Share

10 Pantai Indah di Bulukumba, Surga Wisata Baharinya Sulawesi

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 01 Oktober 2022 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 29 408 2677732 10-pantai-indah-di-bulukumba-surga-wisata-baharinya-sulawesi-Drct35Hl4Z.JPG 10 pantai indah di Bulukumba, Sulsel, Pantai Tanjung Bira salah satu yang paling terkenal (Foto: KSM Tour)

10 pantai indah di Bulukumba akan dibahas pada artikel kali ini. Kabupaten Bulukumba di Sulawesi Selatan bertabur keindahan alam mulai dari dataran tinggi pegunungan hingga pantai eksotis. Tapi, wisata bahari jadi andalan daerah yang terkenal sebagai penghasil kapal Phinisi. Bahkan Bulukumba dijuluki surga pantai cantiknya Sulawesi.

Saat musim liburan tiba, tak ada salahnya jika Anda mencoba plesiran ke Bulukumba. Deretan pantai eksotisnya akan membuat siapa saja terpesona.

Dihimpun dari berberapa sumber, berikut 10 pantai terbaik di Bulukumba yang bisa Anda eksplor.

 BACA JUGA: 8 Pantai Terindah di Dunia bak Kepingan Surga, Salah-satunya Ada di Indonesia Lho

1. Pantai Lemo Lemo

Pantai Lemo Lemo pemandangannya begitu memesona dengan pasir putih dan airnya yang jernih. Lokasinya ada di Tanah Lemo, Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba.

Saat bermain di Pantai Lemo Lemo, Anda akan disambut dengan kawanan burung-burung yang merupakan salah satu penghuni kawasan tersebut. Pantai ini juga dikenal dengan keasriannya, karena diapit oleh perbukitan.

2. Pantai Appalarang

Pantai Appalarang, berlokasi di Ara, Kecamatan Bonto Bahari. Ketika Anda berkunjung ke pantai ini, maka akan disuguhkan dengan pemandangan yang memesona, lho.

Pemandangan khas di sini adalah lautnya yang biru, bersih, serta terdapat tebing karang yang menjadikannya semakin cantik.

 BACA JUGA:4 Tips Berlibur ke Pantai Enggak Pakai Ribet, Liburan Dijamin Nyaman

3. Pantai Marumasa

Berlokasi di Kecamatan Bonto Bahari, Bulukumba tepatnya di Desa Darubiah. Pantai Marumasa menyuguhkan panorama alam yang cantik, serta eksotik.

Nah, ciri khas Pantai Marumasa adalah keberadaan tebing yang ada di kawasan pantai. Selain itu, perpaduan antara lautan bewarna biru toska dan dipadukan dengan pair putih bersih, membuatnya menjadi sangat menarik.

4. Pantai Tanjung Bira

Selanjutnya adalah Pantai Tanjung Bira, lokasinya ada di Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan atau hanya 300 meter dari Pantai Lemo Lemo.

Menariknya, Pantai Tanjung Bira ini namanya sudah cukup populer di kalangan wisatawan domestik dan mancanegara. Hal itu karena, Tanjung Bira memiliki pemandangan yang sangat luar biasa.

Ilustrasi

Pantai Tanjung Bira

Serta para wisatawan bisa menjelajahi bawah laut dengan cara snorkeling atau diving. Anda harus coba berkunjung ke tempat ini, ketika berada di Sulawesi Selatan.

5. Pantai Ujung Tiro

Bulukumba juga memiliki rekomendasi pantai lainnya, lho yaitu salah satunya adalah Pantai Ujung Tiro. Berlokasi di Kecamatan Bontotiro, Desa Ekatiro. Kawasan ini termasuk pantai yang cantik dan hits di Sulawesi Selatan.

Saat berkunjung ke pantai ini, Anda Akan disuguhi dengan lautnya yang bersih, hamparan pasirnya putih, ditambah banyaknya pohon kelapa yang berjejer di sepanjang pantai tersebut.

Kemudian wisatawan juga dapat menyeberang ke pulau kecil, di mana lokasinya berada kurang lebih 20 meter dari lokasi bibir pantai. Pulau kecil ini termasuk salah satu titik spot terbaik, lho.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

6. Pantai Samboang

Lalu ada Pantai Samboang yang tak kalah menarik dengan pantai lainnya yang ada di Bulukumba. Tepatnya terletak di Samboang Lingkar Erelebu Timur, Kelurahan Ekatiro, Kecamatan Bontotiro.

Pantai ini memiliki panorama yang memukau, dan tentunya akan membuat liburan Anda semakin menyenangkan. Di sini para wisatawan bisa menemukan pantai kecil yang dihubungkan dengan menggunakan jembatan sepanjang 20 meter.

Kemudian dari Pulau ini Anda bisa melihat pemandangan lebih cantik. Pantai Samboang juga dilengkapi dengan fasilitas yang memadai.

7. Pantai Kasuso

Pantai Kasuso memiliki ciri khas dengan batu karang yang yang berdiri kokoh di tengah laut. Batu karang tersebut, menjadikan Pantai Kasuso terlihat lebih eksotis dan menawan.

 Ilustrasi

Garis pantai panjang dengan pasir putih akan menyambut wisatawan yang ingin menikmati pemandangan di pantai ini. Tak hanya itu saja, airnya juga jernih, dan tentunya bisa untuk berenang.

Pantai Kasuso berlokasi di Darubiah, Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

8. Pantai Mandala Ria

Ketika berkunjung ke Bulukumba, Anda bisa mampir ke Pantai Mandala Ria. Lokasinya ada di Lembanna, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Di pantai ini, Anda akan dimanjakan dengan pasir putih luas yang bisa dijadikan area untuk bermain. Airnya yang biru dan jernih, serta tenang juga memungkinkan wisatawan melakukan kegiatan menyenangkan di pantai Mandala Ria ini.

9. Pantai Bara

Pantai Bara juga tak kalah menarik dan terkenal, memiliki pasir putih. Maka bisa jadi salah satu alternatif dan rekomendasi mengunjungi destinasi wisata pantai di Bulukumba. Lokasinya sekitar 2 kilometer dari Pantai Tanjung Bira dan sekitar 40 kilometer dari Kota Bulukumba.

Pengunjung dapat menikmati suasana pantai dengan semilir angin yang segar. Selain itu, Anda juga bisa berteduh di bawah pohon kelapa yang banyak berderet di sepanjang pesisir pantai.

Pemandangan dari hamparan laut biru yang tenang bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin melepas penat.

 Ilustrasi

10. Pantai Kaluku

 

Terakhir, rekomendasi destinasi wisata menarik di Bulukumba adalah Pantai Kaluku. Lokasi Pantai Kaluku, Bulukumba ini masih satu garis pantai dengan pelabuhan Bira.

Pantai ini menjadi salah satu yang terbaik untuk menikmati sunrise ini terkenal dengan pemandangan eksotis dari hamparan pasir putih dengan laut yang biru dan tenang.

Pantai Kaluku juga bisa jadi salah satu rekomendasi wisata bersama keluarga. Sangat cocok untuk liburan anak-anak. (sal)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini