Share

4 Negara Habitat Buaya Terbesar di Dunia, Indonesia Termasuk Lho!

Nurul Amanah, Jurnalis · Rabu 21 September 2022 21:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 20 408 2671575 4-negara-habitat-buaya-terbesar-di-dunia-indonesia-termasuk-lho-6CS9TH3g6S.jpg Ilustrasi buaya (Freepik)

ADA 4 negara dikenal sebagai habitat buaya terbesar di dunia. Tentu saja Indonesia termasuk di dalamnya mengingat ada banyak sekali buaya hidup di sungai, danau, dan rawa-rawa di Tanah Air. Bahkan konflik buaya dengan manusia di beberapa daerah sangat tinggi.

Buaya salah satu reptil terbesar di dunia. Bahkan ada yang meyakini buaya sudah ada sejak zaman purba dan hidup bersama dinosaurus.

Buaya bisa berusia sampai puluhan tahun. Buaya termasuk hewan yang awet alias tidak mati karena penuaan. Tapi, reptile ini bisa mati karena kelaparan, terserang penyakit, atau dibunuh.

 BACA JUGA:Kisah Misteri Waduk Bunder, Tempat Jin Main Gamelan Dihuni Siluman Naga dan Buaya

Berikut 4 negara yang punya habitat buaya terbesar di dunia :

1. Afrika

Sungai Nil di Afrika merupakan salah satu habitat buaya terbesar di dunia. Buaya nil dikenal sebagai buaya terbesar kedua di dunia setelah buaya air asin. Buaya nil sangat ganas, agresif dan paling berbahaya. Buaya nil banyak ditemukan di Afrika maupun Pulau Madagaskar.

 

2. Indonesia

Buaya muara atau buaya bekatak (crocodylus porosus) merupakan buaya terbesar sekaligus terpanjang di dunia. Disebut juga buaya air asin, jenis buaya ini sangat banyak di Indonesia. Mereka banyak hidup di sungai-sungai yang dekat dengan laut.

Moncong spesies ini cukup lebar dan tidak punya sisik lebar pada tengkuknya. Masih panjang tubuh termasuk ekor bisa mencapai 12 meter seperti yang pernah ditemukan di Sangatta, Kalimantan Timur.

 BACA JUGA:Menguak Misteri Sepasang Buaya Putih Penunggu Sungai Mahakam, Jelmaan Siluman?

Ada pula buaya Kalimantan yang menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan buaya kalimat dalam beberapa kesempatan terlibat dalam pembuatan film dokumenter skala internasional. Selain cerita mitos yang dimiliki oleh buaya kalimantan, buaya ini juga terkenal dengan ukurannya yang tergolong sangat besar.

Hampir sama seperti buaya muara, buaya kalimantan juga memiliki sifat yang sangat ganas. Dalam suatu waktu, buaya kalimantan melakukan penyerangan kepada masyarakat yang sedang beraktivitas di sungai.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

3. Kolombia

Buaya kolombia bernama Orinoco adalah spesies buaya besar dengan moncong yang relatif memanjang dan warna cokelat pucat dengan marking coklat tua yang tersebar. Mereka utamanya tinggal di Cekungan Orinoco. Sayang saat ini dinyatakan terancam punah.

 Ilustrasi

4. Australia

Di sini juga menjadi habitat buaya muara. Buaya muara sendiri juga termasuk ke dalam jenis buaya yang sangat ganas dan buas. Jenis reptil ini sangat mudah terganggu apabila ada hewan lain yang memasuki daerah kekuasaannya.

Berdasarkan data yang didapatkan oleh IUCN pada tahun 2000 dan 2007, buaya muara telah melakukan serangan terhadap 30 orang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini