Share

Misteri Hutan Mati Gunung Papandayan, Penemuan Jejak Big Foot Bikin Geger

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 01 Oktober 2022 21:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 30 408 2678114 misteri-hutan-mati-gunung-papandayan-penemuan-jejak-big-foot-bikin-geger-ciwNGtY3jo.JPG Hutan Mati Gunung Papandayan di Garut, Jawa Barat (Foto: Instagram/@liburansari)

BAGI Anda yang menyukai wisata dengan trekking cukup landai, bisa mencoba datang ke Gunung Papandayan terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Papandayan termasuk gunung api strato.

Hampir serupa dengan Tangkuban Parahu, Anda bisa melihat kawah bekas letusan gunung dan meninggalkan sebuah lubang besar yang berisikan air.

Selain melihat kawah Anda juga dapat berendam di air panas alami mencapai 30 derajat. Kemudian berkunjung ke hutan mati bisa menjadi spot Instagramable lho.

Akan tetapi tahukah Anda, kalau hutan mati Papandayan ini punya misteri tersendiri lho. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut misteri dan asal usul hutan mati Gunung Papandayan.

Proses terbentuknya

Terbentuknya hutan mati di Gunung Papandayan ini, berawal dari letusan Gunung Papandayan yang terjadi ratusan tahun silam. Letusan yang sangat dahsyat tersebut terjadi pada 11-12 Agustus 1772,di mana sebelumnya tanpa ada peringatan terlebih dahulu.

Infografis Gunung Tertinggi di Indonesia

Kala itu Gunung Papandayan meletus dengan dahsyat, sehingga menyebabkan sekitar empat puluh desa terkubur.

Kemudian, sekitar 3.000 orang penduduk sekitar gunung yang terkubur ke dalam danau vulkanik. Begitu juga hewan-hewan peliharaan dan ternak, juga terkena imbasnya. Mereka mati dan terkubur hidup-hidup.

Selain itu, hutan rimbun yang ada di area kawah gunung tentu saja ikut hangus terbakar. Seluruh pohon hingga tanaman lainnya benar-benar tersapu awan panas dan lahar. Maka tak heran jika keberadaan hutan itu pun ikut terbakar.

Saking gemparnya saat itu, seorang penulis dari luar negeri, Lee Davis menggambarkan dahsyatnya letusan Gunung Papandayan ke dalam sebuah buku yang berjudul 'Natural Disaster'.

Kemunculan Big Foot

Pada akhir 2006 silam, masyarakat yang tinggal di lereng Gunung Papandayan dihebohkan dengan munculnya tapak kaki berukuran sangat besar. Sehingga sebagian mengklaim, bahwa itu adalah jejak kaki makhluk Big Foot. Jejak itu ditemukan di suatu perkebunan berukuran 4x6 meter di lereng Gunung Papandayan.

Pemilik perkebunan tempat ditemukan tapak kaki misterius itu, Ahmudin mengatakan, setelah ditelusuri, tapak kaki itu diduga berasal dari lereng gunung ke arah bawah. Namun hingga kini belum diketahui secara pasti, apakah itu benar Big Foot atau bukan.

Follow Berita Okezone di Google News

Misteri Si Tongki

Gunung Papandayan khususnya kawasan hutan mati, selalu melekat dengan nama Tongki, konon ia merupakan salah satu pendaki di Gunung Papandayan. Saat itu, Tongki melakukan pendakian bersama sejumlah temannya ke Gunung Papandayan.

Dalam pendakian itu, ada beberapa rekan-rekan wanita Tongki yang turut serta. Sudah pasti Tongki tidak sia-siakan peluang untuk mendekati teman wanitanya.

Infografis Gunung di Jawa Barat

Malam hari, Tongki bergabung bersama ke-7 temannya di tenda. Mereka sama-sama bergurau dan berbagi cerita. Muncul kemauan Tongki untuk cari peluang dalam kesempitan dengan mengajak teman-temannya bercerita kisah horor.

Semula bertujuan agar dia ingin membuat rekan-rekan wanitanya ketakutan dan mendekat padanya.

Usai bercerita, Tongki tiba-tiba ingin buang air kecil. Bergegaslah ia ke semak-semak untuk kencing. Akan tetapi, di tempat ini Tongki justru melihat soosk wanita berpakaian serba putih melayang-layang dari satu pohon ke pohon lain. Tongki yang penakut lalu berteriak sambil mengambil langkah seribu hingga terjatuh dekat beberapa temannya yang tetap terlindungi.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini