Share

Unik! Deretan Tradisi Melahirkan ala Suku Pedalaman di Indonesia, Ada yang Diasingkan ke Hutan

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Selasa 27 September 2022 15:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 26 406 2675235 unik-deretan-tradisi-melahirkan-ala-suku-pedalaman-di-indonesia-ada-yang-diasingkan-ke-hutan-BXxKFbeZqX.jpg Warga Suku Karowai di Papua (Foto: Eric Baccega/NPL/mediadrumworld.com)

ADA 3 tradisi melahirkan unik di suku pedalaman Indonesia. Setiap suku di tanah Air memiliki budaya dan tradisi masing-masing termasuk dalam hal melahirkan.

Tentunya tradisi unik itu didasari jauhnya jangkauan fasilitas kesehatan yang ada. Lantas, tradisi melahirkan unik apa yang ada di suku pedalaman Indonesia?

Simak ulasan berikut ini.

1. Melahirkan Sendirian di Pengasingan

Suku Korowai di Papua sangat menjunjung tinggi batas wilayahnya. Mereka juga memiliki tradisi mengasingkan ibu hamil sendiri di dalam hutan tanpa ditemani siapapun.

Uniknya suku yang tinggal di atas pohon ini menganggap ibu hamil sedang terkena penyakit, sehingga untuk mencegah penyakit, ibu hamil diasingkan ke dalam hutan. Sayangnya, di pengasingan itu banyak ibu yang meninggal saat melahirkan sebab tak ada yang membantunya.

2. Melahirkan Dibantu oleh Mama Biang untuk Mengusir Roh Jahat

Masih tentang pengasingan, ibu hamil di Suku Naulu juga dipisahkan dari suami saat menginjak 9 bulan kehamilan atau mendekati persalinan atau yang awalsi Panamou.

Suku yang mendiami pedalaman Pulau Seram ini yakin bahwa pada usia kehamilan 9 bulan, ibu hamil berisi roh jahat yang berbahaya, tak hanya ke bayi namun juga orang di sekitarnya.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Ibu hamil akan diasingkan dan tinggal di posuno atau tikusune hingga tiba melahirkan. Dahulu posuno dibangun di dalam hutan, namun kini bangunan tersebut sering berada di sebelah rumah. Proses melahirkan pun berada di bawah kontrol dukun bayi bernama mama biang.

Mama biang diyakini dan dipercaya seorang dengan ilmu yang mampu mengusir roh jahat sehingga ibu dan bayi selamat.

3. Melahirkan di Semak-semak

Beralih ke pedalaman Kalimantan Timur, terdapat suku Dayak yang menjalankan tradisi melahirkan di semak-semak. Uniknya, setelah lahir bayi baru dibawa ke puskesmas.

Ilustrasi

Konon, ada pantangan-pantangan tertentu berkaitan adat yang dianut oleh Suku Dayak Punan. Suku ini juga meyakini bahwa hutan menyediakan semua kebutuhan pengobatan yang umumnya berasal dari getah rotan jenis tertentu.

Demikian 3 tradisi melahirkan unik di suku pedalaman Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini