Share

Legenda Ular Pemakan Manusia di Kalimantan, Diburu Orang Kampung hingga Lenyap Misterius

Syifa Fauziah, Jurnalis · Jum'at 30 September 2022 12:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 29 406 2677313 legenda-ular-pemakan-manusia-di-kalimantan-diburu-orang-kampung-hingga-lenyap-misterius-3uM6yzjF0U.JPG Ilustrasi (Foto: News Week)

LEGENDA ular pemakan manusia di Kalimantan akan dibahas pada artikel kali ini. Indonesia merupakan negara yang memiliki ras, suku, dan budaya yang beragam. Bahkan masing-masing daerah memiliki mitos atau legenda yang berbeda, salah satunya adalah legenda ular pemakan manusia di Kalimantan.

Sebuah kisah ratusan tahun silam saat Belanda masih menjajah Kalimantan, ada sekelompok suku Dayak yang meninggalkan kampungnya menuju pedalaman demi menghindari penjajah. Setelah itu mereka membangun kampung baru.

Sayangnya, di kampung baru tersebut ketenangan itu rusak setelah anak-anak mereka hilang diduga diambil ular raksasa.

Ular Anaconda
(Foto: YouTube/Nat Geo Wild)

Sempat dianggap khayalan, seiring berjalannya waktu banyak penduduk kampung menjadi saksi kemunculan ular raksasa yang memangsa anak kecil.

Sejak saat itu banyak penduduk yang mulai membuat senjata dan pergi mencari sarang ular. Lalu ditemukan sarang ular yang dimaksud.

Tak ingin hanya berdiam diri, penduduk mulai membuat senjata dan pergi mencari sarang ular tersebut.

Lalu ditemukanlah sarang di sebuah pulau kecil di tengah sungai, yang berisi dua ular raksasa bersama seekor ular misterius lain yang bertubuh kecil.

Sejak melihat tragedi tersebut, para masyarakat berbondong-bondong membunuh ular raksasa tersebut.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Mereka juga sempat berbincang dengan seekor ular kecil untuk berjanji tidak mengganggu manusia lain. Akhirnya ular tersebut pun pergi dari kampung itu.

Hingga saat ini, cerita itu masih menjadi legenda di sekitar masyarakat Kalimantan. Untuk jenis ularnya sendiri belum diketahui secara detail, namun ada beberapa jenis ular khas Kalimantan yang diduga sebagai 'tersangka' dalam legenda itu. Seperti pit viper daun atau ular hijau, king kobra, dan sanca kembang.

Menurut penelitian, ular sanca diduga kuat sebagai ular pemakan manusia dari Kalimantan. Itu dia cerita legenda ular pemakan manusia di Kalimantan yang sangat terkenal dari mulut ke mulut.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini