Share

15 Wisata Taman Bunga Instagramable di Indonesia, Cocok Buat Refreshing dan Healing!

Najwa Avifah Octavia, Jurnalis · Rabu 21 September 2022 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 20 408 2671306 15-wisata-taman-bunga-instagramable-di-indonesia-cocok-buat-refreshing-dan-healing-xlP3NN7bJw.jpg Taman Bunga Nusantara di Puncak, Cipanas, Jawa Barat (Foto: Weebly)

MERASA lelah akibat pekerjaan dan segala aktivitas, ada baiknya Anda meluangkan waktu untuk liburan sejenak menikmati suasana yang asri. Menurut pakar psikologi berlibur ke tempat yang asri dan indah seperti taman bunga dapat menghilangkan stres serta mengembalikan suasana hati lebih baik.

Dengan Anda mengunjungi taman bunga, menjadi nilai plus karena bunga dikatakan sebagai simbol kasih sayang. Jadi Anda dapat berkunjung ke sini dengan rasa kasih sayang yang ganda bersama orang tersayang Anda.

Berikut rekomendasi destinasi taman bunga yang indah di Indonesia, cocok untuk refreshing maupun healing :

Taman Bunga Nusantara

Taman bunga Nusantara terletak di Jalan Mariwati No.KM. 7, Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Taman Bunga Nusantara memiliki luas lahan 35 hektar, dengan 23 hektar digunakan sebagai lahan bunga dan pohon berbunga.

Taman Bunga Nusantara ini dibangun pertama kali pada tahun 1992. Tujuan utama pembangunan taman ini diciptakan sebagai salah satu aset wisata berbasis agro nasional dengan skala Internasional.

Anda bisa mengunjungi taman bunga ini bersama keluarga. Di dalam Taman Bunga Nusantara ini terdapat juga taman bermain alam ‘Alam Imajinasi’, serta sebuah restoran dan ruang pertemuan. Tiket masuk Taman Bunga Nusantara Rp50.000/orang.

Ilustrasi

Taman Bunga Nusantara

Rainbow Garden Lembang

Rainbow Garden ini menjadi salah satu destinasi Favorit di Lembang Bandung bagi pecinta bunga. Suasana yang asri, sejuk dan tenang dapat Anda dapatkan di Rainbow Garden ini. Hamparan bunga warna-warni dan aroma wangi bunga-bungaan dapat memanjakan Anda.

Sesuai dengan namanya Rainbow Garden, taman ini ditumbuhi dengan berbagai macam jenis bunga. Penataan bunga yang dirancang warna-warni, membuat penampilannya sangat memanjakan mata. Keunikan di Rainbow Garden ini hampir 80% dari jumlah koleksi bunga dapat dimakan, jadi tidak perlu khawatir jika putra-putri Anda secara tidak sengaja mengambil dan memasukkan bunga ke dalam mulut.

Jika Anda menjadikan Rainbow Garden sebagai destinasi akhir pekan, kamu akan membayar tiket masuk Rp10.000/orang, dan untuk tiket Floating Market Lembang senilai Rp20.000/orang. Jangan lupa mengabadikan moment perjalanan Anda bersama orang tersayang.


Taman Bunga Amarilis

Taman Bunga Amarilis berada di Kabupaten Gunung Kidul, D.I Yogyakarta. Memiliki pekarangan bunga dengan luas sekitar 2.350 meter, dominan taman ini diisi dengan bunga amarilis sebanyak 500 bibit bunga.

Bunga amarilis bermekaran dengan sangat indah, warna merah merona bagaikan bunga tulip. Pemandangan ini mirip dengan taman bunga tulip populer di negara Belanda. Istimewanya lagi bunga amarilis ini hanya mekar satu tahun sekali, diperkirakan bunga ini akan bermekaran sekitar bulan November dan awal bulan Desember.

Ilustrasi

Taman Bunga Amarilis

Keindahan bunga amarilis tidak hanya menarik pecinta bunga saja, namun taman ini memikat para pencari spot foto. Saat bermekaran sontak masyarakat akan terus berdatangan melihat pemandangan tersebut.

Coban Talun

Coban Talun destinasi wisata yang kaya akan keindahan alam, yang terletak di Kota Batu Malang, Jawa Timur. Anda dapat menikmati wisata ini dengan menikmati suasana alam yang masih alami.

Taman bunga yang berada di Coban Talun ini memiliki berbagai macam jenis bunga. Keindahan bunga warna-warni sangat memikat para wisatawan. Banyak pula yang selfie dengan keindahan bunga tersebut, terlebih destinasi ini menjadi tempat favorite bagi kaula muda.

Tidak hanya taman bunga, di Coban Talun ini memiliki beberapa macam tempat wisata, ada air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 75 meter, Wahana Apache, pagupon (penginapan), dan bermacam –macam kuliner khas malang yang dapat dinikmati di Coban talun.

Kebun Raya Eka Karya Bali

Kebun Raya Eka Karya Bali, atau yang lebih dikenal dengan Kebun Raya Bedugul Bali karena letaknya yang berada di kawasan Bedugul. Destinasi ini menjadi salah satu destinasi wisata favorite keluarga dan wisatawan yang berkunjung ke Bali. Kebun Raya Bedugul memiliki luas tanah sebesar 157,5 hektar, yang menjadikan Kebun Raya Bedugul Bali ini terbesar di di Bali.

Di Kebun Raya Karya Bali ini terdapat lebih dari 2100 jenis tumbuhan yang sering dijadikan sebagai penelitian dan gudang keunikan genetika tumbuhan. Berada di ketinggian 1.240 meter dari permukaan laut,yang membuat suhu udara disini mencapai 12 derajat celcius pada malam hari dan 20 derajat celcius pada siang hari.

Jika Anda mengunjungi destinasi wisata ini, Anda akan disuguhkan tempat-tempat yang sangat indah dan menarik seperti, candi bentar, ramayana boulevard, kumbakarna laga statue, roses garden, lake beratan view, usada cafe dan traditional balinese house. Untuk tiket masuk destinasi ini sebesar Rp30.000/orang pada hari weekend dan weekday sebesar Rp20.000/orang.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Setiya Aji Flower Farm

Salah satu destinasi kebanggaan kota Semarang, terletak di Dusun Ngasem, Desa Jetis, Kecamatan Bandungan, Semarang – Jawa Tengah. Memiliki berbagai macam jenis bunga membuat tempat ini banyak didatangi untuk melihat indahnya bunga dengan berbagai macam warna, yang memikat mata yang melihat.

Jenis bunga cantik di Kebun Raya Setiya Aji Flower Farm, ada bunga krisan, bunga celosia, bunga matahari, dan lainnya. Terdapat juga fasilitas tambahan yang dapat dinikmati oleh wisatawan mulai dari tempat parkir, mushola, gazebo, warung makan, dan jasa foto yang dapat Anda pakai jika Anda ingin mendapatkan hasil foto yang lebih bagus.

Taman Bunga Cihideung

Jika kebun Raya Eka Karya Bali menjadi kebun raya terbesar di Bali, sedangkan Taman Bunga Cihideung ini menjadi taman bunga terbesar yang berada di kabupaten Bandung.

Taman Bunga Cihideung memiliki luas lahan sebesar 50 hektar, Anda dapat melihat berbagai macam jenis bunga di antaranya melati, mawar, anggrek, bougenville, bonsai dan berbagai bunga lainnya. Bunga di Cihideung ini tidak hanya dilihat saja, Anda juga dapat membelinya dan membawanya sebagai buah tangan.

Taman Bunga Mahoni Tomohon

Taman Bunga Mahoni Tomohon terletak di Kota Tomohon,Sulawesi Utara. Berada di bawah Gunung Lokon membuat destinasi Taman Bunga Mahoni, memiliki udara yang asri dan sejuk.

Destinasi wisata ini cukup menarik wisatawan lokal maupun wisatawan asing, untuk menikmati alam atau sekedar foto-foto buat keperluan media sosial. Tatanan bunga di tata dengan cantik, membuat pengunjung akan terpanah melihat keindahan dari beragam jenis dan warna pada bunga.

Ilustrasi

Bali Orchid Garden

Bagi Anda yang menyukai tanaman Anggrek cocok sekali berkunjung ke tempat yang satu ini. Orchid Garden Jl. Bypass Ngurah Rai No.mor 21X, Tohpati, Kec. Denpasar Tim., Kota Denpasar, Bali. Menjadi salah satu destinasi wisata yang memiliki koleksi lengkap berbagai jenis Anggrek yang ada di Bali.

Selain menjadi tempat wisata Bali Orchid ini juga sebagai salah satu wadah untuk melestarikan dan membudidayakan agar tidak punah. Bali Orchid Garden memiliki 800 jenis lebih bunga anggrek, dengan berbagai khas negara seperti Indonesia, Arab Saudi, Jepang, dan negara lainnya. Tidak hanya anggrek saja, Bali Orchid Garden juga memiliki jenis tanaman hias mahal seperti heliconia dan ginger, serta jenis bromelia yang berasal dari luar negeri

Taman Bunga Begonia

Taman yang satu ini mungkin sudah tak asing lagi bagi sobat milenial bandung. Lagi dan lagi tempat wisata datang dari lembang, bandung. Taman Bunga Begonia ini sangat memikat daya tarik pengunjung khususnya kaula muda.

Terdapat berbagai 50 jenis tanaman seperti, bunga Celosia, Geranium, Melampodium,Salvia, Cosmos, Gomphrena, Impatiens, Snapdragon, Dianthus, dan masih banyak jenis lainnya. Susunan bunga dengan cara pengelompokan baik jenis dan warna dapat memanjakan mata kita saat berkunjung ke Taman Bunga Begonia ini.

Kebun Bunga Matahari Kediri

Bunga matahari memang sangat indah untuk dipandang, memiliki warna dominan kuning membuat siapapun yang melihatnya akan mendapatkan energi dan kecerahan. Untuk Anda yang ingin menikmati beribu-ribu bunga matahari, dapat mengunjungi Kebun Bunga Matahari di Kediri.

Tempat ini sangat cocok untuk merefresh kejenuhan dan kelelahan Anda. Kegiatan terbaik di kebun bunga matahari dengan cara mengeksplor spot foto sebagai bentuk mengabadikan moment. Jangan lupa gunakan outfit terbaik Anda agar foto yang dihasilkan akan jauh lebih baik.

Taman Bunga Sakura Cibodas

Jika Anda ingin menikmati keindahan bunga sakura, tidak perlu repot untuk pergi ke negara Jepang. Anda berkunjung saja terlebih dahulu ke Taman Bunga Sakura yang berada, di dalam Kebun Raya Cibodas, Jawa Barat.

Taman Bunga Sakura Cibodas tidak kalah indahnya dengan negara Jepang. uniknya bunga sakura yang berada di Kebun Raya Cibodas berbunga dua kali dalam setahun, berbeda dengan Jepang yang hanya berbunga pada satu kali dalam setahun.

Kebun Raya Cibodas ini sangat cocok untuk Anda yang ingin berwisata menikmati keindahan alam dengan udara yang sejuk. Dengan harga tiket masuk sebesar Rp.16.500/orang Anda sudah dapat menikmatinya.

Gemitir Garden Bali

Gemitir Garden Bali ini memiliki daya pikat sendirinya bagi wisatawan. Taman bunga ini biasa dikenal dengan nama Taman Bunga Marigold. Lokasi Gemitir Garden terletak di Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, Bali.

Pemandangan yang cantik akan pesona bunga Marigold atau Calendula, bunga ini jenis bunga yang berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko. Uniknya dari bunga ini memiliki arti ‘sepanjang bulan’ karena bunga ini akan bermekaran tiap awal bulan.

Hamparan bunga Marigold yang bermekaran ditambah latar gunung Agung membuat pemandangan di Gemitir Garden ini sangat menawan. Tidak heran lagi jika kaula muda banyak yang mengunjungi tempat destinasi wisata ini.

Ilustrasi

Taman Bunga Sidomulyo

Taman Bunga Sidomulyo Terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. taman ini punya aneka ragam bunga dan tanaman hias. Anda Bisa menikmati pesonanya bunga atau membelinya langsung di lokasi.

Pemandangannya sungguh menakjubkan, hamparan bunga warna-warni dengan berlatar belakang Gunung Arjuno dan Pegunungan Putri Tidur. Udaranya sejuk sehingga pengunjung bisa betah berlama-lama disini.

Di daerah Sidomulyo banyak masyarakat yang memanfaatkan area pertanian dijadikan sebagai lahan untuk menanam bunga-bungaan. Tak heran banyak para penjual bunga bila di sepanjang Jalan Raya Desa Sidomulyo yang menghubungkan antara Kota Batu dan Kabupaten Mojokerto.

Taman Bunga Nusantara Cianjur

Destinasi Taman Bunga Nusantara Cianjur ini menjadi salah satu tempat wisata yang diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1995. Lokasi destinasi wisata ini ikonik dengan nuansa alamnya, lokasinya yang berdekatan dengan Gunung Gede membuat suasana tenang dan sejuk.

Taman Bunga nusantara ini terdapat bunga-bunga dengan ragam jenis dan warna yang berbeda. Tidak hanya itu, taman bunga ini juga memiliki beberapa spot wisata seperti, Maze Garden (taman labirin), Taman Air, Taman Mawar, Taman Palem, Taman Perancis, Rumah kaca, Taman Amerika, Taman Mediterania, Taman Jepang dan terdapat tempat makan di dalamnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini