Share

Uniknya Tradisi Suku Musou, Wanita Bebas Bercinta dengan Pria Mana Saja Tanpa Nikah

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Rabu 28 September 2022 21:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 27 406 2676062 uniknya-tradisi-suku-musou-wanita-bebas-bercinta-dengan-pria-mana-saja-tanpa-nikah-d0z4sgHQhv.jpg Wanita suku Mosuo di China (Foto: documentarytube.com)

MENGULAS keunikan wanita suku Mosuo di China yang bebas bergonta-ganti pasangan dan tidur dengan pria mana pun. Musou disebut juga dijuluki 'kerajaan wanita' yang tinggal di tepi Danau Lugu, Provinsi Sichuan dan Provinsi Yunnan, di barat daya China yang terkenal dengan sistem matriakinya.

Hal ini dibuktikan dengan para pria di suku ini hanya tinggal di rumah dan mengurus anak mereka. Sedangkan para wanita yang keluar untuk mencari nafkah. Para wanita Suku Mosuo bekerja sebagai petani atau pencari ikan di danau.

Selayaknya suku yang ada di berbagai dunia, suku ini juga memiliki tradisi unik.

Ilustrasi

Suku ini menganut tradisi ‘Walking Marriage’, di mana setiap wanita yang sudah menstruasi berhak untuk memilih dan berganti pasangan. Sang wanita hanya menunggu pria yang ingin ‘melamar’nya di kamar.

Uniknya, dalam tradisi ini sang pria harus masuk melalui jendela atau pintu belakang. Agar tak ada pria lain yang masuk, umumnya pasangan tersebut menggantungkan topinya di jendela.

Wanita Suku Mosuo juga boleh menerima atau menolak pria tersebut. Jika cocok, maka akan melanjutkan hubungan tanpa adanya status pernikahan. Dan sebaliknya, jika si wanita tak cocok, ia boleh memilih pria lainnya.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Tradisi dengan Sejarah Memilukan

Konon tradisi wanita Suku Mosuo ini ditengarai lantaran kisah pilu masa lalu mereka. Para wanita suku ini sakit hati sebab ditinggal suami saat melakukan perjalanan jauh.

Dahulu para pria pergi mengembara untuk berdagang ke India namun tak kunjung kembali. Mulai dari sanalah para wanita tak ingin memiliki ikatan resmi dengan para pria.

Hingga kini, meski telah mengikuti perkembangan zaman, tradisi ini tetap dipegang teguh oleh masyarakat suku Mosuo.

Itulah tradisi unik wanita suku Mosuo di China yang bebas berganti pasangan dan tidur dengan pria manapun yang diawali dengan sejarah memilukan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini