Share

Mengenal Madain Shaleh, Kota Terkutuk yang Durhaka kepada Nabi

Novie Fauziah, Jurnalis · Minggu 25 September 2022 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 23 408 2673629 mengenal-madain-shaleh-kota-terkutuk-yang-durhaka-kepada-nabi-FF46nCl7P7.jpg Madain Shaleh di Arab Saudi (Lonely Planet)

MADAIN SHALEH merupakan kota yang dihuni oleh kaum Tsamud. Bangsa Tsamud durhaka kepada ajaran Nabi Shaleh yang diutus oleh Allah SWT kepada mereka. Sebagai hukumannya, Allah menghancurkan kota itu dan orang-orangnya binasa seketika.

Madain Shaleh disebut juga dengan Al-Hijr atau Hegra salah satu kota terkutuk yang diabadikan dalam Alquran. Disebut terkutuk karena kota tersebut pernah diazab Allah karena warganya menyembah berhala dan ingkar kepada Nabi Shaleh.

 BACA JUGA:Mengenang Perang Uhud di Masjid Sayid Al-Syuhada, Landmark Bersejarah di Madinah

Madain Shaleh lokasinya berada dekat situs Al-Ula, sekarang masuk dalam Provinsi Madinah, Arab Saudi. Karena punya nilai sejarah yang tinggi, Hegra diakui sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada 2008.

Madain Shaleh pernah berjaya dan mencapai kemajuan pesat. Bangsa Tsamud yang dikenal cerdas berhasil membangun kota itu dengan arsitektur megah. Mereka juga sangat sukses dengan pertanian, peternakan, hingga perdagangan.

 Ilustrasi

Madain Shaleh

Tapi, kaum Tsamud punya akhlak yang buruk dan tak mensyukuri segala nikmat. Mereka terlena dengan kesombongan. Gaya hidupnya penuh foya-foya, mabuk-mabukan, berzina hingga melakukan tindak kejahatan.

 BACA JUGA:Hore! Arab Saudi Kini Percepat Pertumbuhan Pariwisata

Pada akhirnya, Allah SWT menurunkan Nabi Saleh untuk mengajak kaum Tsamud beriman kepada Allah, meninggalkan menyembah berhala dan segala kemaksiatan. Sebagaimana tertulis dalam Alquran Surah Hud Ayat 61.

“Hai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada bagimu Tuhan selain Dia. Dia telah menciptakan kamu dari bumi (tanah) dan menjadikan kamu pemakmurnya. Karena itu, mohonlah ampunan-Nya, kemudian bertaubatlah kepada-Nya, Sesungguhnya, Tuhanku amat dekat rahmat-Nya lagi memperkenankan doa hamba-Nya.”

Tapi, ajakan tobat oleh Nabi Shaleh tak dihiraukan kaum Tsamud. Mereka meremehkan dakwah Nabi Shaleh. Kaum Tsamud menantang Nabi Shaleh agar mengeluarkan unta betina dari balik gunung.

Nabi Shaleh dengan mukjizat dari Allah berhasil mengeluarkan unta dari balik gunung, kemudian menyerahkan ke kaumnya agar menjaga unta itu. Tapi, dasar kaum Tsamud durhaka, mereka malah menyembelih unta itu.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Karena segala perintah dan ajaran Nabi Shaleh tak ada yang mereka taati, akhirnya Allah pun murka kepada mereka. Allah menurunkan azab-Nya berupa gempa bumi dahsyat dan petir yang menghancurkan Madain Shaleh serta membinasakan kaum Tsamud.

Lenyaplah segala peradaban kaum Tsamud. Sekarang sisa kejayaan mereka masih terlihat dari bangunan-bangunan kota yang dipahat dengan arsitektur unik yang masih berdiri di Madain Shaleh.

 Ilustrasi

Pemerintah Arab Saudi sekarang ingin menghidupkan kembali Madain Saleh sebagai destinasi wisata sejarah. Tentu saja rencana itu menuai pro dan kontra, karena wilayah itu sangat dihindari oleh Nabi Muhammad SAW.

Rasulullah SAW bersabda “Janganlah kalian memasuki daerah umat yang diazab itu kecuali sambil menangis. Jika kalian tidak bisa menangis, jangan memasuki daerah mereka. Jangan sampai adzab yang menimpa mereka, menimpa kalian.” (HR. Bukhari 433).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini