Share

Kisah Misteri Gunung Kawi, Pesugihan Bikin Kaya 7 Turunan

Kiki Oktaliani, Jurnalis · Selasa 04 Oktober 2022 00:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 03 406 2679634 kisah-misteri-gunung-kawi-pesugihan-bikin-kaya-7-turunan-gcFgzNVeI5.jpg Gunung Kawi (kusumadanawerkudara.wordpress.com)

KISAH misteri Gunung Kawi, tempat pesugihan dipercaya untuk bikin kaya 7 turunan. Kawi merupakan gunung api tidak aktif terletak di Kabupaten Blitar dan Kabupaten Malang, Jawa Timur. Gunung Kawi banyak dikaitkan dengan hal-hal mistis dan beragam mitos.

Gunung Kawi sering dijadikan sebagai tempat untuk melakukan pesugihan untuk mencari kekayaan lewat jalan pintas, serta ritual mistis lainnya. Spot paling banyak dikunjungi peziarah adalah Pasarean atau pemakaman yang dikeramatkan.

 BACA JUGA:Kisah Horor Mbak Yayuk, Hantu Mahasiswi Penunggu Kampus UGM

Pendopo Gunung Kawi

Dalam perjuangannya melawan Belanda kala itu Pangeran Diponegoro dibantu oleh Kiai Zakaria II alias Eyang Jugo, pria keturunan Tionghoa juga kerabat dari Keraton Kertosuro.

Tertangkapnya Pangeran Diponegoro membuat Eyang Jugo lantas mengembara hingga tiba di Kesamben, Blitar. Masa itu ada sebuah wabah penyakit di desa tersebut, dengan kemampuan Eyang Jugo menyembuhkan penyakit ia kemudian dizinkan untuk tinggal hingga diberi satu lahan sawah yang kemudian ia gunakan untuk mendirikan padepokan sebagai sebuah jalan dakwah.

 

Masa Eyang Jugo tinggal di Kesamben, seorang teman akrabnya bernama Iman Soedjono sebelumnya ia merupakan salah satu putra Kanjeng Sinuhun Hamengku Buwono I yang memilih lengser keprabon akibat perjuangannya melawan penjajah Belanda. Iman Soedjon ikut menyusulnya dan tinggal di padepokan tersebut.

 BACA JUGA:Horor! Kisah Misteri Pocong Culi yang Kengeriannya Pernah Hebohkan Warga Yogyakarta

Di akhir menjelang meninggalnya Eyang Jugo, meminta untuk dimakamkan ke Wonosari, Kabupaten Malang, tenpat pesarean saat ini. Tak lama setelah kematian Eyang Jugo, Iman Soedjono juga meninggal dan dimakamkan di komplek yang sama.

Makam atau dalam bahasa jawanya pesarean itu lantas menjadi jujukan ziarah dan dikenal dengan Pesarean Gunung Kawi karena berada di lereng Gunung Kawi.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Tempat Pesugihan

Terlepas dari suburnya gunung Kawi, tak sedikit orang yang datang melakukan ritual untuk mendapatkan kekayaan dalam waktu singkat. Beberapa orang yang meyakini hal ini dikarenakan benerapa tempat berikut dipercaya dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah secara mudah.

1. Pohon Dawandru, pohon yang tumbuh di area makam ini dipercaya ditanam oleh Eyang Jugo. Sebagian orang mempercayai apabila menyimpan dahan, buah, atau batangnya yang jatuh kekayaannya akan bertambah.

Ilustrasi

2. Petilasan Prabu Sri Kameswara, tak jauh dari makam eyang Jugo terdapat kraton yang pada zaman dulu dikabarkan setelah sang prabu bertapa di tempat tersebut ia mampu untuk menyelesaikan masalah politik yang tengah terjadi di kerajaannya.

3. Air bertuah, air ini disebut sebut sebagai tetesan air zam-zam. Di kawasan ini juga terdapat kendi berisi air bertuah yang dipercaya mampu untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Terlepas dari benar atau tidaknya hal ini, jauh lebih baik agar kita bekerja keras untuk mendapatkan suatu hal yang diinginkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini