Share

5 Jenis Tempat Duduk di Pesawat yang Traveler Wajib Tahu, Harga Tergantung Kelas!

Novie Fauziah, Jurnalis · Minggu 02 Oktober 2022 06:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 30 406 2678159 5-jenis-tempat-duduk-di-pesawat-yang-traveler-wajib-tahu-harga-tergantung-kelas-2MXnt3FFLO.jpg Ilustrasi pesawat (iStock/Mirror)

ADA 5 jenis tempat duduk di pesawat dan traveler wajib tahu agar tak salah pilih. Tiap jenis kursi tentu saja berbeda-beda tarifnya. Bagi penerbangan Low Cost Carrier (LCC) biasanya hanya tersedia Kelas Ekonomi.

Hal itu karena jenis penerbangan ini sengaja mengurangi beberapa fasilitas, sehingga harga tiketnya lebih murah. Sementara untuk penerbangan Full Service Airline (FSA), tersedia berbagai jenis kelas yang bisa dipilih.

 BACA JUGA:Pernah Dengar Suara Aneh di Pesawat? Jangan Khawatir Berlebihan, Simak Penjelasannya

Nah, berikut 5 pilihan kursi di pesawat :

1. Kelas Ekonomi

Jika Anda memiliki biaya yang pas dan tidak terlalu mempermasalahkan kepadatan tempat duduk, bisa memilih kursi kelas ekonomi.Kursinya cukup nyaman, tetapi biasanya jarak antar kursi nggak terlalu lebar.

Kemudian ada risiko lainnya, apabila penumpang di depan Anda memundurkan kursinya, maka secara otomatis ruang Anda akan semakin sempit. Oleh karena itu sebelumnya bisa dipastikan dulu, apakah dengan hal itu tidak menjadi masalah atau sebaliknya.

 

2. Kelas Ekonomi Premium

Kemudian ada kelas ekonomi premium yang mana kualitas, serta harganya tidak terlalu jauh dengan kelas ekonomi biasa. Akan tetapi Anda akan mendapatkan beberapa kelebihan, salah satunya fasilitas yang lebih nyaman, hingga jarak antar penumpang lain tidak terlalu sempit.

Selain itu,ruang kaki yang disediakan juga lebih luas. Maka kaki Anda akan merasa lebih leluasa. Tak hanya itu saja, beberapa maskapai penerbangan menyediakan snack gratis untuk kelas ekonomi premium ini.

 BACA JUGA:Warning dari Pramugara, Jangan Sentuh 3 Bagian Ini di Pesawat!

3. Kelas Bisnis

 

Selanjutnya adalah kelas bisnis, tentu dari namanya saja sudah berbeda dengan dua kelas tadi yang telah dijelaskan. Berdesain ergonomis dan bisa ditekuk sampai mendatar seperti tempat tidur.

Tersedia pula layar LCD untuk setiap penumpang yang berisi berbagai hiburan. Bahkan ada power supply laptop di setiap kursi. Untuk harganya sendiri relatif lebih tinggi, dan biasanya kelas ini digunakan bagi mereka yang akan bepergian untuk urusan bisnis ke luar kota karena membutuhkan kenyamanan saat perjalanan.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

4. First Class

Penumpang First Class akan memiliki fasilitas dan pelayanan yang serba spesial. Nantinya Anda didampingi asisten yang mengurus semua hal, yakni selama perjalanan terbang. Mulai dari membawa bagasi, membantu proses imigrasi, sampai mengantar ke pesawat.

Jika memilih kelas ini Anda sebagai penumpang tidak perlu mengantre saat masuk pesawat, karena ada jalur khusus untuk First Class. Tersedia kursi empuk dengan pembatas di sekeliling tiap penumpang untuk menjaga privasi. Serta tersedia juga fasilitas lainnya, bahkan makanan-makanan enak dan eksklusif.

 Ilustrasi

5. Quiet Zone

Sejumlah maskapai penerbangan, menyediakan Quiet Zone yang terdiri dari beberapa baris dari kursi penumpang lainnya. Biasanya kursi ini digunakan bagi mereka yang bepergian dengan bayi dan anak berumur kurang dari 10 tahun

Oleh karena itu, para penumpang Quiet Zone dapat menikmati penerbangan dengan tenang. Jenis kursinya sama dengan kursi di Kelas Ekonomi, jadi sayangnya tidak bisa digunakan untuk berbaring.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini