Share

Pilot Berbagi Tips Mencegah Sakit Selama Penerbangan, Gimana Caranya?

Anya Azalia Faustina, Jurnalis · Sabtu 01 Oktober 2022 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 30 549 2677894 pilot-berbagi-tips-mencegah-sakit-selama-penerbangan-gimana-caranya-pJtlcxRl3y.JPG Pilot cantik asal Thailand (Foto: Instagram/@aprilevelyn)

SEORANG penumpang yang baru menjajal naik pesawat, atau mereka yang paranoid atau fobia ketinggian, kerap kali merasa tidak enak badan selama penerbangan berlangsung.

Terlebih jika pesawat mengalami turbulensi parah atau guncangan kuat di udara. Kondisi tersebut ternyata bisa dicegah lho.

Seorang pilot, Capt Simon membagikan beberapa tips untuk membantu penumpang menghindari rasa sakit saat terbang ketika cuaca buruk.

Simon membagikan video di platform TikTok yang berisi beberapa saran dan beberapa orang tidak menyukai tip pertama.

"Apakah turbulensi membuat Anda takut? Jika demikian, cobalah kiat-kiat teratas dari seorang pilot maskapai penerbangan untuk membantu Anda melewatinya," kata Simon mengutip The Sun.

Infografis Bagian Pesawat yang Terlarang Didekati

Berikut tips menjaga tubuh tetap bugar dan terhindar dari gangguan kesehatan selama penerbangan:

Jangan pernah tenggak alkohol

Pertama, kata Simon, jangan minum alkohol meskipun minuman itu menggoda Anda. “Ini meningkatkan tingkat kecemasan dan akan membuat Anda merasa mual ketika turbulensi datang," katanya.

Hindari baca buku dalam penerbangan

Pilot itu juga menyarankan penumpang untuk menyamankan diri dengan hiburan yang tersedia. Sebagian orang memiliki hobi membaca buku di mana pun mereka berada. Namun menurut Simon membaca buku di pesawat bukan ide yang baik.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Badan dan pikiran harus rileks

Metode lain adalah memejamkan mata, berbaring, dan berandai-andai berada di tempat tidur gantung di pantai. Trik ini bisa membantu penumpang untuk menghilangkan pikiran negatif.

"Kemudian berbicara dengan kru. Setiap kali ada penumpang yang gugup di dalam pesawat, saya turun dan mencoba meyakinkan mereka, memberi tahu mereka bahwa pesawat benar-benar aman, turbulensi baik-baik saja dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan," ujar Capt Simon.

Klip tersebut mendapat respons yang baik dari para pemirsa. Banyak dari mereka berterima kasih atas saran tersebut, sementara satu orang mengingat perjalanan 'menakutkan' yang mereka lakukan dengan turbulensi yang parah.

Infografis Fakta Unik Tentang Pesawat

"Mengalami turbulensi yang menakutkan dalam perjalanan ke Miami, bahkan awak kabin tampak ketakutan. Mereka disuruh duduk selama waktu yang lama - troli ditinggalkan dan minuman berguling-guling di lantai," kata penumpang menceritakan pengalamannya.

"Saya lebih suka tetap menggunakan hiburan dalam pesawat seperti menonton film yang bagus," tambahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini