot-yang-tak-diketahui-banyak-orang-ada-kamar-khusus-bareng-pramugari-OW9lbbwhoO.jpg Ilustrasi pilot (Pixabay)

MENGULAS 6 rahasia pilot yang tak diketahui banyak orang. Dalam dunia penerbangan memang kerap kali ditemukan hal-hal yang tak terduga.

Tak hanya pramugari, pilot juga diketahui memiliki rahasia yang tak banyak diketahui penumpang pesawat. Rahasia itu tidak membahayakan keselamatan, tetapi beberapa informasi yang diketahui oleh pekerja yang bekerja di industri ini mungkin mengejutkan bagi kebanyakan penumpang.

Melansir dari FinanceBuzz, berikut deretan rahasia pilot yang tak diketahui banyak orang.

1. Ada tempat rahasia untuk tidur

Terbang selama lebih dari 12 jam berturut-turut jelas akan menyebabkan kelelahan, tetapi beberapa penumpang mungkin merasa tidak nyaman melihat pilot tidur siang. Oleh sebab itu, crew rest compartments (CRC) sering disembunyikan di dalam pesawat.

CRC ini menawarkan tempat kecil yang ringkas untuk bersantai dan beristirahat dalam penerbangan panjang bagi para pilot dan pramugari. Mayoritas pesawat akan memiliki satu ruang untuk kru dan satu lagi untuk pilot beristirahat.

Hal itu tergantung pada jenis pesawat, kompartemen ini mungkin terletak di atas atau di bawah kabin penumpang dan memiliki tempat tidur kecil juga tirai untuk mencegah cahaya dan suara.

2. Menggunakan autopilot

Sebagian besar penumpang menyadari bahwa pesawat menggunakan autopilot setidaknya untuk beberapa waktu, terutama pada penerbangan jarak jauh. Namun, sebenarnya berapa banyak waktu autopilot digunakan selama penerbangan biasa.

Umumnya, autopilot diaktifkan segera setelah lepas landas dan tetap menyala hingga sesaat sebelum mendarat jika segala sesuatu berjalan lancar. Seorang pensiunan kapten maskapai mengatakan kepada USA Today bahwa ia memperkirakan bahwa lebih dari 90 persen dari sebagian besar penerbangan diterbangkan dengan autopilot.

3. Melebih-lebihkan waktu pendaratan

Lantaran terbang bergantung pada banyak faktor, seperti mekanik pesawat, cuaca, dan lain sebagainya. Umumnya, maskapai penerbangan dapat menyesuaikan proyeksi waktu kedatangan penerbangan untuk menghindari keterlambatan pendaratan.

Ilustrasi

Beberapa penumpang mungkin pernah berada di beberapa penerbangan yang mengalami pesawat tiba lebih awal atau tepat waktu bahkan setelah penundaan yang lama saat lepas landas. Penumpang mungkin mengira kondisi terbang yang sangat baik atau keajaiban yang dilakukan pilot mengukur waktu perjalanan. Namun lebih tepatnya, maskapai menambahkan beberapa menit ekstra ke dalam jadwal penerbangan sehingga catatan kedatangan tepat waktu lebih baik.

4. Beberapa aturan keselamatan tidak masuk akal

Pilot mengakui bahwa ada beberapa aturan keselamatan di pesawat yang tidak masuk akal, termasuk kapan kru harus duduk dengan ikat pinggang terpasang.

Contohnya, ketika pesawat terbang hampir 40.000 kaki di udara dan melaju 400 mil per jam, pramugari diizinkan berjalan di lorong saat menyajikan makanan dan minuman panas, bahkan ketika ada turbulensi. Namun, mereka harus memasang ikat pinggang saat pesawat berada di darat dengan kecepatan sekitar lima mil per jam.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

5. Terbang dengan bahan bakar rendah

Lantaran maskapai penerbangan selalu berusaha menekan biaya serendah mungkin, pesawat mungkin hanya memiliki cukup bahan bakar untuk mencapai tujuan. Sebab, terbang dengan beban ekstra akan membakar bahan bakar lebih banyak.

Namun, jika cuaca buruk dapat menyebabkan pendaratan yang tidak direncanakan di bandara yang lebih dekat untuk mengisi bahan bakar.

Ilustrasi

6. Mode pesawat mungkin tidak sepenting yang dipikirkan

Pemahaman umum saat lepas landas adalah ponsel harus dialihkan ke mode pesawat agar tidak mengganggu sistem elektronik pesawat. Namun, pilot Patrick Smith mengatakan kepada majalah online Mic bahwa kecil kemungkinan komunikasi seluler akan benar-benar mengganggu peralatan kokpit.

Sebab, pesawat dirancang untuk menghindari gangguan apa pun. Meski begitu, lantaran secara teknis memungkinkan, penggunaan mode pesawat masih diperlukan hingga Federal Aviation Administration (FAA) mengeluarkan peraturan baru.

Di sisi lain, permintaan awak pesawat agar menyimpan perangkat elektronik saat lepas landas tidak terlalu berkaitan dengan kemungkinan gangguan dan lebih berkaitan dengan fakta bahwa perangkat elektronik dapat meluncur dari meja dan mengenai wajah sesama penumpang.

Demikian 6 deretan rahasia pilot yang tak diketahui banyak orang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini