Share

Cara Berkeliling Jakarta Naik Bus Wisata Gratis, Lengkap dengan Rutenya

Nurul Amanah, Jurnalis · Rabu 28 September 2022 14:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 27 549 2675803 cara-berkeliling-jakarta-naik-bus-wisata-gratis-lengkap-dengan-rutenya-FbXqz5ME9D.JPG Bus Wisata Transjakarta (Foto: transjakarta.co.id)

PERNAHKAH Anda melihat bus tingkat dengan atap terbuka di ibu kota? Itulah salah satu ikon wisata Jakarta. Anda bisa merasakan sensasi berkeliling kota Jakarta dengan menaiki bis tingkat beratap terbuka, sehingga Anda dapat menatap setiap sudut ibu kota dengan jelas.

Cuaca panas Jakarta mungkin tak membuat Anda nyaman berlama-lama di atap bus terbuka. Tak perlu khawatir, Anda bisa masuk ke dalam bus yang tentunya ber-AC sangat dingin. Destinasi wisata Anda dijamin kenyamanannya dan yang paling penting, gratis!

PT Transportasi Jakarta atau Transjakarta mengelola 22 bus tingkat gratis yang digunakan sebagai sarana transportasi wisata yang disebut bus Jakarta Explorer. Bus Jakarta Explorer saat ini memiliki 7 rute wisata yang berbeda. Bus ini beroperasi dengan menelusuri ikon dan landmark yang ada di kota Jakarta.

Jika Anda tak pernah menyinggahi beberapa ikon kota Jakarta, tak perlu khawatir. Bus wisata ini juga dilengkapi dengan audio yang menjelaskan latar belakang dari lokasi-lokasi yang disinggahi serta bus attendant (OnBoard) yang juga dapat memberikan penjelasan mengenai ikon-ikon kota Jakarta yang dilewati oleh bus tersebut.

Cara untuk menaiki bus wisata gratis berkeliling Jakarta ini pun mudah. Sama seperti bus Transjakarta lainnya, Anda tinggal menunggu di beberapa halte yang dilewati dan jangan lupa untuk tap in dan tap-out dengan kartu pembayaran elektronik. Tapi tenang saja, dengan saldo nol rupiah pun tetap bisa menaiki bus ini.

Anda dapat melihat rute berikut ini untuk mengetahui halte mana saja yang dilewati oleh bus wisata keliling Jakarta:

Infografis Wisata Religi di Jakarta

Rute Bus Wisata 1 - Sejarah Jakarta (History of Jakarta)

Rute dimulai dari Halte Juanda, Masjid Istiqlal, Monas 2, Ikatan Restoran dan Taman Indonesia (IRTI) Monas, Balai Kota, Museum Nasional, Gedung Arsip, Museum Bank Indonesia (BI), Museum BNI 46, Masjid Jami Kebon Jeruk, dan Pasar Baru. Rute ini beroperasi setiap Senin-Sabtu pukul 10.00-18.00 WIB dan Minggu pukul 09.00-19.00 WIB.

Rute Bis Wisata 2 - Jakarta Baru (Jakarta Modern)

Rute yang akan dilalui antara lain Monas 1, Monas 2, IRTI, Balai Kota, Sarinah, Plaza Indonesia (PI), Menara Topas, Museum Nasional, Pecenongan, Pasar Baru, dan Juanda/Istiqlal. Jadwal operasi rute kedua ini adalah Senin-Sabtu pukul 10.00-18.00 WIB dan Minggu pukul 12.00-19.00 WIB.

Rute Bis Wisata 3 - Kesenian dan Kuliner (Art & Culinary)

Tema dengan rute ketiga ini akan dimulai dari Monas 2, IRTI, Balai Kota, Museum Nasional, Gedung Arsip, Museum BI, BNI 46, Masjid Kebon Jeruk, Pasar Baru, dan Juanda/Istiqlal. Rute ini hanya ada setiap Sabtu pukul 10.00-23.00 WIB.

Rute Bus Wisata 4 - Pencakar Langit Jakarta (Jakarta Skyscrapers)

Halte yang akan dilalui rute keempat ini adalah Monas 1, Monas 2, IRTI, Balai Kota, Sarinah, Wisma Nusantara, Tosari 1, Dukuh Atas 3, Karet Sudirman 1, GBK 1, Bundaran Senayan 2, FX Sudirman, GBK 2, Aquatic Stadium, Istora, GBK Pintu 7, Tosari 2, Plaza Indonesia, Sarinah 2, Museum Nasional, Pecenongan, Pasar Baru/GKJ, dan Juanda/Istiqlal. Bus Wisata Jakarta yang beroperasi pada setiap Senin-Sabtu pukul 10.00-18.00 WIB dan Minggu pukul 12.00-19.00 WIB.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Rute Bus Wisata 5 - Ruang Terbuka Jakarta (Jakarta Open Space)

Halte yang dilewati bus wisata kelima ini antara lain Tosari, Bundaran HI, Sarinah, IRTI, Balai Kota, Sarinah, Tosari, dan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo. Rute ini beroperasi selama Senin-Jumat pukul 10.00-18.00 WIB, Sabtu pukul 10.00-23.00 WIB, dan Minggu pukul 12.00-19.00 WIB.

Rute Bus Wisata 6 - Cagar Budaya Jakarta (Jakarta Heritage)

Rute bus wisata keenam yang beroperasi setiap Sabtu-Minggu pukul 10.00-19.00 WIB. Rute ini melewati Monas 2, Monas 1, IRTI, Balai Kota, Sarinah, Tosari, Makam Mbah Priok, Tosari, Bundaran HI, Sarinah, dan Juanda/Istiqlal.

Rute Bus Wisata 7 - Belanja Jakarta (Jakarta Shopping)

Bus Wisata Jakarta rute ketujuh dapat memudahkan para wisatawan untuk berbelanja di Jakarta. Bus ini melewati rute Sarinah 2, IRTI, Balai Kota, Sarinah 1, Wisma Nusantara, Tosari 1, Dukuh Atas 3, Karet Sudirman 1, Lapangan Panahan, Plaza Sentral, Istora Senayan, Plaza Senayan, Senayan City, Karet Sudirman 2, Dukuh Atas 4, Stasiun Sudirman 2, Tosari 2, serta Plaza Indonesia. Bus ini beroperasi setiap Senin-Jumat pukul 10.00-18.00 WIB dan Sabtu pukul 10.00-22.00 WIB.

Pastikan Anda sudah makan dan minum sebelum menaiki bus ini ya, karena tidak diperbolehkan untuk makan dan minum di dalam bus. Selamat menikmati perjalanan berkeliling ibu kota!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini