Share

Jadi Tuan Rumah World Tourism Day 2022, Sandiaga Uno: Kesempatan Perkenalkan Wisata Berkualitas

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 27 September 2022 11:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 27 406 2675726 jadi-tuan-rumah-world-tourism-day-2022-sandiaga-uno-kesempatan-perkenalkan-wisata-berkualitas-Yd9AofVrvj.JPG Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno dan Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo (Foto: Instagram/@sandiuno)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, melalui World Tourism Day 2022 di Indonesia, hal inilah menjadi kesempatan Indonesia untuk semakin memperkenalkan destinasi wisata Nusantara hingga kian terkenal dan terkenang.

Didampingi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf), Angela Tanoesoedibjo, Sandiaga menawarkan penngembangan di sejumlah kawasan destinasi wisata kepada para peserta Tourism Ministerial Meeting (TMM) G20 di Bali.

"Dalam Pertemuan Tingkat Menteri atau Tourism Ministerial Meeting (TMM) G20 tadi malam di Bali, saya juga menawarkan pengembangan sejumlah daerah wisata pada para Menteri Pariwisata anggota G20," katanya dikutip dari akun Instagram miliknya @sandiuno.

Sandiaga melihat peluang besar pada 5 destinasi super prioritas, 8 kawasan ekonomi khusus (KEK) dan 3 destinasi pariwisata berkelanjutan. Hal tersebut dinilai betul-betul menjadi sumber investasi, guna memajukan kembali wisata Indonesia di mata dunia.

Infografis Destinasi Wisata Super Prioritas

"Apabila para delegasi setuju mengambil penawaran ini total investasi adalah sekitar 6 sampai 8 miliar dolar AS dalam tiga tahun ke depan," terangnya.

Dalam pertemuan ini, pihaknya juga membahas kemungkinan dikembangkan technopark di beberapa destinasi untuk melengkapi ekosistem ekonomi kreatif.

Sandiaga percaya, bahwa sebenarnya tersedia pasar yang sangat penting bagi Indonesia untuk berpromosi, berinovasi dan berkolaborasi.

"Tidak hanya di bidang pariwisata tetapi juga pengembangan ekonomi kreatif dan ikut berkontribusi dalam penciptaan 4,4 juta lapangan kerja sampai 2024," ujarnya.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Sementara itu Angela menambahkan, World Tourism Day 2022 yang dirayakan di Bali pada 27 September 2022 merupakan peluang dan sinyal positif bagi pariwisata Indonesia untuk menjadi lokomotif pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif global.

"Kita harus ambil ini sebagai sinyal positif bahwa pariwisata Indonesia adalah salah satu pendorong bagi sektor parekraf dunia," katanya.

Pemulihan sektor pariwisata Indonesia dinilai menjadi salah satu best practice. Data menunjukkan pada Juli 2022, kedatangan wisatawan mancanegara (wisman) mencapai lebih dari 470 ribu orang. Ini merupakan rekor tertinggi sejak pandemi Covid-19.

Secara kumulatif kunjungan wisman sepanjang semester I 2022 mencapai 1,2 juta orang. Angka tersebut terbilang baik dibanding dengan tahun 2021 yang dalam setahun jumlah kedatangan wisman hanya sebanyak 1,6 juta orang.

"Jadi kita harapkan performa tahun ini lebih baik dari tahun kemarin. UNWTO sendiri telah memprediksi bahwa tahun ini sektor pariwisata bisa mencapai 70 persen dari performa pre-pandemi," ujar Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini