Share

Unik! Ini 9 Daerah di Indonesia yang Punya Julukan Nama-Nama Buah

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Minggu 02 Oktober 2022 08:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 30 408 2678261 unik-ini-9-daerah-di-indonesia-yang-punya-julukan-nama-nama-buah-27gDBagvsx.jpg Tugu Nanas di Kota Subang (Okezone.com/Dimas Andhika Fikri)

ADA 9 daerah di Indonesia yang punya sebutan nama buah. Julukan atau sebutan memang menjadi hal lumrah yang diberikan masyarakat untuk suatu wilayah. Tentu pemberian sebutan tersebut sebagai identitas khas dan membuat masyarakat ingat akan wilayah tersebut.

Uniknya, sebutan yang diberikan beragam bahkan ada beberapa wilayah yang memiliki sebutan nama buah. Sebutan tersebut tak serta merta, sebab beberapa wilayah tersebut diketahui sebagai penghasil buah terbesar.

Lantas, daerah mana saja di Indonesia yang punya julukan nama buah? Yuk simak penjelasannya :

1. Kota Batu

Kota Batu di Jawa Timur yang masuk wilayah Malang Raya merupakan penghasil buah apel terbesar di Indonesia. Batu dijuluki juga sebagai Kota Apel.

Ilustrasi

Kota Batu

2. Banyuwangi

Kota yang ada di ujung timur Pulau Jawa ini memiliki julukan Kota Buah Naga. Pasalnya, Desa Sambirejo, Kecamatan Bangorejo, Banyuwangi, Jawa Timur menjadi pusat perkebunan buah naga.

3. Subang

Subang juga termasuk salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki sebutan nama buah. Kabupaten di Jawa Barat ini dijuluki Kota Nanas lantaran mayoritas warganya berprofesi sebagai petani buah nanas.  Menariknya, nanas yang diproduksi terkenal lebih manis daripada nanas daerah lain.

Saking terkenalnya sebagai Kota Nanas, Subang membangun Tugu Nanas di tengah kota sebagai ikon daerahnya.

4. Indramayu

Masih di wilayah Jawa Barat, Indramayu juga memiliki sebutan nama buah. Wilayah ini dijuluki kota mangga sebab menjadi wilayah dengan produksi buah mangganya yang melimpah.

5. Depok

Kota yang berada di antara Jakarta dan Bogor satu ini juga memiliki sebutan nama buah. Kota Depok terkenal dengan ikon buah belimbing dewa.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

6. Pati

Beralih ke Jawa Tengah, gelar kota manggis jatuh pada kabupaten Pati. Bagaimana tidak, wilayah yang memiliki slogan Pati Bumi Mina Tani ini penghasil buah manggis terbesar se-Jawa Tengah.

7. Jepara

Wilayah yang berbatasan dengan Pati juga memiliki sebutan nama buah. Ya, Jepara mendapat julukan kota durian sebab setiap tahun digelar festival durian dan lomba durian terenak.

Ilustrasi

8. Demak

Wilayah Jawa Tengah lainnya yang memiliki sebutan nama buah adalah kota Demak. Kota jambu disematkan pada kota ini sebab menjadi sentra produksi jambu air merah delima yang memiliki rasa manis dengan daging buah yang tebal.

9. Sleman

Wilayah yang masuk Daerah Istimewa Yogyakarta ini juga memiliki sebutan nama buah. Memiliki kebun salak pondoh yang sangat luas, wajar jika Sleman menyandang gelar sebagai kota salak.

Demikian 9 wilayah di Indonesia yang punya sebutan nama buah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini