Share

Industri Pariwisata Kian Diminati Kaum Milenial, Sandiaga Targetkan 4,4 Juta Lapangan Kerja

Antara, Jurnalis · Kamis 22 September 2022 01:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 21 406 2671753 industri-pariwisata-kian-diminati-kaum-milenial-sandiaga-targetkan-4-4-juta-lapangan-kerja-0TmT164uE3.JPG Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno (Foto: Kemenparekraf)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan, industri pariwisata semakin diminati termasuk oleh generasi muda sehingga perkembangan sektor itu ke depan akan semakin membaik.

"Salah satu indikasi diminatinya industri pariwisata oleh generasi muda dilihat dari pendidikan pariwisata yang sudah menempati peringkat ke-4 bidang keahlian dengan peserta didik terbanyak," ujarnya saat Rapat Koordinasi Nasional ke-6 SMK Pariwisata se-Indonesia Tahun 2022 di Poltek Pariwisata, dMedan, mengutip laman Antara.

Sandi menjelaskan, data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengungkapkan, jumlah SMK yang memiliki bidang keahlian pariwisata tercatat sebanyak 2.297 sekolah.

Destinasi Wisata Super Prioritas

"Semakin banyaknya sekolah dengan keahlian pariwisata dan siswanya menunjukkan bahwa masyarakat sudah melihat dan merasakan bahwa sektor itu menjanjikan peluang banyak dan besar," kata dia.

Data juga menunjukkan bahwa penyerapan tenaga kerja lulusan pariwisata juga meningkat pesat.

Kemenparekraf sendiri, lanjut Sandi, menargetkan 4,4 juta lapangan kerja baru pada sektor pariwisata hingga 2024.

"Adapun hingga akhir tahun diyakini 1,1 juta lapangan kerja baru bakal tercipta di sektor pariwisata," papar dia.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif menjadi salah satu pilar pembangunan yang mendorong kemajuan sosio-ekonomi nasional.

Sementara, Plt Direktur Politeknik Pariwisata Medan, Ngatemin berujar bahwa penyelenggaraan Rakornas SMK Pariwisata diselenggarakan di bawah koordinasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sejak 2015.

Hal itu dilatarbelakangi sebuah kesadaran bersama bahwa ekosistem pendidikan vokasi pariwisata harus terus dijaga dengan harapan dapat menghasilkan lulusan SDM yang bekerja dan berwirausaha di industri pariwisata dan ekonomi kreatif.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini