Share

Menparekraf Sandiaga Sebut Persiapan G20 di Bali Sesuai Rencana

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 24 September 2022 16:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 24 406 2674224 menparekraf-sandiaga-sebut-persiapan-g20-di-bali-sesuai-rencana-WnqZEZy03u.jpg Menparekraf Sandiaga Uno (dok Kemenparekraf)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, bahwa persiapan destinasi pariwisata untuk delegasi G20, yang puncak penyelenggaraannya akan berlangsung di Bali pada November 2022 mendatang, sudah on the track alias sesuai rencana.

Ia melanjutkan, dalam rapat koordinasi (rakor) lintas kementerian dan lembaga bersama Pemda, TNI, dan Polri, telah dilakukan cek persiapan terkini, dan pada September akhir atau awal Oktober 202 semuanya siap digunakan.

Kemudian, kesiapan fasilitas infrastruktur termasuk aspek kesiapan jalan sudah 85 hingga 90 persen.

"Fasilitas terminal VVIP Bandara Ngurah Rai Bali, maupun renovasi tempat wisata Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang akan digunakan untuk gala dinner delegasi G20 kita pastikan sudah siap digunakan," terangnya dalam keterangan resminya.

infografis

Menurut Sandiaga, Kemenparekraf bertugas melakukan pengaturan hotel telah melakukan pengecekan pengalokasian pemesanan kamar bagi perwakilan dari 20 negara.

Selanjutnya untuk kesiapan akomodasi hotel mendekati 95 hingga 100 persen, tinggal beberapa penyesuaian seperti, wifi, interkonektivitas dari masing-masing akomodasi yang nanti akan disambungkan dengan kendaraan listrik.

Follow Berita Okezone di Google News

Sandiaga menambahkan, Kemenparekraf mengampu sejumlah side event G20, yaitu 2nd Tourism Working Group Meeting bersama mitra organisasi internasional United Nations World Tourism Organization (UNWTO) dan Organization for Economic Cooperation and Development (OECD), Tourism Ministerial Meeting (TMM) dan perayaan World Tourism Day yang dipusatkan di Bali pada 27 September 2022.

Pada kegiatan tersebut mengundang menteri pariwisata dari 180 negara, bersama mitra organisasi internasional UNWTO dan OECD.

"Kita harapkan hasil pertemuan side event pariwisata tersebut akan menghasilkan satu program konkret, berdasarkan best practice yang dapat dikerjasamakan dengan seluruh anggota G20. Indonesia sebagai salah satu negara yang dianggap telah menjalankan best practice dalam menangani Covid-19," ujarnya.

Sandiaga Uno bilang, Pariwisata Indonesia dinilai memiliki kemampuan cepat dan pesat untuk bangkit setelah lebih dari 2 tahun terpuruk karena pandemi COVID-19.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini