Share

9 Tipe Penumpang yang Mendapat Perhatian Spesial dari Pramugari, Kamu Termasuk?

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Kamis 29 September 2022 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 28 406 2676432 9-tipe-penumpang-yang-mendapat-perhatian-spesial-dari-pramugari-kamu-termasuk-4BPDiKnrTg.JPG Ilustrasi (Foto: Reuters)

9 TIPE penumpang yang mendapat perhatian spesial dari pramugari akan dibahas pada artikel kali ini. Melakukan perjalanan menggunakan pesawat memang menyenangkan, apalagi jika dispesialkan oleh para awak kabin.

Namun, tak semua penumpang akan mendapatkan perlakuan spesial dari para pramugari. Penumpang spesial atau special passenger rupanya memiliki kriteria khusus.

Nah, berikut berbagai tipe penumpang yang mendapat perhatian spesial dari pramugari, apa saja ya?

1. Unaccompanied Minor (UM)

Unaccompanied Minor adalah penumpang anak-anak di bawah usia 12 tahun yang berpergian sendiri tanpa adanya pendamping.

Karena itulah UM akan dijaga dan diawasi oleh awak kabin maupun petugas darat sejak ia di antar keluarganya dari bandara asal hingga dijemput di bandara tujuan.

UM biasanya akan mengenakan name tag yang dikalungkan. Tujuannya adalah untuk mempermudah penanganan petugas.

Infografis Perilaku Penumpang Pesawat

2. Wanita hamil

Wanita yang tengah hamil diperbolehkan untuk naik pesawat, namun dengan catatan membawa surat keterangan dari dokter dan memastikan kehamilannya dalam kondisi sehat.

Para awak kabin akan memberikan penjagaan dan pengawasan khusus bagi wanita hamil atau pregnant woman yang naik pesawat.

3. Penumpang sakit

Selanjutnya, adalah penumpang yang sedang sakit. Para penumpang yang tengah sakit bisa naik pesawat dengan membawa surat keterangan dari dokter. Mereka juga bisa membawa serta dokter pribadi sebagai pendamping.

Bagi penumpang yang tadinya sehat, lalu tiba-tiba mendadak tidak enak badan juga bisa dikategorikan sebagai penumpang spesial.

4. Tuna netra dan tuna rungu

Para penumpang dengan kondisi tuna rungu dan tuna netra juga akan mendapatkan perlakuakn khusus dari para pramugari, seperti contohnya instruksi penerbangan. 

Follow Berita Okezone di Google News

5. Penumpang dengan kursi roda atau tandu

Penumpang dengan kebutuhan khusus, seperti harus menggunakan kursi roda atau tandu tak hanya didampingi oleh dokter, namun juga akan dijadikan sebagai penumpang spesial.

6. Tahanan

Pihak berwajib serta pramugari yang bertugas akan mengspesialkan penumpang dengan status tahanan. Tahanan yang akan dipindahkan dari suatu negara ke negara lain dengan menggunakan pesawat sipil biasanya akan dipersilakan masuk pesawat terlebih dahulu dan akan keluar paling akhir. Cara ini dilakukan untuk meminimalisir kontak dengan penumpang lain.

Infografis Pramugari

7. Orang yang dideportasi

Deportasi merupakan pemulangan WNA secara paksa ke negara asalnya. Kondisi tersebut bisa terjadi karena berbagai hal, misalnya visa yang habis atau karena adanya kasus imigrasi.

8. Lanjut usia (lansia)

Penumpang lansia akan mendapatkan perlakuan khusus karena umumnya para lansia mengalami penurunan kemandirian, sehingga membutuhkan orang lain untuk membantu.

9. Penumpang diabetes

Jika Anda adalah penderita diabetes, sebaiknya lakuakn konfirmasi saat memesan tiket. Karena biasanya maskapai penerbangan akan menyesuaikan makanan khusus untuk Anda selama penerbangan.

Demikian informasi mengenai Tipe Penumpang yang mendapat perhatian spesial dari Pramugari. Semoga bisa memperluas wawasan Anda.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini