Share

Miris! Ini 5 Negara yang Penduduknya Banyak Berumur Pendek

Cita Zenitha, Jurnalis · Rabu 21 September 2022 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 20 408 2671447 miris-ini-5-negara-yang-penduduknya-banyak-berumur-pendek-38D27r8KdW.jpg Warga korban konflik di Afrika Tengah (Reuters)

ADA 5 negara yang penduduknya punya umur pendek. Apa saja yang mempengaruhi intensitas kehidupan negara tersebut? Simak penjelasannya pada artikel berikut ini.

Ada berbagai faktor yang membuat masyarakat dalam suatu negara memiliki harapan hidup tinggi. Ketersedian bahan pangan, lapangan kerja, pendidikan dan lingkungan menjadi alasan masyarakat suatu negara hidup dengan baik.

Namun disamping itu ironisnya ada beberapa negara dengan harapan hidup rendah sehingga masyarakat rentan berumur pendek.

 BACA JUGA:Selain Indonesia, Ini 5 Negara Paling Percaya dengan Dukun

Melansir dari World Population Review, berikut 5 negara teratas yang memiliki harapan hidup rendah alias umur pendek.

1. Republik Afrika Tengah

Peringkat pertama dengan masyarakat berusia paling pendek adalah Republik Afrika Tengah. Rata-rata masyarakat Republik Afrika Tengah berusia 53,345 tahun.

Menurut World Population Review, korupsi, pemberontakan politik, kekurangan makanan serta otoritarianisme menjadi penyebab utama rendahnya angka harapan hidup.

 

2. Chad

Sedangkan peringkat kedua ada Chad dengan rata-rata berusia 54, 458 tahun. Pada tahun 2020 lalu populasi penduduk Chad meningkat sampai 16,43 juta.

Populasi Chat meningkat sebanyak 3,00% dari tahun 2019. Negara termiskin ini memiliki masalah kemiskinan, perang saudara serta risiko banjir yang menjadi faktor penurunan angka harapan hidup.

 BACA JUGA:5 Negara yang Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan Mancanegara, Berikut Daya Tariknya

3. Sierra Leone

Sierra Leone mungkin terdengar sangat asing di telinga. Negara yang berbatasan langsung dengan Guinea ini memiliki rata-rata usia 54,81 tahun. Populasi pertumbuhan penduduk di negara ini juga sangat tinggi, diperkirakan tahun 2030 mencapai 8 jutaan.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

4. Nigeria

Pertumbuhan populasi penduduk Nigeria bisa dikatakan terbesar di Afrika. Bagaimana tidak, melihat tingkat kelahiran tinggi diperkirakan tahun 2050 populasinya mencapai 401,31 juta orang. Sayangnya harapan hidup di Nigeria tergolong rendah dengan rata-rata usia tahun.

Populasi kelahiran yang terus meningkat namun dengan harapan hidup yang rendah menjadi permasalahan di negara ini.

 Ilustrasi

5. Lesotho

Lesotho menjadi salah satu negara termiskin yang penduduknya memiliki umur pendek. Diperkirakan rata-rata umur penduduk Lesotho mencapai 54,458 tahun. HIV dan AIDS menjadi masalah terbesar di negara tersebut. Bahkan Lesotho menjadi negara dengan prevalensi HIV tertinggi di dunia sebesar 24%.

Demikian 5 negara yang penduduknya punya umur pendek.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini