Share

Kemenparekraf: Pejabat Harus Jadi Teladan, Jangan Pelesiran ke Luar Negeri

Antara, Jurnalis · Senin 03 Oktober 2022 00:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 01 406 2678636 kemenparekraf-pejabat-harus-jadi-teladan-jangan-pelesiran-ke-luar-negeri-6OxnxZ3wKQ.jpg Ilustrasi (Foto: Reuters)

KEMENTERIAN Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI meminta kepada para pejabat menjadi teladan bagi masyarakat untuk tidak berwisata ke luar negeri, tapi cukup di dalam negeri.

"Ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo, yang intinya mengajak pejabat menjadi teladan," ujar Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf RI, Dwi Marhen Yono di sela Pembukaan Bursa Pariwisata 'Majapahit Travel Fair' 2022 di Tunjungan Plaza Surabaya, melansir Antara.

Pria asal Banyuwangi, Jawa Timur itu menyampaikan bahwa Presiden menargetkan tahun depan pergerakan wisatawan nusantara harus satu miliar pengunjung domestik se-Indonesia.

Infografis Tips Traveling Aman

"Kalau dibagi 500 kabupaten/kota saja, maka rata-rata dua juta wisatawan. Lalu, harapannya satu pengunjung berwisata mengeluarkan Rp1 juta, berarti ada Rp1.000 triliun uang berputar di sektor dunia pariwisata dan ekonomi kreatif," ucapnya.

"Di Jatim targetnya harus 5-10 juta orang yang datang berwisata. Apalagi memiliki potensi dan destinasi wisata yang luar biasa," tambah Dwi Marhen.

Pada kesempatan tersebut, Kemenparekraf juga mengapresiasi Pemprov Jatim yang menggelar bursa pariwisata sehingga mampu mendongkrak sekaligus menjadi daya tarik masyarakat untuk berwisata.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Pada kesempatan yang sama, Plt Asisten Sekdaprov Jatim, Ahmad Jazuli menyampaikan bahwa di wilayahnya memiliki banyak potensi pariwisata, baik alam, budaya dan buatan.

Karena itulah, kata dia, menjadi tidak tepat jika potensi yang ada di Bumi Majapahit tak dimunculkan dan diperkenalkan ke masyarakat.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur, Sinarto berharap kegiatan tersebut mampu mendekatkan pelaku industri pariwisata dengan masyarakat.

"Mereka bisa bertransaksi dan mendapat promo-promo yang luar biasa," ucap Sinarto.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini