Share

Misteri Langsuir, Hantu Cantik Pengisap Darah yang Melegenda di Negeri Jiran

Rina Anggraeni, Jurnalis · Minggu 25 September 2022 21:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 23 406 2673860 misteri-langsuir-hantu-cantik-pengisap-darah-yang-melegenda-di-negeri-jiran-Z5QWEKvsv1.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

LANGSUIR atau langsuyar dikenal sebagai hantu pengisap darah yang melegenda di Malaysia. Menurut cerita, langsuyar berasal dari roh wanita yang meninggal saat hamil atau melahirkan.

Wujudnya digambarkan sebagai perempuan cantik, rambut panjang, kuku panjang, dan memakai jubah putih atau hijau.

Hantu ini mirip dengan vampir dan mencari darah orang hidup. Favoritnya adalah bayi laki-laki yang baru lahir.

 

Konon, langsuir bisa berubah menjadi burung hantu untuk bepergian atau bahkan menguntit orang. Mereka juga bisa terbang dalam bentuk manusia, sering menjerit seperti banshee.

Ketika langsuyar tidak memakan darah manusia, Anda mungkin menemukannya bertengger di pohon, dalam bentuk manusia, atau mungkin berkeliaran di pantai sambil memakan ikan.

Pendapat lain mengatakan bahwa hantu langsuir penghisap darah adalah jelmaan dari arwah gentayangan seorang wanita korban pembunuhan. Pembunuhan terjadi selepas wanita tersebut melahirkan sang buah hati.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Dalam kasusnya, ada seorang dukun desa bernama Ramli Yusof menangkap empat langsuyar yang meneror penduduk desa setempat di distrik Pasir Puteh di Kelantan, Malaysia di tahun 2013. Laporan itu berisikan seorang wanita berambut panjang terbang di malam hari dan jeritan berhenti setelah dukun menangkap langsuyar.

 Ilustrasi

Untuk itu mencegah ibu yang baru meninggal menjadi langsuyar, orang-orang Malaysia telah mengembangkan protokol: telur ayam diletakkan di bawah ketiak masing-masing, jarum di telapak tangan masing-masing, dan manik-manik kaca ditempatkan di mulutnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini