Share

Qantas Airlines Tuai Kecaman Gara-gara Hilangkan Menu Vegetarian

Prisca Arianto, Jurnalis · Minggu 25 September 2022 03:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 24 406 2673998 qantas-airlines-tuai-kecaman-gara-gara-hilangkan-menu-vegetarian-ADVsmsjGjf.jpg Ilustrasi pesawat (dok. Freepik)

QANTAS Airlines Limited membuat heboh telah membuang menu vegetariannya di beberapa penerbangan domestik.

Keputusan itu menyebabkan kecemasan beberapa penumpang. Salah satu penumpang setia Qantas mengungkapkan melalui Twitter, rasa frustrasinya setelah dia hanya ditawari pai ayam dalam penerbangan dari Adelaide ke Sydney.

Hal tersebut membuat maskapai memutuskan untuk meningkatkan variasi non dagingnya sejak itu, setelah mengikuti umpan balik pelanggan dalam beberapa hari terakhir.

Mengutip dari news.com.au, Juru bicara Qantas mengatakan bahwa maskapai membuat beberapa perubahan pada penawaran makanan dan layanan di dalam pesawat selama Covid untuk menyederhanakan pengiriman layanan untuk kru.

infografis

Namun, dalam beberapa minggu mendatang Qantas akan membawa makanan vegetarian di semua penerbangan domestik di bawah 3,5 jam dan tanpa kecuali.

"Kami telah mendengar pesan dengan jelas tentang adanya penawaran vegetarian di semua penerbangan kami, jadi kami menjadikan perubahan itu sebagai prioritas,” Manajer Eksekutif Produk dan Layanan Qantas, Phil Capps mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Itu terjadi setelah keluhan penumpang menjadi viral dan menandai maskapai dalam tweet tentang bagaimana dia hanya memiliki satu pilihan makanan di dalam penerbangan domestik.

"Perubahan pada layanan kami selama Covid dan kami masih dalam proses mengembalikan dan memperbarui yang lain.", sambungnya.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

“Ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk mengembalikan Qantas ke performa terbaiknya dan itu termasuk mendengarkan masukan dari pelanggan kami saat kami terus berinvestasi dalam produk dan layanan kami.”

“Jika opsi penerbangan tertentu tidak cocok untuk vegetarian, kami mencoba menawarkan alternatif camilan kecil manis atau gurih yang vegetarian,” kata juru bicara itu, Selasa.

Misalnya untuk layanan makan malam, Qantas mengatakan zucchini dan jagung goreng dapat dibawa ke dalam pesawat selain paha ayam dan daun bawang.

Qantas juga akan memperkenalkan kembali buah segar di kapal, yang dihentikan sementara selama pandemi dan karena tingkat pemborosan yang tinggi.

“Saya diberi tahu bahwa @Qantas tidak lagi menyajikan makanan vegetarian di penerbangan domestik (kecuali Perth),” tulis penumpang setia dan aktivis lingkungan Jon Dee di Twitter awal pekan ini.

“Apakah Alan Joyce sengaja mencoba menjatuhkan @Qantas ke tanah? Maskapai macam apa yang berhenti menawarkan makanan vegetarian kepada penumpangnya? Itu pai ayam atau tidak sama sekali malam ini, ”lanjutnya.

Mr Dee mengatakan dia bisa mendapatkan pilihan vegetarian pada penerbangan di Australia sejak tahun 1990-an, menambahkan bahwa dia bisa mendapatkan makanan yang layak seperti pasta.

“Mereka menyajikan makanan vegetarian yang enak. Jika itu pai, Anda akan mendapatkan pai vegetarian. Anda punya pilihan yang bagus," kata Dee.

Cuitannya mendapat banyak perhatian dari warga Australia yang menimbang langkah vegetarian maskapai tersebut.

Qantas adalah satu-satunya maskapai domestik yang menawarkan makanan dan minuman gratis, bagasi, dan WiFi di dalam pesawat pada Boeing 737 dan Airbus A330 domestiknya, pada semua tarif Ekonomi.

Qantas telah menghadapi masa-masa sulit dalam enam bulan terakhir karena penerbangan kembali ke tingkat pra-pandemi.

Namun, hal-hal yang mencari maskapai sejak mengumumkan itu membuat langkah-langkah proaktif untuk meningkatkan layanannya.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini