Share

Mengenang Tragedi G30S PKI di Monumen Pancasila Sakti, Cek Harga Tiket Masuk dan Cara Belinya

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 30 September 2022 08:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 30 408 2677861 mengenang-tragedi-g30s-pki-di-monumen-pancasila-sakti-cek-harga-tiket-masuk-dan-cara-belinya-XUQN1TYsK6.JPG Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jaktim (Foto: Okezone.com/Helmi)

BERLOKASI di Jalan Raya Pondok Gede, Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Monumen Pancasila Sakti merupakan salah satu destinasi wisata bersejarah yang menyimpan banyak kenangan, serta bukti perjuangan para pejuang.

Monumen Pancasila Sakti dibangun atas gagasan Presiden ke-2 Indonesia, Soeharto. Dibangun di atas tanah seluas 14,6 hektare.

Monumen ini didirikan dengan tujuan, mengingat perjuangan para Pahlawan Revolusi yang berjuang mempertahankan ideologi negara Republik Indonesia, Pancasila dari ancaman ideologi komunis.

Terdapat juga tujuh patung pahlawan, serta Garuda sebagai lambang NKRI. Ketujuh pahlawan yang dimaksud, yaitu Panglima Angkatan Darat Letjen TNI Ahmad Yani, Mayjen TNI R. Suprapto, Mayjen TNI M.T. Haryono, Mayjen TNI Siswondo Parman, Brigjen TNI DI Panjaitan, Brigjen TNI Sutoyo Siswomiharjo, Perwira TNI Lettu Pierre Tendean Ajudan.

Koleksi Museum Pengkhianatan PKI

(Foto: Instagram/@yuda_angkung)

Selain itu, monumen tersebut menjadi saksi peristiwa ini dikenal dengan Gerakan 30 September atau G30S/PKI. Terdiri dari Museum Pengkhianatan PKI (Komunis), Sumur Tua (Lubang Buaya), Rumah Penyiksaan, Pos Komando, Dapur Umum, Museum Paseban, hingga mobil-mobil yang menjadi peninggalan Pahlawan Revolusi.

Harga tiket masuk

Mengutip informasi dari akun Instagram @monumenpancasilasakti, Monumen Pancasila Sakti buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 15.30 WIB.

Harga tiket masuk ke Monumen Pancasila Sakti sangat terjangkau, yakni hanya Rp5.000 per orang. Sedangkan bagi pelajar maupun mahasiswa dikenakan tarif Rp3.000 per orang. Tiket masuk tersedia langsung di lokasi.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Adapun bila Anda hendak menggunakan jasa pemandu, maka pengunjung dikenakan biaya Rp75.000 khusus guide berbahasa Indonesia dan Rp100.000 untuk yang berbahasa Inggris.

Di samping melihat langsung diorama dan benda bersejarah peninggalan para jenderal, pengunjung juga bisa menonton pemutaran film yang dikenakan tarif Rp75.000 per rombongan (di bawah 50 orang) dan Rp1.500 di atas 50 orang. Sementara untuk tarif parkir bus atau kendaraan besar yaitu Rp25.000 per unit. Sedan dan sejenisnya Rp15.000 dan sepeda motor Rp5.000.

Sekadar informasi, Monumen Pancasila Sakti ditutup sementara mulai 26 September hingga 1 Oktober 2022 mendatang dalam rangka persiapan peringatan Hari Kesakitan Pancasila. Destinasi wisata sejarah ini akan kembali dibuka untuk umum pada 2 Oktober 2022.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini