Share

Keren! Desa Wisata Ini Kembangkan Tanaman Terancam Punah hingga Tuai Pujian Sandiaga Uno

Antara, Jurnalis · Selasa 27 September 2022 04:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 26 406 2674897 keren-desa-wisata-ini-kembangkan-tanaman-terancam-punah-hingga-tuai-pujian-sandiaga-uno-5193Kyi7nG.JPG Kunjungan Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno ke Desa Wisata Hanjeli, Sukabumi, Jawa Barat (Foto: ANTARA/Aditya Rohman)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi desa wisata di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, yang mengembangkan tanaman pangan terancam punah yakni hanjeli.

"Hanjeli ini merupakan tanaman pangan yang terancam punah, tetapi berhasil dikembangkan oleh salah satu desa wisata di Kabupaten Sukabumi yakni Desa/Kecamatan Waluran," kata Sandiaga saat melakukan kunjungan kerja ke Desa Wisata Waluran, Kaupaten Sukabumi, akhir pekan lalu.

Menurut mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut, tanaman hanjeli dikembangkan desa wisata ini dengan kearifan lokal yang melibatkan masyarakat sekitar sehingga bisa menciptakan peluang usaha dan lapangan pekerjaan baru.

Infografis Desa Wisata

Bahkan ia pun takjub dengan aktivitas warga desa wisata tersebut, karena tidak hanya ibu-ibu saja yang terlibat dalam berbagai kegiatan tetapi banyak kaum muda yang turut ambil bagian.

Oleh karenanya, ia mengaku sengaja menyempatkan waktu untuk datang ke wilayah yang masuk dalam kawasan Unesco Global Geopark Ciletuh Palabuhanratu ini untuk menjalankan tugas dari Presiden RI Joko Widodo dalam upaya menciptakan 1,1 juta lapangan pekerjaan baru.

Salah satunya dengan membina desa wisata untuk turut membantu program ketahanan pangan dan serta membangkitkan perekonomian masyarakat pasca-pandemi Covid-19.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Selain itu, keberadaan desa wisata bisa menjadi percontohan untuk daerah lainnya selain fokus untuk menarik wisatawan juga memulihkan tanaman pangan yang terancam punah.

Di samping perekonomian warganya meningkat, ketersediaan pangan pun terjaga, serta bisa membuka lapangan pekerjaan dan bisnis baru. Ia pun berharap produk makanan berbahan baku hanjeli ini bisa go international.

"Kita dukung Desa Wisata Hanjeli dengan cara mempromosikannya baik di dalam maupun luar negeri agar semakin dikenal secara luas. Kemudian dari Kemenparekraf RI akan memberikan pendampingan serta menjembatani kerja sama dengan pihak lainnya agar ekonomi terus meningkat," tambahnya.

Mantan Wagub DKI Jakarta itupun berpesan kepada kaum muda di desa tersebut agar bisa menciptakan banyak peluang usaha dengan memanfaatkan potensi yang ada di desa wisata seperti membuat konten-konten menarik mulai dari aktivitas masyarakat, kuliner, maupun lokasi wisata.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini