Share

Jadi Tujuan Wisata, Ini 5 Kabupaten dan Kota Terdingin di Pulau Jawa!

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Kamis 29 September 2022 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 28 408 2676638 jadi-tujuan-wisata-ini-5-kabupaten-dan-kota-terdingin-di-pulau-jawa-74TTWsibbK.jpg Bukit Nirwana Malang (Instagram @frontoneb21malang)

ADA 5 kota dan kabupaten di Pulau Jawa yang memiliki suhu lebih dingin dibandingkan daerah lainnya di Jawa. Daerah tersebut umumnya berada di dataran tinggi atau kawasan pegunungan. Tentu saja daerah ini jadi tujuan wisata karena punya pemandangan alam yang indah.

Nah, berikut 5 kabupaten dan kota terdingin di Pulau Jawa :

1. Banjarnegara

Kabupaten Banjarnegara di Jawa Tengah punya destinasi wisata yang terkenal dingin; Dataran Tinggi Dieng. Ya, wilayah Banjarnegara timur dan utara dikenal dengan suhunya yang cukup dingin. Apalagi di wilayah Dieng.

Fenomena embun es juga kerap terjadi di Dieng yang bisa membuat tumbuh-tumbuhan dan hasil pertanian diselimuti es di pagi hari. Suhu rata-rata di dieng pertahun adalah 14 derajat selsius. Waktu terbaik untuk datang ke Dieng adalah saat bulan Juni, Juli, Agustus karena suhunya akan terasa lebih hangat.

2. Kota Batu

Kota Batu terletak di ketinggian 700 hingga 1.700 Meter di Atas Permukaan Laut (MDPL) dan menjadi salah satu daerah tujuan wisata di Jawa Timur. Kota yang dikenal dengan buah apelnya ini memiliki suhu rata-rata 15 derajat celcius.

3. Kota Malang

Kota Malang turut menambah daftar panjang kota atau daerah dengan suhu dingin di Pulau Jawa. Kota Malang dikelilingi sejumlah gunung, seperti Gunung Semeru, Gunung Arjuno, dan Gunung Kawi.

Maka tidak heran jika Kota Malang dikenal dengan kota yang dingin. Kota ini berada di ketinggain 440-667 MDPL dengan suhu yang rata-rata bisa mencapai 21-29 derajat celcius. Seperti halnya Kota Batu, Malang juga merupakan kota tujuan wisata di Jawa Timur.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

4. Karanganyar

Karanganyar memiliki suhu yang dingin lantaran kabupaten di Jawa Tengah ini berada di kaki Gunung Lawu. Suasananya pun masih asri dan terjaga, sehingga terasa sejuk. Salah satu tempat wisata paling populer di Karanganyar adalah kawasan wisata Tawangmangu.

 Ilustrasi

5. Bogor

Bogor dijuluki Kota Hujan karena sering diguyur hujan dan suhunya lebih sejuk. Berada di kawasan pegunungan, Bogor menjadi destinasi wisata favorit bagi masyarakat terutama dari wilayah Jabodetabek.

Maklum dengan keindahan alam, suasana asri, dan suhu yang sejuk, Bogor jadi tempat melepas penat dan stres wisatawan Ibu Kota yang sehari-hari berjibaku dengan macet serta polusi.

Demikian 5 kota dingin di Jawa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini